Cara Install Windows 7

Bismillahirrahmanirrahim, Cara install Windows 7 – Windows 7 merupakan salah satu versi sistem operasi Windows yang masih banyak digunakan saat ini. Meskipun OS ini sudah tidak mendapat dukungan lagi dari Microsoft, banyak pengguna yang masih ingin menggunakannya. Mereka sudah terlanjur terbiasa dengan tampilan dan penggunaan Windows 7 yang dinilai mudah.

Selain itu, Windows 7 juga merupakan sistem operasi yang paling stabil, ringan dan bisa digunakan hampir di semua komputer. Tidak seperti versi Windows 8 dan 10 yang lebih berat dan membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi juga.

Oleh karena itu, banyak juga yang mencari cara install Windows 7. Jadi ketika komputer mereka terkena virus atau masalah lain, maka mereka bisa melakukan install ulang Windows 7 kapan pun mereka mau dan bisa terus menggunakannya lagi.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa cara install ulang Windows 7 lumayan rumit dan ribet. Padahal tidak seperti itu. Berikut panduan mudah install Windows 7 untuk pemula.

Panduan Cara Menginstall Windows 7 Lengkap

Sebelum melakukan instalasi Windows 7, pastikan kamu telah melakukan pencadangan atau back up data pada drive C terlebih dahulu.

Karena drive C merupakan lokasi instalasi sistem operasi yang akan diformat ulang. Sehingga seluruh data yang ada di dalamnya juga akan ikut terhapus. Oleh karena itu silahkan back up dulu data-data yang ada di drive C.

Kemudian, Langkah pertama install ulang Windows 7 adalah menyiapkan Bootable Windows atau media instalasi.

Bootable Windows ini dapat berupa flashdisk atau CD/DVD. Cara membuat Bootable Windows dengan USB adalah menggunakan software bernama Rufus dan kamu memerlukan file ISO atau file instalasi Windows nya. Dengan software tersebut, kamu dapat membuat media instalasi Windows dan dimasukkan ke dalam USB atau flashdisk.

Sementara cara membuat Bootable Windows dengan CD tanpa software, kamu dapat memanfaatkan fitur burn to CD bawaan Windows.

Baca juga: Cara melakukan install Windows 10 terbaru

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Berikut tutorial cara membuat Bootable Windows 7 dengan USB atau flashdisk.

1. Download dan install software Rufus.

2. Buka Rufus.

Membuat bootable Windows dengan Rufus

3. Lalu masukkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu.

4. Pada opsi Device, pilih nama flashdisk.

5. Pada opsi Create a bootable disk using pilih file ISO image dan klik icon CD untuk memilih file instalasi yang sudah kamu siapkan.

6. Biarkan pengaturan sisanya default.

7. Klik Start untuk memulai membuat media instalasi.

8. Jika muncul peringatan klik OK saja.

9. Tunggu beberapa menit sampai proses selesai dan muncul notifikasi DONE.

10. Selesai.

Setelah selesai membuat Bootable Windows, selanjutnya kamu perlu mengubah urutan BIOS supaya komputer kamu melakukan booting melalui media yang sudah kamu buat tadi.

Tapi pastikan kamu sudah memasukkan Bootable Windows, kalau dengan USB, colokkan USB nya. Kalau dengan CD masukkan CD nya. Selanjutnya ikuti cara mengubah urutan BIOS untuk install Windows 7 berikut.

  1. Restart komputer, lalu ketika masuk ke halaman yang menampilkan merk komputer atau laptop, tekan tombol BIOS. Masing-masing tipe komputer biasanya mempunyai tombol BIOS yang berbeda. Namun yang paling umum adalah F1, F2, F10, F12, ESC dan DEL.
  2. Setelah berhasil masuk BIOS, pindah ke tab Boot dengan menekan tombol panah kanan di keyboard. Lalu arahkan Bootable Windows yang sudah kamu buat tadi (nama flashdisk) menjadi urutan booting yang paling pertama.
  3. Sekarang simpan pengaturannya dengan menekan tombol F10 atau Save and Exit.
  4. Tunggu beberapa saat dan ketika tampil layar seperti berikut, kamu sudah berhasil masuk Bootable Windows. Selanjutnya tekan tombol apa saja.
  5. Selesai, kamu bisa lanjut ke tahap cara install Windows 7 yang selanjutnya.

Mari lanjutkan ke panduan cara menginstall Windows 7 berikut ini.

1. Sekarang kamu bisa mengubah bahasa dan waktu pada komputer. Kalau tidak mau ribet, ubah bagian Time and currency format saja menjadi Indonesian (Indonesia). Lalu klik tombol Next.

2. Tekan tombol Install now untuk memulai proses instalasi Windows 7.

Pilih bahasa dan format waktu

3. Tekan tombol Install now untuk memulai proses instalasi Windows 7.

4. Selanjutnya akan muncul syarat dan ketentuan lisensi Windows 7. Centang saja I accept the license terms dan klik tombol Next.

5. Kemudian pada tahap ini akan muncul 2 pilihan untuk melakukan instalasi upgrade atau custom. Pilih yang Custom (advanced) supaya bisa melakukan partisi dan format hardisk secara manual.

Pilih custom (advanced)

6. Sekarang kamu harus memformat atau menghapus partisi hardisk tempat instalasi Windows sebelumnya berada, yaitu drive C. Jadi sebaiknya kamu sudah hafal berapa ukuran drive C kamu sebelumnya untuk mengenali dan memformatnya. Pada kasus ini drive C nya adalah partisi nomor 2. Jadi, klik Partition 2 dan pilih Format. Bila muncul jendela konfirmasi, klik saja Yes. Lalu pilih lagi Partition 2 tadi dan sekarang klik tombol Next. Artinya kamu akan menginstall file Windows 7 pada drive tersebut. Pastikan kamu melakukan langkah ini dengan hati-hati dan tidak salah menghapus data.

Pilih lokasi instalasi windows 7

7. Pada tahap ini proses install ulang Windows 7 sedang berjalan. Kamu hanya perlu menunggu. Biasanya butuh waktu kurang lebih 30 menit.

8. Setelah proses instalasi selesai, biasanya komputer akan restart secara otomatis. Cabut flashdisk tadi. Hal ini guna menghindari proses booting dari media tersebut supaya tidak mengulangi proses install dari awal lagi.

9. Sekarang kamu perlu mengatur beberapa pengaturan. Isi nama pengguna dan nama komputer pada kolom yang tersedia. Jika sudah klik Next.

10. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat password. Kalau mau silahkan buat, tapi kamu bisa melewatinya dengan langsung menekan tombol Next lagi.

11. Kamu akan diminta memasukkan Product Key atau lisensi Windows 7. Kalau kamu punya, silahkan masukkan di kolom yang tersedia. Kalau kamu tidak punya, kosongkan dan klik saja tombol Next. Kamu bisa memasukkannya nanti.

Masukkan product key Windows 7

12. Lalu pada tahap pengaturan update Windows otomatis ini, pilih saja opsi Ask me later.

Pilih ask me later

13. Sekarang atur Time zone dan pilih pada opsi UTC +07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta. Dan atur juga waktu dan tanggal sesuai saat ini. Jika sudah klik tombol Next.

Atur zona waktu dan tanggal

14. Pada tahap ini Windows akan menyiapkan desktop kamu. Tunggu saja beberapa menit.

15. Setelah proses preparing your desktop selesai, maka proses install ulang Windows 7 juga sudah selesai.

Selamat! Kamu sudah berhasil mempraktikkan cara install Windows 7 dengan flashdisk. Sekarang kamu bisa menggunakan sistem operasi Windows 7 seperti biasa lagi.

Baca juga: Cara aktivasi Windows 7

Langkah selanjutnya setelah install ulang Windows 7 adalah install driver. Pastikan kamu menginstall semua driver sesuai dengan tipe komputer atau laptop kamu.

Jika Anda bingung dengan cara-cara install windows 7 yang telah dijelaskan diatas, kamu bisa mengikuti tutorialnya pada video ini.

Begitulah panduan cara menginstall Windows 7 dengan mudah untuk pemula. Bila dilakukan sesuai dengan petunjuk di atas, tentu instalasi Windows 7 tidak sesulit yang dibayangkan.

Tinggalkan komentar