Cara Aktivasi Windows 10

Bismillahirrahmanirrahim, Cara aktivasi Windows 10 – Windows 10 adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan saat ini di dunia. Sistem operasi buatan Microsoft ini merupakan sistem operasi premium. Di mana kamu harus mengaktifkannya setelah menginstall Windows 10.

Jika kamu tidak melakukan aktivasi, maka sejumlah fitur seperti mengganti wallpaper desktop tidak akan digunaka. Dan akan muncul watermark dengan tulisan “Activate Windows” di layar.

Jadi bisa dibilang melakukan aktivasi merupakan cara untuk mengaktifkan semua fitur Windows 10 dan menghilangkan tulisan Activate Windows. Hal ini berlaku bagi semua versi Windows baik itu Pro, Enterprise, Home maupun Education.

Lalu bagaimana cara aktivasi Windows 10? Setidaknya ada 2 cara melakukan aktivasi Windows 10. Yang pertama adalah dengan menggunakan product key dan yang kedua tanpa product key. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Cara Melakukan Aktivasi Windows 10 dengan Product Key

Product key merupakan lisensi Windows yang berguna untuk mengaktivasinya. Untuk mendapatkannya kamu bisa membelinya. Sayangnya, harga lisensi Windows ini cukup mahal, kira-kira di atas $100. Kalau kamu membeli Windows original aslinya, maka seharusnya kamu tidak usah pusing-pusing lagi karena itu sudah termasuk lisensi atau product keynya.

Selain dengan membelinya secara langsung di situs Microsoft, kamu juga bisa membeli lisensi Windows 10 retail yang lebih murah. Harganya kira-kira 50 ribu hingga 200 ribu. Lisensi Windows 10 retail ini bisa beli secara online di situs-situs jual-beli online.

Namun, dalam membeli lisensi retail ada hal yang perlu diperhatikan agar lisensi yang kamu beli benar-benar legal supaya Windows 10 kamu bisa aktif permanen. Berikut hal yang harus kamu dapatkan ketika membeli lisensi retail legal.

  • License key/product key
  • DVD installer
  • Logo Windows 10
  • COA Windows 10

Jadi, jangan beli ke penjual yang cuma memberi lisensi saja, pastikan semua hal diatas tadi kamu terima dalam bentuk fisik agar menghindari lisensi ilegal.

Dan untuk mendapatkan lisensi retail Windows asli, kamu bisa mencarinya di situs-situs toko online Indonesia yang sudah terkenal.

Jika sudah berhasil mendapatkan lisensi atau product key, maka sekarang kamu siap mengaktivasi Windows 10 tanpa software.

Ada 2 cara mengaktivasi Windows 10 dengan lisensi. Cara yang pertama adalah pada saat perama kali kamu install Windows 10. Biasanya ketika proses instalasi kamu akan diminta memasukkan product key. Masukkan saja di kolom yang disediakan disana.

Baca juga: Cara install Windows 10

Dan cara yang kedua adalah setelah selesai instalasi. Berikut caranya.

1. Masuk ke Setting

2. Kemudian pilih menu Update & Security

Masuk ke menu setting

3. Pada menu sebelah kiri, pilih Activation

4. Selanjutnya tekan tombol Change Product Key

Cara aktivasi Windows 10 dengan product key

5. Dan masukkan product key Windows 10 yang sudah kamu beli pada kolom di jendela baru yang muncul.

Masukkan product key

6. Klik tombol Next dan tunggu beberapa saat sampai lisensi selesai diverifikasi.

7. Selesai

Begitulah cara aktivasi Windows 10 tanpa software, tanpa harus dengan CMD dan lain-lain, hanya menggunakan product key.

Sekarang Windows 10 kamu sudah aktif secara permanen. Semua fiturnya akan terbuka dan tulisan Activate Windows akan hilang secara otomatis.

Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Product Key

Cara yang kedua ini bisa kamu lakukan jika kamu tidak punya uang untuk membeli lisensi. Cara ini memanfaatkan software pihak ketiga, seperti KMS Lite atau KMS Pico.

Cara ini juga bisa kamu praktikkan secara offline tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Namun, sebelum bisa melakukan cara yang kedua ini, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan.

