Cara Membuat Daftar Isi Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membuat daftar isi otomatis di Word merupakan salah satu kemampuan penting yang seharusnya dimiliki bagi kamu para pelajar dan orang kantoran. Pasalnya, ilmu Office ini akan sangat penting dan berguna ketika kamu harus membuat dokumen-dokumen dengan jumlah halaman yang banyak seperti makalah, karya ilmiah, atau laporan.

Daftar isi adalah salah satu dari sekian bagian yang paling penting dari sebuah dokumen panjang. Apa jadinya jika dokumen tebal seperti buku atau skripsi tidak memiliki daftar isi? Pembaca akan kesulitan dan pusing mencari halaman spesifik yang dituju.

Walaupun sudah disertai dengan nomor halaman, tetap saja dokumen tanpa daftar isi itu menyulitkan pembaca. Oleh karena itu, bagi kamu yang biasa membuat karya tulis dengan jumlah halaman banyak wajib hukumnya mengetahui cara membuat daftar isi di Word. Selain memudahkan pembaca, hal ini juga akan memudahkan kamu juga, kok.

Karena ketika isi karya tulis kamu direvisi atau diperbaharui, maka daftar isi dan nomor halamannya juga akan diperbarui secara otomatis mengikuti revisi terakhir. Tanpa daftar isi otomatis, kamu mungkin akan kerepotan mengubah satu per satu halaman sampai benar.

Dengan adanya daftar isi, pembaca akan dimudahkan untuk mengetahui letak halaman yang diinginkannya dengan cepat dan mudah. Maka dari itu, tidak heran daftar isi sudah seperti menjadi salah satu bagian paling penting dan wajib ada pada sebuah karya tulis dan karya ilmiah.

Membuat daftar isi di Ms. Word sendiri bisa dibilang gampang-gampang mudah. Namun, masih banyak yang belum mengetahui caranya. Bisa jadi karena kebanyakan orang bingung ketika melihat toolbar, menu dan fitur Word yang sebegitu banyaknya. Pada artikel ini, kamu akan belajar membuat daftar isi otomatis di Word semua versi dan juga cara manualnya sehingga kedepannya kamu bisa membuat daftar isi sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Pada contoh kali ini kita akan membuat daftar isi untuk sebuah makalah. Untuk membuat daftar isi meskipun otomatis, bukan berarti sekali klik langsung jadi. Kamu harus melakukan beberapa konfigurasi lagi. Berikut selengkapnya.

1. Mengkonfigurasi Heading 1 Untuk Judul BAB

Langkah pertama dalam cara membuat daftar isi otomatis di Word adalah melakukan konfigurasi Heading terlebih dahulu. Heading 1 ini merupakan penajukan atau judul BAB. Dengan mengkonfigurasi Heading, maka nantinya daftar isi dibuat secara otomatis mengikuti heading-heading tersebut. Berikut caranya.

  1. Blok atau seleksi judul BAB kamu.
    Blok Judul BAB
  2. Lalu di menu Home lihat pada bagian Styles dan klik Heading 1.
    Klik Heading 1
  3. Sampai langkah ini, kamu sudah membuat judul BAB tersebut menjadi Heading 1. Jika kamu tidak puas dengan tampilan Heading 1 dan ingin mengubahnya, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Pada Heading 1 tadi, klik kanan dan pilih opsi Modify…
  5. Akan muncul jendela baru tempat kamu mengkonfigurasi Heading 1. Di sini kamu bisa mengatur gaya, font, font size, dan tampilan visual lainnya untuk Heading 1. Kalau sudah klik tombol OK.
    Atur Tampilan Heading

2. Mengkonfigurasi Heading 2 Untuk Sub-BAB

Kemudian, setelah selesai mengkonfigurasi Heading 1 untuk judul BAB sekarang kamu lanjutkan mengkonfigurasi tingkat Heading yang lebih rendah satu tingkat, yaitu Heading 2 untuk Sub-BAB. Seperti yang kita ketahui bersama, biasanya setiap BAB itu memiliki anak atau yang biasa disebut Sub-BAB, bukan?

Nah, sama seperti judul BAB, kamu juga perlu melakukan hal yang sama untuk Sub-BAB, yaitu memberikan Heading. Untuk Sub-BAB yag satu tingkat lebih rendah dari judul BAB, maka Heading-nya juga yang satu tingkat lebih rendah dari Heading 1, yaitu Heading 2. Berikut caranya.

  1. Blok atau seleksi judul Sub-BAB kamu.
  2. Berikutnya di menu Home pada bagian Styles klik Heading 2.
  3. Sampai langkah ini sebenarnya sudah selesai, tapi kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengedit Heading 2.
  4. Untuk mengubah pengaturan Heading 2, klik kanan Heading 2 dan klik Modify…
  5. Konfigurasikan pengaturan dan tampilan untuk judul Sub-BAB makalah sesuai selera kamu atau sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya. Kalau sudah selesai klik tombol OK.

Baca juga: Cara membuat tabel di Word

3. Mengkonfigurasikan Heading 3 Untuk Sub-Sub-BAB

Tidak dapat dipungkiri kadang bahkan Sub-BAB juga mempunyai beberapa “anak” atau poin lagi di dalamnya. Misalnya seperti 1.1.1 sehingga kamu juga perlu melakukan konfigurasi Heading 3 untuk judul anak Sub-BAB ini. Caranya sama seperti konfigurasi Heading sebelumnya, yaitu seperti sebagai berikut.

  1. Blok atau seleksi judul Sub-Sub-BAB kamu.
  2. Kemudian di menu Home pada bagian Styles klik Heading 3.
  3. Lanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengubah penampilan Heading 3.
  4. Pada Heading 3, klik kanan lalu pilih Modify…
  5. Sekarang atur tampilan yang akan digunakan untuk judul Sub-Sub-BAB. Umumnya, anak atau tingkatan BAB yang lebih rendah selalu memiliki ukuran font yang lebih kecil juga. Jika sudah selesai klik tombol OK.

Apabila dokumen kamu masih memilih beberapa poin, anak atau Sub-BAB lagi, maka mau tidak mau kamu harus mengkonfigurasikan tingkat Heading selanjutnya seperti Heading 4, 5, dan seterusnya.

Kamu perlu menerapkan semua konfigurasi Heading ini supaya nantinya judul-judul yang diset Heading muncul di halaman daftar isi dokumen yang akan kamu buat sekarang.

4. Membuat Daftar Isi Otomatis

Setelah selesai mengkonfigurasikan Heading untuk semua judul yang ada di dokumen, sekarang kamu siap membuat daftar isi otomatis. Berikut cara membuat daftar isi otomatis di word 2007, 2010, 2013, 2016.

  1. Buat satu halaman kosong khusus untuk daftar isi. Kemudian letakkan kursor pada awal halaman tersebut.
  2. Selanjutnya klik menu References, lalu di sebelah kiri menu klik Table of Contents dan pilih gaya serta bentuk daftar isi yang kamu inginkan.
    Pilih Daftar Isi yang Diinginkan
  3. Sesaat setelah klik di daftar isi yang kamu pilih, maka daftar isi dokumen Word kamu akan dibuat secara otomatis dengan menampilkan semua judul yang sudah kamu atur dengan Heading tadi.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Ya, sudah selesai. Itulah cara membuat daftar isi otomatis di Word. Begitu cepat dan mudah bukan? Lalu bagaimana kalau ingin mengupdate atau menghapusnya? Lanjut ke tahap berikutnya di bawah ini.

5. Update, Edit, Dan Hapus Daftar Isi Otomatis Di Word

Untuk mengedit daftar isi yang sudah ada di Word, kamu bisa langsung melakukannya secara manual dengan cara mengarahkan kursor ke area daftar isi yang ingin diubah. Baik itu bentuknya maupun tulisannya.

Namun, apabila kamu telah melakukan update mayor atau revisi yang menyebabkan adanya perubahan letak halaman di dokumen kamu, misalnya seperti BAB 3 yang pindah ke halaman 4 karena bertambahnya konten BAB 2 sehingga posisi halaman BAB 3 bergeser lebih jauh, maka tentu repot jika harus mengeditnya secara manual, bukan? Kalau kasusnya seperti itu, maka gunakan cara update daftar isi otomatis di Word di bawah ini.

  1. Klik kanan area daftar isi.
  2. Pilih Update Table
  3. Pilih opsi Update page numbers only untuk mengupdate nomor halamannya saja. Pilih opsi Update entire table untuk mengupdate keseluruhan isi daftar isi.
    Cara Update Daftar Isi Otomatis di Word
  4. Klik tombol OK.

Maka, daftar isi kamu akan diupdate secara otomatis tanpa ribet. Bagaimana jika kamu ingin menghapusnya? Tenang saja, caranya sama-sama mudah kok. Ikuti cara menghapus daftar isi di Word berikut.

  1. Klik kanan area daftar isi.
  2. Pilih Remove Table of Contents.

Lengkap sekali bukan tutorial membuat daftar isi otomatis di Word tadi?

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word

Selain secara otomatis, kamu juga tetap bisa membuat daftar isi manual di Word. Cara ini cocok kamu terapkan untuk dokumen yang singkat dan tidak memiliki terlalu banyak halaman. Berikut cara membuat daftar isi manual di word 2007, 2010, 2013, 2016.

