Cara Flash Hp Xiaomi

Cara Flash Hp Xiaomi

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim, HP Xiaomi kamu sering error? Aplikasi sering menutup sendiri? HP cepet panas dan performanya mulai lemot? Mungkin memang sudah saatnya untuk melakukan flash. Flash pada HP adalah kata lain dari install ulang. Terdapat beberapa cara flash HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah sehingga kamu tidak perlu membawanya ke konter atau tukang servis HP.

Flashing juga biasa disebut hard reset. Dengan melakukan flash, maka HP Xiaomi kamu akan dikembalikan ke pengaturan dan kondisi semula seperti HP baru lagi atau istilahnya kembali ke pengaturan pabrik. Cara ini cocok sekali dilakukan sebagai cara terakhir ketika kamu menemukan masalah pada HP Xiaomi kamu. Pasalnya, melakukan flashing HP penuh resiko dan akan menyebabkan semua data hilang. Langsung saja, berikut ini 5 cara flash HP Xiaomi semua tipe.

Cara Flash HP Xiaomi Dengan PC

Untuk melakukan flash HP Xiaomi dengan PC, kamu memerlukan sebuah tool flashing bernama Mi Flash Tools. Sesuai namanya, software ini berfungsi untuk melakukan flashing pada HP Xiaomi. Mi Flash Tools ini digunakan untuk melakukan flash pada HP Xiaomi khusus yang sudah Unlock Bootloader dan menggunakan chipset Snapdragon, seperti Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Xiaomi Redmi Note 6, dan Xiaomi Redmi Note 7.

Jadi maka dari itu pastikan HP Xiaomi kamu sudah memenuhi syarat tersebut dulu sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Mi Flash Tools dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Mi Flash Tools Installer: Mi Flash Tools yang harus diinstall di PC/laptop sebelum bisa digunakan. Hanya berbentuk satu file dengan ekstensi .msi/.exe.
  • Mi Flash Tools Non Installer: Mi Flash Tools portable yang bisa langsung digunakan tanpa harus diinstall terlebih dahulu di PC/laptop. Berisi banyak folder dan files, kamu hanya perlu membuka file XiaomiMiFlash.exe dengan Administrator untuk menjalankannya, tanpa perlu melakukan instalasi sama sekali. Umumnya Mi Flash jenis ini hanya tersedia untuk Mi Flash Tools versi 2017 ke atas.

Penting untuk memahami kedua jenis Mi Flash di atas. Gunanya agar kamu tidak kebingungan ketika mendownload salah satu di antaranya.

Secara teknis tidak ada perbedaan besar antara Mi Flash Tools Installer dan Non Installer. Yang membedakan hanyalah ada atau tidaknya proses instalasi saja.

Bagi beberapa orang Mi Flash Tools Non Installer mungkin dinilai lebih praktis karena kamu bisa mempraktikkan cara flash HP Xiaomi dengan berbagai macam versi Mi Flash Tools berbeda tanpa harus menginstallnya satu per satu.

Silahkan tentukan ingin memakai jenis dan versi Mi Flash Tools yang mana. Kamu bisa mencari dan download Mi Flash Tools gratis di internet.

Kalau sudah mendapatkan filenya, ikuti panduan cara instalasinya berikut ini.

Cara Install Mi Flash Tools Installer

Apabila kamu memilih untuk menggunakan Mi Flash Tools installer, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Jalankan file Mi Flash Tools yang sudah kamu download (biasanya bernama MiFlashxxx.msi/.exe) dengan cara klik dua kali atau klik kanan dan pilih “Run as administrator”.
  2. Jendela instalasi akan terbuka. Klik tombol Next sampai proses instalasi dimulai.
  3. Apabila saat proses instalasi berlangsung muncul notifikasi dari Windows Security yang isinya “Windows can’t verify the publisher of this driver software” maka pilih opsi ke dua, yaitu “Install this driver software anyway”. Hal ini terjadi karena Mi Flash Tools akan sekaligus menginstall driver-driver HP Xiaomi yang dimilikinya.
  4. Jika proses instalasi Mi Flash Tools sudah selesai, klik tombol Close.
  5. Setelah instalasi selesai, maka sekarang kamu sudah bisa membuka dan menjalankan Mi Flash Tools. Caranya buka folder lokasi penyimpanan Mi Flash Tools di C:\Xiaomi\XiaoMiFlash dan klik kanan XiaoMiFlash.exe lalu pilih opsi “Run as administrator”. Atau bisa juga melalui icon Mi Flash Tools yang muncul di desktop.

Cara Menjalankan Mi Flash Tools Non Installer

Apabila kamu memilih untuk menggunakan Mi Flash Tools Non Installer atau portable, ikuti langkah-langkah menjalankannya di bawah ini.

