Cara Cek Windows 10 Asli

Bismillahirrahmanirrahim, Cara cek Windows 10 asli atau bajakan – Apakah Anda menggunakan Windows 10? Jika ya, Anda wajib mengetahui apakah windows yang Anda gunakan asli atau tidak. Ini sangat penting karena berhubungan dengan fitur atau layanan yang bisa anda nikmati di kemudian hari saat menggunakan Windows yang asli.

Selain itu, jika Anda menggunakan Windows 10 yang asli, Anda akan mendapatkan update rutin untuk meningkatkan pelayanan Windows yang Anda gunakan.

Saat ini sangat sulit sekali membedakan antara Windows asli dengan Windows bajakan. Pasalnya, keduanya hampir tidak ada perbedaan. Pada Windows bajakan pun, Anda dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan di Windows yang asli, kecuali update Windows rutin. Lalu jika sudah begini, bagaimana cara cek windows 10 yang asli?

Baca juga: Perbedaan Windows 10 home dan pro

Cara Cek Windows 10 Asli Atau Tidak

Cara cek windows 10 asli atau tidak sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda mengetahuinya. Ada celah yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian Windows yang Anda gunakan.

Cara pertama, yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD). CMD seringkali digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada laptop Anda, salah satunya dapat difungsikan untuk mengecek keaslian Windows. Caranya, silakan cari program CMD pada menu start. Saat program dijalankan, ketik slmg/xpr kemudian enter.

Cek Windows 10 asli

Jika ada pesan yang bertuliskan “mesin diaktifkan secara permanen” artinya Windows yang Anda gunakan adalah versi yang asli. Otomatis, Anda akan mendapatkan pembaruan seumur hidup oleh Microsoft.

Cara kedua, adalah dengan memanfaatkan pengaturan sistem. Cara sederhana lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuka pengaturan sistem.

Silakan Anda cari aktivasi pada menu mulai kemudian jalankan programnya. Di sana, Anda dapat melihat beberapa informasi penting terkait aktivasi Windows yang Anda gunakan. Jika Anda menemukan pesan yang bertuliskan “Windows tidak diaktifkan”, artinya tidak ada lisensi yang valid untuk mengaktivasi Windows yang kamu gunakan.

Membedakan Windows 10 asli atau bajakan

Cara ketiga, melalui menu properties. Buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada PC dan pilih Properties. Di sana Anda dapat melihat kode dan status aktivasi Windows.

Cara membedakan Windows 10 asli atau palsu

Nah, itu dia 3 cara cek windows 10 asli atau palsu. Sebaiknya, Anda mulai mengecek keaslian Windows yang Anda gunakan demi keamanan dan kenyamanan Anda. Jika Anda menggunakan Windows bajakan, sebaiknya Anda membeli lisensi yang asli karena ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Ketiga cara di atas adalah cara yang paling mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Tentu saja, Anda dapat memilih salah satu diantaranya. Tidak perlu semua cara Anda coba karena hasilnya akan sama saja. Cukup gunakan salah satu cara di atas saja. Semoga berhasil dan artikel ini membantu!

Tinggalkan komentar