Cara flash hp Samsung J7 Prime

Cara Flash Samsung J7 Prime

Diposting pada

BismillahirrahmanirrahimSamsung J7 Prime yang dirilis sejak tahun 2016 merupakan salah satu tipe HP Samsung dengan banyak peminat. Namun, sama seperti hp-hp lainnya, Samsung J7 Prime juga bisa tertimpa masalah seperti bootloop, softbrick, dan lain-lain yang solusinya adalah flash. Beruntungnya, cara flash Samsung J7 Prime ini juga relatif mudah seperti cara flash untuk HP Samsung tipe lainnya.

4 tahun yang lalu, Samsung J7 Prime mulai dijual di Indonesia bersama dengan seri J lainnya, yaitu Samsung Galaxy J2 Prime dan J5 Prime. Di antara ketiganya, J7 Prime merupakan versi yang paling tinggi. Ketiganya pun memiliki desain bodi yang kurang lebih sama. Ketika melihatnya pertama kali, kamu mungkin sulit membedakannya dengan desain-desain HP Samsung yang lain.

Yang membedakan Samsung Galaxy J7 Prime dengan dua saudaranya adalah tipe ini mengusung desain unibodi yang berarti casing bagian belakangnya tidak bisa dibuka. Di bagian kirinya, selain terdapat tombol volume atas dan bawah, ada juga dua buah slot kartu sim. Slot yang pertama hanya bisa menampung kartu sim saja, sementara slot yang kedua bisa juga diisi oleh kartu memori atau Micro SD.

Kemudian sesuai dengan ciri khas HP Samsung, di bagian depan terdapat tombol navigasi dan tombol home fisik.

Sementara untuk layarnya, Samsung J7 Prime menggunakan layar dengan resolusi Full HD (1080 p) dengan ukuran 5,5 inci. Tapi sayang sekali layarnya ini berteknologi sebatas TFT, tidak menggunakan super AMOLED yang bisa menampilkan kualitas gambar dan warna lebih baik.

Fakta unik lainnya dari HP ini adalah walaupun mengusung nama Prime, tapi prosesornya masih sama seperti seri saudanya J7 biasa, yaitu Exynos 7870 octa-core yang kecepatannya mencapai 1.6 GHz. Dan untuk mendukungnya, disematkan pula GPU Mali-T830MP2.

Dari segi dapur pacunya, Samsung Galaxy J7 Prime dibekali dengan RAM berkapasitas 3GB dan memori internal 32GB. Sebuah ukuran yang menjadi standar minimal bagi HP sekelas J7 Prime ini.

Dari segi sensor, sayang sekali HP keluaran Samsung ini terbilang minim. Selain sidik jari, hanya sensor proximity dan accelerometer yang disematkan di dalamnya.

Sementara itu untuk urusan kamera, Samsung menanamkan kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan lensa sebesar f/1.9 juga LED flash pada J7 Prime ini. Sedangkan sensor 8 MP berada di kamera depannya disertai bukaan lensa yang sama.

Daya baterai dari HP keluaran tahun 2016 ini adalah 3300 mAh. Cukup kuat untuk penggunaan standar dalam waktu 24 jam.

Cara flash ulang Samsung J7 Prime bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah-masalah seperti sebagai berikut.

  • Lupa kata sandi
  • Restart sendiri
  • Hang
  • Bootloop
  • Error
  • Dll

Untuk masalah mati total atau hardbrick sebenarnya bisa juga diperbaiki dengan cara flash Samsung J7 Prime nougat/oreo hanya saja kadang berhasil kadang tidak.

Berbagai macam masalah seperti yang sudah disebutkan di atas bisa terjadi karena kesalahan sistem atau memang karena kesalahan kamu sendiri sebagai pengguna. Dan solusi paling ampuhnya adalah dengan flashing.

Selain bisa digunakan untuk memperbaiki masalah-masalah seperti di atas pada HP Samsung J7 Prime, flashing juga bisa digunakan untuk keperluan lain.

Misalnya untuk update sistem operasi atau ROM ke versi yang baru atau ke yang lama, bisa juga untuk mencoba custom ROM atau firmware buatan tidak resmi.

Namun, sebelum memulai proses flashing kamu harus paham dengan resikonya. Karena meskipun cara flash hp Samsung J7 Prime oreo/nougat terbilang mudah, tetapi harus dilakukan dengan sangat teliti dan hati-hari. Selain resiko kehilangan data, kesalahan dalam proses flash juga bisa menyebabkan resiko HP bootloot atau bahkan matot alias mati total.

Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu sudah mencadangkan data sebelum memulai proses flash dan ikuti langkah-langkahnya dengan seksama.

Persiapan Flash Samsung J7 Prime

Pertama yang harus disiapkan adalah flashing tools atau alat/software untuk melakukan flash pada HP. Biasanya setiap HP menggunakan flashing tools yang berbe Flashing tools untuk HP Samsung bernama Odin. Odin ini ada banyak versinya dan tiap-tiap tipe HP Samsung tidak bisa menggunakan versi Odin yang sembarangan. Untuk HP Samsung Galaxy J7 Prime sendiri versi Odin yang cocok adalah Odin V3.12.5

Kemudian selain membutuhkan flashing tools, tentunya kamu juga butuh file firmware atau file sistem operasi Samsung J7 Primenya. Silahkan cari dan download firmware Samsung Galaxy J7 Prime Nougat atau Oreo di internet.

Biasanya nama file firmware ini sesuai dengan nomor versi masing-masing HP. Untuk melihatnya kamu bisa mencari di internet atau melihatnya di bagian belakang HP.

Sementara sisa alat yang dibutuhkan antara lain PC/komputer, driver USB untuk HP Samsung agar PC dan Odin bisa mendeteksi HP, dan kabel data.

Untuk selengkapnya, berikut semua alat dan bahan flash HP Samsung J7 Prime.

  • PC/komputer/laptop dengan sistem operasi Windows
  • Odin V3.12.5
  • Samsung USB Driver
  • Firmware Samsung Galaxy J7 Prime Nougat/Oreo
  • Kabel data USB berkualitas atau bila memungkinkan bawaan HPnya

Silahkan siapkan semua alat dan bahan di atas, kalau sudah barulah masuk ke tahap
cara flash Samsung J7 Prime.

Baca juga artikel lainnya seputar flash hp Samsung:

Cara Flash HP Samsung J7 Prime Untuk Pemula

Silahkan ikuti langkah-langkah cara flash Samsung J7 Prime berikut ini.

  1. Matikan ponsel dan masuklah ke mode download. Caranya setelah ponsel dimatikan, tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan sampai muncul simbol tanda panah ke bawah dengan tulisan Downloading… seperti gambar di bawah ini.Cara Flash Samsung J7 Prime Oreo
  2. Lalu lanjutkan untuk masuk ke mode donwload dengan cara menekan tombol Volume Atas.
  3. Sekarang mari beralih ke PC. Ekstrak semua file yang sudah kamu download. Install Samsung USB Driver terlebih dahulu.
    Apabila driver Samsung sudah terinstall, sekarang buka Odin V3.12.5 dengan cara klik kanan dan pilih opsi Run as administrator.
  4. Setelah jendela Odin terbuka, sekarang hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel data USB yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Cek di Odin, jika di tab Log muncul tulisan Added dan kolom ID:COM berubah warna menjadi biru muda disertai dengan teks 0:[COM…] maka HP Samsung J7 Prime kamu sudah terbaca di PC dengan benar. Jika tidak terdeteksi, bisa jadi driver USB Samsung tidak terinstall dengan benar atau kabel data USB yang digunakan kurang bagus.Flash Samsung J7 Prime Nougat
  6. Sekarang masukkan masing-masing file firmware yang sudah kamu ekstrak ke dalam Odin dengan mencocokkan nama file dengan tombolnya. Misalnya tombol BL untuk awalan nama file BL, tombol AP untuk awalan nama file AP, dan seterusnya sampai tombol CSC.
  7. Kemudian pastikan agar opsi re-partition tidak dicentang.
  8. Bila semuanya sudah siap, klik tombol Start untuk memulai proses flashing Samsung J7 Prime.
  9. Tunggu sampai proses selesai dengan ditandai muncul pesan PASS berwarna hijau di Odin.
  10. Selesai.Tutorial flash hp Samsung J7 Prime

Cabut HP dari kabel data dan nyalakan HP jika proses flash sudah selesai. Tunggu sampai HP menyelesaikan proses booting dan masuk ke menu. Booting setelah melakukan flash memang sedikit lama dari biasanya, tapi tunggu saja sampai benar-benar selesai. Demikianlah cara flash Samsung J7 Prime yang bisa dilakukan oleh pemula di rumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *