Cara Flash Samsung J1

Bismillahirrahmanirrahim, Flashing adalah proses mengembalikan kondisi HP ke kondisi pabrik atau secara sederhananya, mengembalikan HP menjadi seperti HP baru lagi. Metode flashing ini sangat ampuh untuk menyelesaikan berbagai macam masalah HP, termasuk HP Samsung J1. Cara flash Samsung J1 juga relatif mudah dan tidak begitu sulit.

Saat ini, baik Samsung J1 maupun Samsung J1 Ace masih cukup digandrungi orang. Karena selain desainnya yang masih cukup modern, harganya juga sangat bersahabat. Tidak heran jika banyak sekali orang yang senang ketika bisa mendapatkan HP keluaran Samsung ini dengan harga yang lumayan murah.

Namun, bukan berarti HP keluaran Samsung benar-benar bisa bebas dari masalah. Terlebih lagi Samsung J1 SM-J100H dan J1 Ace yang terbilang keluaran lama. Jadi, seiring dengan waktu penggunaan bukan tidak mungkin ponsel Samsung J1 kamu akan mengalami penurunan performa sehingga menimbulkan banyak masalah.

Apabila Samsung J1 SM-J100H atau Samsung J1 Ace kamu memiliki masalah seperti:

  • Sering hang, ngeblank, atau crash
  • Terkena malware atau virus
  • Lupa pola, lupa kata sandi, lupa pin
  • Bootloop atau bahkan mati total
  • Sering muncul notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”
  • Dan lain sebagainya

Maka solusinya adalah dengan melakukan flashing. Salah satu masalah yang paling sering dialami pengguna biasanya bootloop. Bootloop ini merupakan kondisi di mana HP tidak bisa masuk ke menu dan berputar-putar di logo saja. Penyebab Samsung J1 bootloop sendiri juga ada banyak, bisa saat mengoprek HP, gagal melakukan root, error system, atau memang sudah keberatan aplikasi dan waktunya untuk diflashing.

Flashing bisa juga disebut sebagai install ulang ROM/firmware HP. Ini merupakan cara yang paling tepat untuk melakukan perbaikan sistem operasi Android dan kembali menstabilkan sistem smartphone Samsung kamu.

Apakah melakukan flashing itu susah dan ribet? Kamu tidak perlu khawatir, karena cara flash Samsung J1 atau Samsung J1 Ace ini relatif mudah dan bisa dilakukan dengan cepat meskipun masih jarang sekali ada orang biasa yang melakukannya.

Sebelum melakukan flashing, alangkah baiknya kamu melakukan back up data terlebih dahulu. Karena semua data yang ada di HP akan hilang dan terhapus.

Cara Flash Samsung J1 Via Odin

Sebelum memasuki langkah-langkahnya, pastikan kamu sudah mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan berikut.

Alat dan Bahan:

  • PC, komputer, atau laptop Windows
  • Baterai HP terisi minimal 70% untuk menghindari kegagalan flashing akibat kurang daya baterai.
  • Kabel USB original, asli, atau bawaan Samsung
  • Firmware Samsung Galaxy J1 SM-J100H
  • Software Odin v3.09
  • Samsung USB Driver

Langkah-Langkah:

Apabila semua bahan di atas sudah ada, kamu bisa langsung melakukan flashing Samsung J1 via Odin dengan langkah-langkah berikut.

  1. Ekstrak Samsung USB Driver dan install di PC.
  2. Ekstrak juga software Odin dan install di PC.
  3. Ekstrak juga file firmware Samsung Galaxy J1 SM-J100H.
  4. Selanjutnya matikan Samsung J1, bisa dengan menekan tombol power atau langsung mencabut lalu memasangkan kembali baterainya.
  5. Masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol Power + Volume Down + Home secara bersamaan selama beberapa detik sampai keluar tulisan
  6. Kalau sudah seperti itu, tekan tombol Volume Up maka logo robot Android dengan tulisan Downloading…
  7. Sekarang sambungkan Samsung J1 dengan PC menggunakan kabel USB.
  8. Berikutnya buka software Odin.
  9. Lalu centang opsi Auto Reboot, F. Reset Time, dan Nand Erase All. Pastikan HP sudah terdeteksi di Odin dengan ditandai munculnya tulisan ID:COM warna hijau. Kalau tidak muncul, periksa kembali driver USB dan kabel USB yang digunakan.
  10. Kalau sudah berhasil terdeteksi, klik tombol AP dan cari file firmware Samsung Galaxy J1 SM-J100H tadi. Double klik firmware tersebut sehingga secara otomatis filenya akan dimuat di Odin.
    Cara Flash Samsung J1 Via Odin
  11. Sekarang mulai proses flashing dengan menekan tombol Start.
  12. Tunggu sampai proses flashing selesai. Proses ini biasanya memakan waktu kurang lebih hingga 15 menit. Jika sudah selesai maka akan muncul tulisan PASS! Dengan background warna hijau seperti pada gambar berikut.
    Flash Samsung J1 Selesai
  13. Selesai

Cara Flash Samsung J1 Tanpa PC

Kalau ternyata Samsung J1 kamu hanya mengalami masalah yang ringan-ringan saja dan tidak terlalu parah seperti hanya mulai ngelag, berat menjalankan aplikasi, atau lupa pola maka kamu bisa menggunakan cara reset yang satu ini.

Melakukan Wipe All User Data atau menghapus semua data pengguna merupakan salah satu metode flashing yang lebih ringan dan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya tanpa PC dan bisa dilakukan dengan cepat.

Cara ini juga dikenal dengan sebutan hard reset Samsung J1. Berikut cara flash hp Samsung J1 tanpa PC dan tanpa kuota.

  1. Pastikan sudah melakukan pencadangan data terlebih dahulu di penyimpanan eksternal.
  2. Cabut kartu SIM dan kartu memori jika ada.
  3. Matikan Samsung J1.
  4. Tekan tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan sampai masuk ke Recovery Mode seperti ini.
  5. Arahkan pilihan ke menu wipe data/factory reset dengan cara menekan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menaik turunkan pilihan.
    Klik Wipe Data Factory Reset
  6. Jika sudah ada di pilihan wipe data/factory reset, pilih dengan cara menekan tombol
  7. Selanjutnya gunakan cara yang sama untuk memilih Yes – delete all user data.
    Cara Flash Samsung J1 Tanpa PC
  8. Tunggu sampai proses flashing selesai. Pada tahap ini, jangan lepaskan baterai atau mematikan paksa karena bisa menggagalkan proses flashing dan akan berakibat fatal.
  9. Jika sudah selesai, Samsung J1 akan reboot otomatis.
  10. Selesai.

Baca juga: Cara Flash HP Samsung Grand Prime

Cara Flash HP Samsung J1 Ace

Alat dan bahan yang diperlukan untuk flash Samsung J1 Ace tidak jauh berbeda dengan Samsung J1, yang berbeda hanya file firmwarenya saja. Berikut alat dan bahan untuk flash Samsung J1 Ace.

  • Odin v3.7
  • Samsung USB Driver
  • Firmware Samsung J1 Ace SM-J110G

Caranya juga mirip-mirip dan sama-sama menggunakan flashtool Odin. Langsung saja berikut cara flash hp Samsung J1 Ace.

  1. Install Samsung USB Driver.
  2. Ekstrak file firmware Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G yang sudah kamu download.
  3. Matikan Samsung J1 Ace dan masuk ke download mode dengan cara menekan tombol Power + Volume Down + Home secara bersamaan.
  4. Setelah muncul tulisan Warning! Tekan tombol Volume Up dan secara otomatis HP akan masuk ke download mode yang ditandai dengan munculnya tulisan Downloading…
    Cara Flash Samsung J1 Ace
  5. Esktrak Odin dan install di PC.
  6. Masukkan firmware Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G yang sudah diekstrak tadi pada kolom AP.
  7. Sambungkan HP dengan PC menggunakan kabel data, usahakan kabel data original bawaan HP. Jika sudah terdeteksi oleh Odin, maka tulisan ID:COM akan berubah warna menjadi biru.
  8. Sekarang kamu bisa langsung mulai melakukan flashing dengan menekan tombol Start.
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses flashing selesai yang ditandai dengan tulisan PASS! berwarna hijau.
  10. Selesai.

Setelah berhasil melakukan flashing, maka HP Samsung kamu akan melakukan restart secara otomatis. Kamu hanya perlu menunggu sampai proses restart tersebut selesai, biasanya memakan waktu yang lebih lama daripada restart biasa.

Demikian cara flash Samsung J1 dan J1 Ace dengan cepat dan mudah. Sekarang kamu bisa melakukan flashing sendiri jika HP kamu tertimpa masalah.

Tinggalkan komentar