Cara Membuat Barcode Lokasi

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membuat barcode lokasi – Biasanya kamu sering melihat barcode di kemasan-kemasan barang yang dijual di warung atau toko-toko. Seiring dengan perkembangan teknologi, barcode juga ikut berkembang hingga menghadirkan bentuk penyadian barcode baru yaitu QR Code.

Dengan QR Code, kamu bisa membuat barcode dari sebuah gambar, tulisan, link atau bahkan lokasi. Cara membuat barcode lokasi juga tidak sulit dan bisa kamu manfaatkan misalnya untuk membuat barcode lokasi di undangan.

Pada saat ingin membuat undangan pernikahan, sudah sewajarnya kamu melampirkan alamat atau denah rumah agar para tamu undangan bisa datang dengan mudah. Namun, tetap saja yang namanya denah lokasi hanya berupa gambaran saja dan tidak terlalu jelas bagi orang yang baru pertama kali datang ke lokasi tersebut.

Untungnya, dengan kehadiran kode QR sekarang kamu dapat membuat barcode lokasi untuk undangan. Cara membuat barcode lokasi di undangan cukup mudah, nantinya lokasi yang akan ditampilkan merupakan lokasi yang ada di Google Maps. Google Maps sendiri merupakan aplikasi peta yang secara otomatis terinstall di setiap Android. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau barcode lokasi kamu tidak bisa dibuka. Berikut cara membuat QR code selengkapnya.

Cara Membuat Barcode Lokasi Di Android

Membuat barcode bisa dilakukan dengan mudah melalui hp Android. Setidaknya ada 2 cara membuat barcode lokasi di Android. Cara yang pertama adalah melalui aplikasi Google Maps secara langsung dan aplikasi pembuat barcode dari pihak ketiga. Sementara bagi kamu yang tidak punya aplikasi Google Maps bisa langsung lompat ke cara kedua yang menggunakan browser Android. Berikut selengkapnya.

Baca juga: Cara cek RAM laptop

1. Membuat Barcode Lokasi Dengan Google Maps Dan Barcode Generator

Untuk bisa membuat atau generate barcode dari lokasi yang ada di Google Maps, maka kamu memerlukan aplikasi pembuat barcodenya atau yang biasa disebut barcode generatore.

Hal ini dikarenakan Google Maps tidak mempunyai fitur tersebut, Google Maps hanya digunakan sebagai penanda atau penunjuk lokasinya. Jadi, untuk mengubah lokasi yang ditandai oleh Google Maps tersebut supaya menjadi barcode, kamu membutuhkan aplikasi barcode generator.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat kode QR di Android.

1. Buka aplikasi Google Play Store.

2. Cari aplikasi Barcode Generator menggunakan kotak pencarian Play Store.

3. Dari daftar aplikasi yang muncul, pilih yang paling atas.

Download aplikasi barcode generator

4. Download dan install aplikasi Barcode Generator. Kamu tidak usah khawatir aplikasi ini akan memberatkan hp Android kamu atau akan memakan ruang penyimpanan yang banyak. Karena ukurannya sangat kecil, kurang lebih hanya sekitar 2 MB saja.

5. Setelah selesai menginstall, sekarang buka aplikasi Google Maps. Google Maps merupakan salah satu aplikasi bawaan Android, jadi semua hp Android sudah pasti mempunyainya. Biasanya aplikasi ini terletak di folder aplikasi Google.

6. Cari dan tentukan lokasi yang ingin dibuat barcodenya, misalnya “Kota Tua”.

7. Dari daftar lokasi yang muncul, klik pada lokasi yang dimaksud.

8. Sekarang klik tombol Share atau Bagikan Tempat.

Klik bagikan tempat

9. Pada opsi pilihan yang muncul, klik aplikasi Barcode Generator. Kalau tidak terlihat, geser ke kanan daftarnya.

10. Secara otomatis Barcode Generator akan menampilkan link alamat tadi dan juga membuat barcodenya.

Cara membuat barcode lokasi di Android

11. Untuk menyimpannya, screenshot barcode tersebut.

12. Atau kamu juga bisa langsung membagikan barcode dengan klik tombol Bagikan yang ada di bagian atas aplikasi Barcode Generator.