1. Mematikan Windows Defender atau Antivirus

Yang pertama kamu harus menonaktfikan antivirus atau Windows Defender yang sedang aktif. Hal ini dikarenakan tools aktivator pihak ketiga tadi akan terdeteksi sebagai virus oleh Windows Defender.

Akibatnya software tidak akan bisa dijalankan dan muncul pesan error. Contoh pesan errornya seperti di bawah ini.

error CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software)

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mematikan Windows Defender atau antivirus lain yang sedang kamu gunakan. Biasanya untuk mematikan antivirus kamu harus masuk ke menu pengaturan atau bagian Settings.

Mematikan Windows Defender

2. Mengizinkan Windows Script Host

Persiapan aktivasi Windows 10 yang kedua adalah memberikan izin kepada eksekusi Windows Script Host. Namun hal ini hanya perlu dilakukan jika kamu menggunakan antivirus Smadav.

Ketika Smadav aktif, status Windows Script Host akan berubah menjadi disable sementara. Sedangkan program aktivator Windows 10 seperti KMS Pico atau KMS Auto Lite membutuhkan izin untuk menggunakan Windows Script Host ini.

Maka dari itu kamu perlu mengizinkan fitur tersebut di Smadav. Berikut caranya.

Di taskbar icon yang ada di bagian kanan bawah layar, klik kanan ikon Smadav. Kemudian akan muncul beberapa menu. Klik pada menu Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) atau bisa juga klik pada Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart).

Jika kamu memilih opsi permanent, maka fitur Windows Script Host akan aktif (enable) selamanya. Sementara jika memilih menu Until Restart, fitur tersebut hanya aktif sampai komputer menjalankan restart selanjutnya atau dimatikan.

Apabila kamu sudah selesai melakukan semua persiapan di atas, maka sekarang saatnya mengaktivasi Windows 10 kamu menggunakan tools KMS Auto Lite. Berikut cara aktivasi windows 10 pro, home, enterprise dan education offline tanpa product key.

Baca juga: Cara mematikan update Windows 10

1. Download software KMS Auto Lite terlebih dahulu.

2. Ekstrak filenya.

3. Di sini kamu akan menemukan 2 file, yaitu KMS Auto X64 dan KMS Auto. Kalau kamu menggunakan Windows 32 bit maka pakai KMS Auto, kalau Windows nya 64 bit maka pakai KMS Auto X64.

4. Klik kanan aplikasi KMS Auto Lite sesuai bit Windows kamu, terus pilih Run as administrator.

Membuka software untuk mengaktivasi Windows 10

5. Jendela aplikasi KMS Auto Lite akan terbuka. Kamu akan melihat 3 opsi, yaitu Activation, Install GVLK dan Scheduler. Pilih pada opsi Install GVLK.

6. Lalu centang opsi Forcibly.

7. Dan sekarang tekan tombol Windows Key untuk mulai memasang product key offline pada Windows 10.

Memasang product key dari KMS Auto Lite

8. Setelah proses selesai, akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL yang artinya instalasi product key untuk mengaktifkan Windows 10 telah berhasil dilakukan.

9. Sekarang tekan tombol Activate Windows untuk mulai melakukan aktivasi Windows 10.

Aktivasi Windows 10 tanpa product key

10. Tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya. Setelah proses selesai seharusnya muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL yang artinya kamu sudah berhasil melakukan aktivasi Windows 10 permanen menggunakan KMS Auto Lite.

Baca juga: Cara aktivasi Windows 7

Sampai sini cara mengaktivasi windows 10 pro, home, enterprise dan education permanen sudah selesai. Semua fitur-fitur seperti mengganti Wallpaper desktop akan terbuka dan watermark Activate Windows pada layar hilang. Jika kurang jelas, Anda dapat mengikuti tutorial aktivasi Windows 10 pada video berikut.

Kamu juga bisa mengecek status aktivasi Windows 10 di Settings untuk memastikan bahwa Windows 10 kamu benar-benar teraktivasi.

Demikian selesai sudah 2 cara aktivasi Windows 10 dengan product key dan tanpa product key secara permanen. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih telah membaca artikel Sudut PC.