Cara Flash Samsung J2 Prime

Cara Flash Samsung J2 Prime

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, Samsung J2 Prime merupakan salah satu HP jadul yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Karena walaupun umurnya sudah cukup tua, terbukti performanya masih bisa menyesuaikan zaman. Bagi kamu yang memiliki HP Samsung J2 Prime dan sering mendapatkan masalah atau kerusakan, maka wajib tahu cara flash Samsung J2 Prime supaya HP kamu bisa sembuh seperti sedia kala.

Flashing tidak hanya menjadi solusi ketika ingin upgrade atau downgrade versi sistem operasi HP. Melainkan bisa juga untuk menyembuhkan HP dengan berbagai macam kerusakan, seperti bootloop, error, softbrick dan lain sebagainya.

Kerusakan Yang Bisa Diperbaiki Dengan Flash Samsung J2 Prime

Metode flashing memang terbukti ampuh untuk menyembuhkan hampir segala masalah atau kerusakan yang menimpa HP Samsung J2 Prime kamu. Lalu, apa saja contoh kerusakan yang bisa disembuhkan dengan flash:

  • Bootloop
  • Ruang penyimpanan penuh
  • Mati total
  • Lupa pola
  • Lupa kata sandi
  • Aplikasi lambat
  • Sayangnya aplikasi telah berhenti
  • Error
  • Hang
  • Dll

Khusus bagi kamu yang belum tahu tentang apa itu bootloop, bootloop adalah kondisi di mana HP tidak bisa reboot ke sistem atau masuk ke menu dan hanya stuck di logo saja. Mau ditunggu sampai berapa jam pun, HP tidak akan mampu masuk ke sistem dan hanya menampilkan logonya saja, merestart atau cabut dan pasang baterai tidak akan bisa menyelesaikan masalah ini. Satu-satunya solusi yaitu dengan melakukan flash.

Masalah bootloop ini menjadi yang paling umum dan sering ditemui pada HP Samsung J2 Prime. Selain bootloop, cara flash HP Samsung J2 Prime yang akan dijelaskan sekarang juga bekerja untuk HP Samsung J2 Prime yang mati total akibat kesalahan software atau sistem.

Melakukan flashing berarti menginstall kembali sistem operasi ke dalam penyimpanan HP. Cara ini tentu ampuh untuk mengatasi segala masalah yang berkaitan dengan penyimpanan, software, dan sistem HP. Akan tetapi, memang caranya cukup kompleks, memerlukan banyak alat atau bahan, dan sangat beresiko.

Cara flash Samsung J2 Prime ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke service center, bahkan untuk pemula sekalipun. Tentunya jauh lebih menghemat biaya dan waktu. Akan tetapi, melakukan flashing sendiri tentu ada juga resiko tersendirinya. Resiko gagal flashing ini memang cukup parah, yaitu HP malah bisa menjadi bootloop atau mati total.

Selain itu, resiko kehilangan data, file, dan aplikasi yang ada di dalam HP sudah pasti akan kamu terima. Karena kalau ingin melakukan flash dan data-data di dalam HP belum dicadangkan, bisa dipastikan semuanya akan hilang dan terhapus. Semua resiko flash ini ditanggung oleh pribadi masing-masing.

Kamu mungkin jadi takut dan khawatir ketika ingin melakukan flashing Samsung J2 Prime. Tapi jangan khawatir karena apabila kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan teliti, semuanya akan baik-baik saja dan J2 Prime kamu sembuh dan bisa digunakan kembali.

Sementara itu jika kamu tetap tidak ingin mengambil resiko, maka disarankan untuk langsung membawa perangkatnya saja ke service center atau tukang servis. Bagi kamu yang ingin melakukan flashing sendiri, berikut selengkapnya.

Cara Flash Samsung J2 Prime Tanpa PC

Cara yang pertama ini diperkhususkan untuk HP Samsung J2 Prime dengan kerusakan ringan, misalnya hanya seperti lupa pola, lupa kata sandi, error ringan, ruang penyimpanan penuh, dan semacamnya. Cara ini juga tidak memerlukan PC atau komputer sama sekali, cocok bagi kamu yang tidak punya PC.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Flash Samsung J2 Prime tanpa PC biasa juga disebut dengan istilah hard reset. Ini akan mereset HP J2 Prime kamu seperti baru lagi dengan versi sistem operasi yang sama. Artinya kamu tidak perlu mengganti OS tetapi hanya mereset dan mengembalikannya ke awal saja.

Selain tidak membutuhkan PC, cara flash HP Samsung J2 Prime ini juga tidak memerlukan alat dan bahan lain. Pastikan saja baterai Samsung J2 Prime kamu terisi minimal 70% agar tidak kehabisan daya saat proses resetnya. Ikuti langkah-langkah cara flash Samsung J2 Prime tanpa PC berikut ini.