  1. Ekstrak file download Mi Flash Tools dengan menggunakan software WinRar.
  2. Buka folder hasil ekstrak, akan muncul beberapa folder dan file. Klik kanan file XiaoMiFlash.exe dan pilih “Run as administrator”.
  3. Akan muncul jendela baru disertai tombol, klik tombol Install untuk memulai instalasi driver HP Xiaomi di komputer kamu.
  4. Tunggu sampai proses instalasi driver selesai dan klik tombol OK.
  5. Mi Flash Tools portable siap digunakan.

Sampai sini kamu sudah berhasil menginstall Mi Flash Tools untuk flash HP Xiaomi. Tahap instalasi Mi Flash Tools ini harus dilakukan dengan benar dan teliti untuk menghindari error-error seperti device tidak terdeteksi di PC dan lain-lain.

Dalam instalasi Mi Flash Tools ini sebenarnya driver untuk menghubungkan HP Xiaomi ke PC juga ikut diinstall. Hanya saja pada beberapa kasus, HP tetap tidak terdeteksi oleh driver bawaan Mi Flash, maka dari itu kamu masih harus tetap menginstall driver khususnya nanti.

Cara Download dan Ekstrak ROM Xiaomi

Selain memerlukan flashing tools, tentu saja kamu juga membutuhkan file ROM atau file flash untuk HP Xiaomi. Secara umum ada dua jenis ROM Xiaomi, yaitu ROM Fastboot dan ROM Recovery. Untuk flashing HP Xiaomi dengan PC, maka jenis ROM yang digunakan adalah ROM Fastboot dengan format file .tgz. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan dua jenis ROM Xiaomi ini.

  • ROM Fastboot dengan format ekstensi .tgz untuk melakukan flash (install ulang).
  • ROM Recovery dengan format ekstensi .zip untuk melakukan update (user interface).

Kamu bisa mengunjungi situs resmi Xiaomi untuk download ROM Fastboot Xiaomi resmi.

Setelah proses download selesai dilakukan, maka kamu akan mendapatkan satu file dengan format ekstensi .tgz. Pastikan kamu sudah menginstall software WinRAR agar bisa mengekstrak ROM tersebut.

Klik kanan file .tgz yang sudah kamu download tadi dan pilih Extract Here. Setelah proses ekstrak selesai, buka folder hasil ekstrak.

Secara umum ROM fastboot Xiaomi terdiri dari satu folder images dan tiga file .bat utama yaitu :

  • Flash_all.bat
  • Flash_all_lock.bat
  • Flash_all_except_data-storage.bat

Kalau hasil folder hasil ekstrak kamu tidak memiliki salah satu atau bahkan semua file di atas, maka dapat dipastikan itu bukan ROM Fastboot, melainkan ROM Recovery. Atau terdapat masalah saat proses download sehingga filenya rusak.

Apabila ROM Fastboot yang kamu download ternyata format ekstensinya .gz saja, maka solusinya adalah dengan menggantinya ke .tgz.

Untuk memunculkan ekstensi file di File Explorer Windows 10, klik tab View dan centang opsi File name extensions.

1. Flash HP Xiaomi Via Fastboot

Untuk melakukan flash pada HP Xiaomi yang sudah UBL di PC maka caranya adalah dengan via Fastboot. Bagi kamu yang HP Xiaominya belum UBL (Unlock Bootloader) maka tidak bisa menggunakan metode via Fastboot ini, melainkan harus menggunakan metode EDL (Emergency Download Mode).

Sebelumnya, silahkan siapkan bahan-bahan flashnya berikut ini.

  • Mi Flash Tools
  • Xiaomi Android USB Driver
  • ADB Driver and Fastboot
  • ROM Fastboot Xiaomi
  • Kabel data yang bagus dan berkualitas

Jika Mi Flash Tools dan driver Xiaomi sudah terinstall dan ROM Fastboot sudah didownload dan diekstrak, sekarang ikuti cara flash HP Xiaomi yang terkunci berikut ini.

  1. Pindahkan folder hasil ekstrak ROM Fastboot Xiaomi ke drive C:\ untuk mengantisipasi error-error.
  2. Buka Mi Flash Tools dan klik tombol Select untuk memilih folder ROM Fastboot.
  3. Arahkan ke lokasi folder ROM yang sudah kamu pindahkan di drive C:\ tadi dan klik OK.
  4. Sekarang matikan HP Xiaomi dan masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan sampai muncul logo kelinci dengan tulisan FASTBOOT.
  5. Hubungkan HP Xiaomi ke komputer/PC kamu menggunakan kabel data.
  6. Buka Device Manager dan pastikan tidak ada simbol peringatan warna kuning di bagian Android Device. Apabila muncul, ganti kabel USB nya atau nonaktifkan driver signature di Windows kamu.
  7. Sekarang klik tombol Refresh di Mi Flash Tools.
  8. Kemudian jika HP berhasil terhubung dan terdeteksi oleh PC, maka kolom Device di Mi Flash akan otomatis terisi dengan kombinasi beberapa angka.
  9. Pada bagian bawah Mi Flash Tools terdapat 3 opsi flash, yaitu:
    Clean all: Menghapus semua data dan aplikasi yang ada dan tetap membuka bootloader (tetap UBL).
    Save user data: Mempertahankan data pengguna seperti foto dan video, namun aplikasi akan tetap hilang.
    Clean all and lock: Menghapus semua data dan aplikasi yang ada dan akan mengunci kembali bootloader (relock bootloader).
    Disarankan untuk memilih opsi Clean all.
  10. Klik tombol Flash untuk segera memulai proses flashing HP Xiaomi.
  11. Tunggu sampai proses flash selesai dan di kolom result muncul tulisan success berwarna hijau.
  12. HP Xiaomi kamu akan restart secara otomatis, lepaskan kabel USB dari HP.
  13. Proses booting akan memakan waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya. Tunggu saja sampai selesai dan itulah proses flash HP Xiaomi dengan PC.

Cara flash HP Xiaomi yang terkunci ini juga ampuh untuk menyembuhkan HP Xiaomi yang bootloop atau stuck logo, sering ngehang, error, lupa pola, dan sebagainya. Apabila kerusakan HP Xiaomi yang kamu alami masih belum terlalu berat dan terbilang ringan, kamu bisa menggunakan cara berikutnya.

Cara Flash HP Xiaomi Tanpa PC

Selain bisa dilakukan dengan PC, hard reset HP Xiaomi juga bisa dilakukan tanpa PC. Cara ini lebih banyak diminati karena tidak membutuhkan banyak alat dan persiapan, lebih minim resiko, dan memang lebih mudah caranya. Berikut berbagai macam tutorial flash HP Xiaomi tanpa PC.

2. Melalui Menu Setting

Cara ini merupakan yang paling mudah, tapi syaratnya HP Xiaomi kamu masih harus hidup dan bisa digunakan. Cara ini ampuh untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan mengembalikan pengaturan kembali seperti semula sehingga bisa juga mengembalikan performa seperti baru lagi.

  1. Buka Setelan/Settings.
  2. Klik menu Setelan Tambahan.
  3. Scroll ke bawah dan pilih “Cadangkan dan Setel Ulang”.
  4. Pilih opsi Reset.
  5. Masukkan kunci layar HP dan log out dari akun MI jika ada.
  6. Tunggu sampai proses reset selesai.

3. Melalui System Update

Pada cara ketiga inilah kamu akan menggunakan jenis ROM Recovery. Cara ini cocok dipakai apabila HP Xiaomi kamu normal-normal saja, tapi ingin ganti versi MIUI atau upgrade/downgrade dan ingin mengembalikan performa HP seperti baru lagi. Akan tetapi, resikonya semua data yang ada di HP akan hilang. Berikut cara-caranya.

  1. Download ROM Recovery Xiaomi global dan pastikan filenya berekstensi .zip.
  2. Masukkan file ROM ke penyimpanan internal.
  3. Masuk ke Setelan/Settings > About Phone > System Update.
  4. Klik titik tiga yang ada di bagian atas kanan layar dan pilih Choose Update Package.
  5. Pilih file ROM yang kamu download tadi.
  6. Tunggu sampai proses update sistem selesai.

4. Melalui Recovery Update

Metode keempat ini bisa diterapkan pada HP Xiaomi yang bootloop, syaratnya HP harus mampu masuk ke mode Recovery, karena kalau tidak maka prosesnya akan gagal. Berikut cara flash HP Xiaomi melalui recovery update.

  1. Download ROM Recovery Xiaomi sesuai tipe HP Xiaomi kamu.
  2. Masukkan file ROM ke penyimpanan internal dan simpan di paling luar.
  3. Masuk ke mode recovery dengan cara matikan HP lalu tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.
  4. Tahan sampai masuk ke mode recovery.
  5. Pilih menu Recovery.
  6. Klik Yes dan tunggu sampai prosesnya selesai.

5. Hard Reset

Dan cara flash HP Xiaomi yang terakhir adalah melalui metode Hard Reset. Cara terakhir ini bisa dibilang cukup mudah, minim resiko, dan bisa dilakukan di semua tipe HP Xiaomi sehingga cocok sekali untuk pemula. Berikut caranya.

  1. Matikan HP Xiaomi.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersama-sama sampai muncul logo Mi.
  3. Tunggu sampai masuk ke menu recovery.
  4. Arahkan ke opsi wipe data/factory reset dengan menggunakan tombol volume up/down.
  5. Pilih opsinya dengan menekan tombol power.
  6. Pilih opsi Yes untuk konfirmasi.
  7. Tunggu sampai proses hard reset selesai. HP Xiaomi kamu akan restart secara otomatis.

Itulah 5 cara flash HP Xiaomi semua tipe yang 100% work. Apabila satu cara tidak berhasil maka cobalah cara berikutnya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *