Cara Membuat Brosur Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Ada berbagai macam cara membuat brosur. Kamu bisa menggunakan beragam aplikasi desain dan pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW atau Adobe Illustrator untuk membuat brosur. Namun, diperlukan kemampuan desain khusus untuk bisa menggunakan software-software desain tersebut. Solusinya adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan software Microsoft Word, kamu sudah bisa membuat brosur sederhana dengan mudah.

Brosur sendiri adalah sebuah media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau sebagai media promosi kepada khalayak umum. Informasi yang dimuat dalam sebuah brosur umumnya berupa produk atau jasa. Bisa juga informasi lain seperit brosur sekolah, universitas atau layanan masyarakat.

Dengan memanfaatkan brosur, para pengusaha atau pemilik produk bisa memperkenalkan sekaligus mempromosikan usahanya kepada masyarakat umum. Penyebaran brosur dilakukan dengan tujuan supaya informasi mengenai produk atau jasa yang ada di brosur tersebut dikenal oleh publik. Dan sebagai upaya mencari calon pelanggan.

Brosur tidak hanya diisi dengan tulisan saja. Biasanya brosur juga didukung dengan gambar-gambar atau desain infografis yang menarik. Gunanya tentu saja agar menarik perhatian orang yang melihatnya. Oleh karena itu, sebaiknya brosur dibuat semenarik mungkin. Brosur biasa ditemukan di tempat-tempat umum seperti di pinggir jalan, supermarket, atau di mading sekolah.

Cara Membuat Brosur Di Word Untuk Pemula

Bagi kamu yang ingin membuat brosur dengan cepat dan mudah, bisa menggunakan cara membuat brosur di Word.

Cara membuat brosur di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2017 tidak jauh berbeda dan sama-sama menyediakan koleksi template brosur. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal versi Microsoft Word yang kamu gunakan.

Baca juga: Cara mengunci folder di laptop

1. Cara Membuat Brosur di Word Menggunakan Template

Pada aplikasi Microsoft Word sudah tersedia berbagai template brosur siap pakai. Jadi kamu tinggal edit-edit dan mengganti tulisan atau gambarnya saja.

Berikut ini tutorial cara membuat brosur di Word 2019 menggunakan template.

1. Pertama-tama, untuk bisa menggunakan template brosur Word, kamu perlu koneksi internet. Karena nantinya kamu harus download template brosur tersebut lebih dulu sebelum digunakan. Jadi pastikan komputer atau laptop kamu sudah terhubung ke internet.

2. Buka aplikasi Microsoft Word. Kamu bisa mencarinya di daftar aplikasi pada menu Start atau dengan mengetikan Microsoft Word pada kotak pencarian.

3. Kemudian buat dokumen baru dengan beralih ke menu New pada bilah samping kiri.

4. Ketikkan brochure pada kotak pencarian yang tersedia untuk mencari template brosur secara online.

Mencari template brosur

5. Setelah itu, akan ditampikan banyak template brosur berbagai tema yang bisa kamu download. Pilih dan klik salah satu template.

6. Selanjutnya klik tombol Create untuk langsung download template brosur tersebut dan mulai menggunakannya.

Download template brosur

7. Tunggu sampai proses download benar-benar selesai setelah beberapa saat. Lamanya proses download ini tentu saja tergantung pada kecepatan koneksi internet masing-masing.

8. Setelah selesai, maka template brosur tersebut secara otomatis akan terbuka pada lembar kerja baru.

9. Sekarang kamu bisa mengeditnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Semua elemen termasuk teks, tata letak dan logo bisa kamu edit.

Membuat brosur di word

10. Setelah selesai membuat brosur di Word, maka jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol Windows + S.

Baca juga: Cara membuat grafik di Word

2. Cara Membuat Brosur di Word Dari Awal

Bagi kamu yang sedang ingin menghemat kuota internet sehingga tidak bisa mendownload template brosur, tenang. Karena kamu masih bisa membuat brosur di Word dari awal tanpa menggunakan template.

Cara yang kedua ini dapat dipastikan bisa digunakan pada semua versi Microsoft Word. Namun, tentu saja dengan membuat brosur dari awal berarti kamu benar-benar membuatnya dari lembar kosong dan tidak mendapatkan kemudahan ketika menggunakan template.

Berikut tutorial cara membuat brosur di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2017, 2019 dari awal.

1. Buka Microsoft Word.

2. Kemudian buat lembar kerja baru dengan klik pada Blank Document.

3. Beralih ke tab Page Layout. Kamu bisa menemukannya di bagian atas Microsoft Word.

4. Klik Size untuk mengatur ukuran kertas brosur. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kertas yang akan kamu gunakan untuk mencetak brosur tersebut. Ukuran brosur pada umumnya adalah A4.

5. Lalu klik Margins. Sekarang pilih opsi Custom Margins… yang ada di paling bawah.

6. Jendela baru akan terbuka. Sekarang atur margin atau batas pada brosur kamu. Bila ingin memuat lebih banyak konten di dalamnya, atur margin Left dan Right menjadi 0.1.

7. Selanjutnya pada bagian Orientation pilih Landscape.

Mengatur margin brosur di Microsoft Word

8. Klik OK.

9. Masih berada di tab Layout, sekarang klik Columns. Pilih berapa banyak kolom yang ingin digunakan untuk membuat brosur. Apabila ingin melihat lebih banyak pilihan, klik opsi More Columns… yang ada di paling bawah. Jika bingung, gunakan saja 3 kolom. Karena biasanya brosur berisi dan dilipat 3 bagian yaitu kolom kiri, tengah dan kanan.

10. Sekarang tambahkan pemisan antar kolom. Caranya masih di tab Layout, klik Breaks kemudian klik pada opsi Columns.

11. Masukkan segala informasi brosur. Ada 2 jenis informasi utama yang bisa kamu tambahkan, yaitu teks dan gambar. Untuk mengatur font teks, beralih ke tab Home dan atur pada bagian Fonts. Sementara untuk memasukkan gambar, beralih ke tab Insert lalu klik Pictures. Tinggal pilih ingin menambahkan gambar dari komputer atau dari internet.

12. Untuk menambahkan teks dengan desain khusus tertentu, kamu bisa memanfaatkan fitur WordArt. Di sana tersedia kumpulan template teks beraneka ragam desain.

13. Dalam urusan gambar untuk brosur, sebaiknya menggunakan format gambar bitmap berekstensi .jpg atau .png karena lebih cocok dan optimal untuk brosur.

14. Sekarang, untuk mendesain brosur lebih lanjut lagi kamu bisa menggunakan tema Microsoft Word. Beralih ke tab Design lalu klik pada Themes. Kumpulan tema-tema Microsoft Word akan ditampilkan. Pilih satu tema sesuai selera.

Membuat brosur di Microsoft Word dari awal

15. Jika kamu merasa tidak ada desain tema yang cocok, maka kamu bisa mendesain tema sendiri dengan mengatur bagian Style Set, Colors dan Fonts di tab Design.

16. Simpan brosur dengan menekan kombinasi tombol Windows + S.

17. Sebaiknya simpan brosur dalam 2 format, yaitu format .docx dan .pdf. Format .docx berguna untuk mengedit brosur lagi sewaktu-waktu. Sementara format .pdf digunakan apabila ingin mencetak brosur.

Ada baiknya sebelum mulai membuat brosur di Word, kamu menggambar sketsa atau gambaran visualnya terlebih dahulu pada selembar kertas. Menggambar sketas brosur akan membantu kamu ketika mengerjakannya nanti, jadi kamu hanya tinggal mengikuti pola sketsanya dan menambahkan beberapa elemen saja.

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

Untuk mencari inspirasi desain brosur, kamu bisa mencarinya di internet. Atau bisa juga dengan melihat-lihat dulu kumpulan template brosur yang ada di Microsoft Word. Kemudian setelah selesai membuat brosur, apabila ingin mencetaknya jangan lupa untuk mencetak brosur secara bolak-balik atau double-sided. Karena brosur memang umum didesain dan dicetak secara bolak-balik. Demikian tutorial cara membuat brosur di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2017, 2019 untuk pemula.

Tinggalkan komentar