  1. Matikan ponsel Samsung J2 Prime dan masuk ke mode recovery dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Home + Volume Atas.
  2. Tahan ketiga tombol tersebut selama beberapa detik sampai keluar gambar robot Android warna hijau dan muncul beberapa pilihan.
  3. Gunakan tombol volume untuk berpindah dari satu opsi ke opsi lainnya, dan gunakan tombol power untuk memilih opsi. Sekarang pilih opsi Wipe Data Factory Reset.Cara Flash Samsung J2 Prime Tanpa PC
  4. Kemudian lanjut pilih opsi Delete All User Data.
  5. Tunggu sampai proses hard reset selesai.
  6. Jika sudah selesai, pilih opsi Reboot System Now.
  7. Tinggal tunggu proses booting. Proses booting setelah reset ini bisa memakan waktu yang lebih lama, sekitar 5 sampai 10 menit.

Cara Flash Samsung J2 Prime Via Odin

Untuk kasus kerusakan Samsung J2 Prime yang cukup parah, maka harus flash via Odin atau dengan PC. Odin ini adalah nama untuk flashing tools HP Samsung. Odin hanya bisa digunakan untuk PC dengan sistem operasi Windows. Jadi pastikan kamu menggunakan komputer Windows ya.

Selain itu, versi Odin juga bisa berbeda-beda untuk tiap tipe HP Samsung. Artinya satu versi Odin kurang cocok digunakan untuk semua HP Samsung. Untuk mengetahui mana Odin yang cocok untuk HP J2 Prime kamu maka lihatlah versi Androidnya.

Odin versi V.3.11 atau terbaru hanya mendukung HP dengan versi Android Marshmallow, Nougat, Oreo, dan seterusnya. Sementara untuk Android versi Jelly Bean ke bawah, gunakanlah Odin versi 2.3.0 ke bawah juga.

Jadi, sesuaikan dengan versi Android Samsung J2 Prime kamu. Kebanyakan HP Samsung J2 Prime menggunakan Android versi Marshmallow, jadi kalau kamu tidak tahu apa versi Android Samsung J2 Prime milik kamu, gunakan saja Odin versi terbaru.

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkah flashnya, silahkan persiapkan alat dan bahan-bahan di bawah ini dulu.

  • PC, komputer, atau laptop dengan sistem operasi Windows
  • Firmware Samsung J2 Prime sesuai nomor versi yang digunakan
  • Software Odin
  • Driver USB Samsung
  • Kabel data USB original atau jika memungkinkan bawaan Samsung J2 Prime
  • Baterai ponsel minimal 70%

Kalau sudah, silahkan ikuti cara flash Samsung J2 Prime via Odin di bawah ini.

  1. Pertama-tama ekstrak semua file yang sudah kamu download dari mulai Odin, file firmware sampai driver USB Samsung.
  2. Kemudian install driver USB Samsung di PC kamu.
  3. Selanjutnya buka software Odin dengan klik kanan dan pilih Run as administrator.
  4. Sekarang matikan HP Samsung J2 Prime dan masuklah ke mode Download. Caranya tekan kombinasi tombol Power + Home Volume Down.
  5. Tunggu beberapa saat sampai muncul peringatan Warning warna kuning, kalau sudah begitu tekan tombol Volume Up sekali untuk lanjut ke mode Download.Cara Flash HP Samsung J2 Prime
  6. Sekarang hubungkan HP ke PC menggunakan kabel data.
  7. Lihat di Odin, kalau HP sukses terdeteksi maka di tab Log akan ada tulisan Added!! Dan kotak ID:COM akan berubah warna menjadi biru muda dengan disertai tulisan 0:[COM..].
  8. Sekarang masukkan file firmware ke Odin dengan mencocokkan nama firmwarenya dengan masing-masing tombol yang ada di Odin.
  9. Misalnya untuk tombol BL masukkan file firmware dengan nama awalannya BL juga, teruskan sampai ke CSC.
  10. Apabila kamu mendapatkan 2 file CSC, pilih file CSC_OLE jika ingin menghapus semua data, dan pilih file HOME_CSC_OLE jika tidak ingin menghapus data.Flash Samsung J2 Prime Via Odin
  11. Sekarang klik tab Options dan pastikan bahwa opsi Re-partition tidak tercentang.
  12. Kalau sudah sekarang klik tombol Start untuk memulai proses.
  13. Tunggu sampai proses flashing selesai yang ditandai munculnya pesan PASS warna hijau di Odin.

Baca juga:

Kalau sudah selesai silahkan cabut kabel data dan nyalakan HP Samsung J2 Prime. Proses booting setelah flashing bisa memakan waktu 5 hingga 10 menit. Tunggu saja sampai selesai. Setelah nyala, lakukan set up pada HP Samsung J2 Prime seperti baru lagi.

Nah itulah cara-cara flash Samsung J2 Prime. Setelah mengetahuinya, kamu bisa melakukan flashing dengan mudah di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *