Aplikasi Kompres Video

Aplikasi kompres video terbaik – Mengunggah aktivitas atau keseharian berupa video di media sosial adalah suatu hal yang sangat lumrah dan sudah sering dilakukan. Kebutuhan berbagi dan mempertontonkan suatu konten adalah salah satu jenis hiburan yang bisa kita nikmati di media sosial. Video yang kita buat, tak jarang memiliki resolusi dan kapasitas yang cukup besar yang akan menimbulkan borosnya kuota atau data apabila kita langsung membagikan video ke media sosial tanpa melakukan kompresi pada video tersebut.

Namun kamu tidak perlu khawatir, di era milenial yang serba canggih ini telah banyak aplikasi yang akan mempermudah untuk melakukan kompres atau perkecil kapasitas video yang ingin di upload. Berikut ini merupakan daftar berbagai aplikasi untuk kompres video terbaik pada PC dan android yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan:

10 Aplikasi Kompres Video PC

1. Format Factory

Aplikasi kompres video pc - Format Factory

Aplikasi yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi, terutama bagi kamu yang sering bergelut dengan pembuatan video. Salah satu fitur resize pada aplikasi format factory ini dapat digunakan untuk kompres video dengan kualitas yang cukup baik dan resolusi yang tajam. Kelebihan aplikasi ini adalah sifat software-nya yang non berbayar dan langsung dapat kamu unduh dengan mudah di internet. Bagi kamu yang sering mengunggah video atau konten kreatif ke Youtube, aplikasi ini sangat mendukung pengubahan video dengan format flv.

2. Windows Movie Maker

Aplikasi kompres video di laptop - Windows Movie Maker

Bagi kamu pengguna Windows, tentunya salah satu aplikasi bawaan dari Windows ini sangat berguna dan juga menguntungkan. Kamu bisa dengan mudah dan praktis menggunakan aplikasi kompres video di PC tanpa harus mengunduhnya dari internet. Selain aplikasinya yang memiliki kapasitas ringan, Windows Movie Maker juga terkenal dengan interface-nya yang sederhana sehingga tidak memerlukan banyak keahlian untuk mengoperasikannya.

3. HandBrake

HandBrake

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi untuk memperkecil size video yang berada satu tingkat diatas Format Factory atau Windows Movie Maker, HandBrake adalah pilihan yang tepat. Keunggulan lainnya dari Handbrake adalah dapat di instal juga pada sistem operasi IOS atau Macbook. Pada saat melakukan kompres video, HandBrake dilengkapi dengan encoder yang tak hanya bisa memperkecil ukuran namun bisa juga mengubah Frame Rate sesuai dengan keinginan.

4. Avidemux

Avidemux

Berikutnya adalah Avidemux yang sangat mudah digunakan untuk semua kalangan, mulai dari pemula hingga profesional. Kecanggihan dari aplikasi untuk kompres video ini dapat kita lihat dari beberapa fitur tambahan seperti setting bitrate, Frame Rate, encoder, dan pengaturan lainnya. Dengan tanpa mengurangi kualitas video, Avidemux sangat praktis dan memiliki tampilan yang mudah dipahami oleh penggunanya.

5. VideoPad (Video Editor)

VideoPad

VideoPad (Video Editor) juga merupakan layanan untuk meresize video yang sangat digemari selain Windows Movie Maker. Hanya dengan melakukan import Video kemudian encode kamu bisa mengompres ukuran video yang besar menjadi ukuran yang diinginkan. Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi ini adalah fitur crop (potong) video, rotate (putar), zoom hingga melakukan pengaturan jarak antar durasi video.

6. VideoSmaller

Agak sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi yang telah disebutkan, VideoSmaller merupakan aplikasi kompres video di laptop yang berbasis pada web, sehingga untuk memperkecil video yang ada, kamu harus online atau terhubung ke internet. Aplikasi ini sendiri bisa dengan mudah kamu akses di www.videosmaller.com. Cukup dengan mengunggah atau mengupload video yang diinginkan, kamu bisa secara otomatis meresize video yang akan disesuaikan langsung oleh aplikasinya.

7. Aconvert

Sama halnya seperti VideoSmaller, aplikasi untuk mengompres video berbasis web lainnya adalah Aconvert. Sebenarnya dengan menggunakan aplikasi dari web, kamu tidak perlu repot-repot memasang atau menginstal software pada PC-mu. Aconvert memiliki fitur yang lebih lengkap karena didukung oleh layanan bitrate, FPS, dan aspect ratio.

8. Advanced Video Compressor

Meskipun salah satu aplikasi ini terbilang yang paling jarang digunakan, namun nyatanya Advanced Video Compressor memiliki banyak kelebihan. Selain kemampuannya untuk memformat ulang ukuran video tanpa mengurangi kualitas, Advanced Video Compressor juga bisa memiliki fitur edit video dari kualitas gambar hingga audio.