1. Menyiapkan Halaman Daftar Isi

  1. Sediakan 1 halaman kosong khusus untuk daftar isi.
  2. Tuliskan judul BAB dan Sub-BAB pada di daftar isi. Berikut contohnya.
    Menyiapkan Halaman Daftar Isi
  3. Letakkan kursor seperti nomor 1 pada gambar di atas.
  4. Lalu, perhatikan nomor 2 pada gambar di atas. Klik kotak kecil tersebut hingga siku kecilnya menghadap seperti pada gambar.

2. Mengatur Indent

  1. Sekarang blok semua judul yang ada di daftar isi.
  2. Klik panah kecil yang ada di bagian bawah grup Paragraph pada menu Home.
  3. Akan muncul kotak jendela baru, klik tombol Tabs.
  4. Sekarang atur Tab stop position menjadi 13 cm, bisa kamu ubah sesuai selera.
  5. Lalu pada bagian Alignment pilih opsi Right.
  6. Di bagian Leader pilih 2 ….
  7. Dan klik tombol Set lalu OK. Langkah ini berfungsi untuk mengatur jarak penghubung antara daftar isi dengan nomor halaman.
  8. Berikutnya blok lagi isi daftar isi, klik panah kecil di pojok kanan bawah grup Paragraph. Lalu klik tombol Tabs.
    Mengatur Indent
  9. Tab stop position set menjadi 5 cm.
  10. Alignment pilih Left.
  11. Dan Leader set None.
  12. Sekarang klik tombol Set dan OK. Langkah ini dilakukan untuk mengatur jarak nomor halaman daftar isi.
    Mengatur Jarak Nomor Halaman

3. Menambahkan Nomor Halaman Daftar Isi

  1. Setelah mengatur indent dan jarak antara judul dan nomor halaman, sekarang letakkan kursor di akhir setiap teks judul pada daftar isi.
  2. Klik tombol Tab pada keyboard.
  3. Titik-titik akan muncul secara otomatis.
  4. Tambahkan nomor halaman secara manual.
  5. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut.
    Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

Alasan Menggunakan Daftar Isi Di Word

Sebagian besar orang tentu sudah tahu dan paham fungsi daftar isi pada sebuah dokumen. Namun, sebagai informasi tambahan, berikut beberapa alasan lainnya menggunakan daftar isi di dokumen baik itu makalah, karya ilmiah, laporan, maupun skripsi.

  • Membantu proses pekerjaan menjadi lebih cepat. Dari sudut pandang penulis, daftar isi akan mempermudah proses pekerjaan dan bisa menghemat waktu sehingga proses penulisan akan menjadi lebih cepat karena penulis tidak perlu ribet-ribet mencari judul dan nomor halaman satu per satu apabila diperlukan.
  • Memberikan struktur yang jelas tentang dokumen. Hal ini merupakan fungsi utama dari daftar isi, yaitu untuk membantu pembaca mengetahui isi dokumen dari struktur yang ditampilkan di daftar isi. Dengan adanya struktur ini, pembaca dipermudah dalam mencari apa yang mereka inginkan di dokumen tersebut.
  • Membuat dokumen lebih mudah didiskusikan. Keberadaan daftar isi akan sangat membantu kamu membaca lebih cepat dan menyampaikan informasi kepada orang lain. Dengan daftar isi, kamu bisa dengan mudah memberitahu keberadaan informasi terkait dalam dokumen hanya dengan menunjukkan nomor halamannya dari daftar isi.
  • Menampilkan poin-poin atau garis besar dari dokumen. Daftar isi kana mempermudah pembaca dalam mengenali poin-poin penting yang dimuat dokumen sehingga pembaca akan lebih terbantu lagi.

Baca juga: Cara menghapus halaman di Word

Contoh Daftar Isi Di Word

Berikut ditampilkan juga beberapa contoh daftar isi Word yang sering digunakan orang baik untuk kebutuhan skripsi, makalah, pembuatan buku, karya tulis, atau karya ilmiah.

Contoh Daftar Isi Makalah Di Word
Contoh Daftar Isi Makalah Di Word
Contoh Daftar Isi Laporan Di Word
Contoh Daftar Isi Laporan Di Word
Contoh Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah Di Word
Contoh Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah Di Word

Itulah tutorial cara membuat daftar isi otomatis di Word semua versi dan cara manualnya. Sekarang kamu jadi tahu membuat daftar isi sendiri sehingga nantinya kamu bisa menulis dengan lebih mudah dan cepat lagi.

Tinggalkan komentar