13. Selesai. Kamu bisa membagikan barcode lokasi ke WhatsApp, Facebook hingga Telegram.

2. Membuat Barcode Lokasi Melalui Browser

Bagi kamu yang sudah terlanjur menghapus aplikasi Google Maps atau yang memang tidak menginstallnya, maka bisa menggunakan cara yang kedua ini. Caranya adalah dengan membuka website Google Maps melalui aplikasi browser atau peramban kemudian membuat barcodenya menggunakan aplikasi Barcode Generator.

Jadi, kamu tetap membutuhkan aplikasi Barcode Generator, tapi cara ini bisa menjadi alternatif kalau kamu tidak punya dan tidak mau lagi menginstall aplikasi Google Maps. Berikut selengkapnya.

  1. Download dan install aplikasi Barcode Generator.
  2. Sekarang buka aplikasi browser bawaan hp Android kamu atau bisa juga pakai Google Chrome.
  3. Ketikkan https://www.google.com/maps di address bar atau alamat pencarian dan tekan tombol Enter.
  4. Pilih lokasi yang diinginkan.
  5. Klik tombol Bagikan.
  6. Kemudian akan muncul link dari lokasi tersebut, klik Salin Link.
  7. Buka aplikasi Barcode Generator.
  8. Klik tombol + berwarna merah yang ada di kanan bawah untuk membuat barcode baru.
  9. Pilih Add Code.
  10. Pilih QR Code.
  11. Dan pilih URL.
  12. Sekarang tempelkan link lokasi yang sudah disalin tadi pada kolom URL. Kamu juga bisa mengisi deskripsi dan label.
  13. Klik tanda Ceklis yang ada di kanan atas.
  14. Barcode selesai dibuat dan ditampilkan.
  15. Kamu bisa screenshot dan menyimpannya di galeri atau langsung membagikannya.

Cara Membuat Barcode Lokasi Di Komputer

Untuk membuat barcode di komputer, caranya hampir mirip seperti cara kedua di Android yang tadi. Hanya saja, kamu tidak perlu menginstall software atau aplikasi tambahan apapun karena semuanya dilakukan via browser. Berikut cara membuat barcode lokasi di komputer.

  1. Buka software Browser atau Google Chrome.
  2. Buka situs Google Maps.
  3. Tentukan lokasi yang ingin dibuatkan barcode.
  4. Klik tombol Bagikan.
  5. Maka akan muncul link tempat tersebut, klik Salin Link untuk menyalin link lokasinya.
  6. Sekarang cari dan buka website barcode generator online, di Google ada banyak, salah satunya adalah https://id.qr-code-generator.com/.
  7. Selanjutnya tempelkan atau paste link lokasi yang sudah disalin tadi.
  8. Kamu juga bisa menambahkan bingkai, logo bahkan mengubah bentuk dan warna barcode kamu sesuai selera. Ini merupakan kelebihan membuat barcode di komputer.
  9. Kalau sudah selesai, klik tombol Buat Kode QR.
  10. Secara otomatis barcode lokasi kamu akan dibuat dan ditampilkan di sebelah kanan layar.
  11. Klik tombol Unduh untuk download barcode tersebut dalam format jpg. Kalau ingin menyimpan dalam bentuk vector seperti svg dan eps, klik tombol yang ada di sampingnya. Selesai.

Cara membuat barcode lokasi di komputer

Alasan Menggunakan Lokasi Google Maps

Semua cara di atas menggunakan aplikasi atau website Google Maps sebagai penanda tempatnya. Lalu apa alasannya? Berikut beberapa alasan menggunakan Google Maps untuk membuat barcode lokasi.

  • Lokasi lebih akurat, rinci dan jelas.
  • Aplikasi Google Maps sudah terinstall secara otomatis di semua smartphone Android.
  • Mudah digunakan.
  • Menyediakan foto pratinjau lokasi.
  • Barcode bisa dibagikan ke berbagai media sosial dengan mudah.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Jadi, dengan menggunakan Google Maps maka menentukan lokasi barcode, membuat hingga membukanya menjadi mudah dan praktis.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat barcode lokasi di undangan. Selain bisa digunakan untuk membuat barcode lokasi undangan, cara-cara di atas juga bisa kamu gunakan untuk membuat barcode lainnya seperti gambar misalnya. Demikian pembahasan kali ini tentang cara membuat QR code di Android dan komputer.

Tinggalkan komentar