9. Miro Video Converter

Bagi kamu yang terbiasa melakukan banyak editing video dalam satu waktu, Miro Video Converter adalah solusi yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa kompres video dalam satu waktu sekaligus. Sangat menghemat waktu bukan?

10. Wondershare Video Converter

Wondershare Video Converter

Hampir sama dengan jenis Converter sebelumnya, Wondershare Video Converter telah banyak digemari dan dikenal untuk kalangan Youtuber dan para pembuat konten kreatif. Dengan sekali penggunaan aplikasi, kamu bisa memperkecil video yang dibuat sekaligus mengubah (convert) video kedalam format yang diinginkan.

Baca juga: Cara menyembunyikan aplikasi di Android

10 Aplikasi Kompres Video di Android

Di zaman sekarang yang sudah serba instan, pasti kamu lebih senang melakukan edit video atau resize video langsung pada android atau ponsel cerdas. Jangan khawatir, berikut ini adalah 10 aplikasi untuk melakukan kompres video pada android-mu:

1. Video Compress

Berdasarkan hasil statistik di Play Store, Video Compress telah diunduh oleh sekitar 5 juta pengguna android dan termasuk dalam kategori aplikasi yang paling digemari dan diminati. Meskipun hanya bisa digunakan untuk memperkecil ukuran video dan tidak memiliki fitur edit lainnya, Video Compressor memiliki kelebihan dari segi pilihan kompresi yang diinginkan.

2. Panda Video Compressor

Aplikasi kompres video di Android - Panda Video Compressor

Berikutnya adalah aplikasi kompres video android yang dikenal dengan nama Panda Video Compressor. Banyak sekali pengguna yang telah memberikan ulasan atau testimoni positif bahwa video kompresi yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat memuaskan. Hampir segala jenis format video dapat diperkecil dengan menggunakan aplikasi ini dengan tetap mempertahankan mutu dari video aslinya. Keunggulan lainnya, yaitu kamu juga bisa dengan mudah membagikan hasil kompresi video ke media sosial seperti instagram, facebook, dll. Download Panda Video Compressor.

3. YouCut

YouCut

Meskipun pada awalnya aplikasi ini lebih dikenal dengan aplikasi untuk edit video, namun YouCut yang merupakan aplikasi buatan Inshot Inc telah membuktikan kualitasnya dalam hal kompres video. Dengan memiliki berbagai fitur tambahan untuk edit video, YouCut mampu melakukan kompres video hingga 90% namun dengan kualitas yang masih cukup baik pula. Download YouCut.

4. Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi berikutnya adalah Smart Video Compressor & Resizer. Meskipun penggunanya masih tidak terlalu banyak namun aplikasi ini memberikan layanan kompres video profesional dengan tampilannya yang sederhana. Kamu bisa menentukan sendiri kualitas bahkan dimensi video yang akan diperkecil.

5. VidCompact

Aplikasi kompres video android - VidCompact

Pada awalnya aplikasi VidCompact ini lebih dikenal dikalangan editor video sebagai aplikasi yang mengubah format video ke dalam bentuk mp3. Namun ternyata VidCompact mampu menyuguhkan fitur untuk meresize video juga. Diproduksi oleh Video Show, kini VidCompact sangat banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Download VidCompact.

6. Videos and Movies Compressor

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan SocioSoft. Memiliki keunggulan dari aplikasi sebelumnya, kamu bisa melakukan kompres video dengan aplikasi ini sekaligus membuka aplikasi lainnya dalam satu waktu pada androidmu.

7. Video Dieter 2

Aplikasi kompres video terbaik - Video Dieter 2

Jika kamu menginginkan aplikasi kompres video yang cepat dan efisien, kamu bisa dengan mudah menggunakan Video Dieter 2. Tidak memerlukan waktu lama dan cukup dalam hitungan menit, video sudah terkompresi dengan kualitas yang tidak diragukan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh perusahaan Outplay Lab. Download Video Dieter 2.

8. Video Transcoder

Memiliki keunggulan dari aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi untuk melakukan kompres video pada android ini merupakan aplikasi yang bebas iklan. Video Transcoder juga tergolong berkapasitas ringan dengan beberapa layanan unggulan seperti bitrate, codec, serta frame rate.

9. Video Compressor by Sunshine

Video Compressor by Sunshine

Selain penggunaannya yang sangat mudah, aplikasi ini juga hemat data sehingga kamu tidak perlu memiliki kapasitas ponsel yang cukup besar untuk mengunduh aplikasi ini. Dengan fitur unggulan the patty squeeze, kamu bisa dengan praktis melakukan kompres video dengan berbagai format pada android. Download Video Compressor by Sunshine.

10. Video Compressor (Android Pixels)

Terakhir adalah aplikasi yang dikembangkan secara langsung oleh Android Pixels. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana dan tidak begitu secanggih aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, namun aplikasi ini sangat modern dan bisa digunakan dengan praktis terutama untuk para pemula.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai 20 daftar aplikasi kompres video terbaik pada PC dan android yang bisa kamu dapatkan dan unduh dengan mudah sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar