Cara Membuat Flowchart Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Flowchart atau diagram alir adalah sebuah diagram atau bagan dengan simbol-simbol yang disusun sedemikian sistematis untuk menjelaskan proses atau alur dari sesuatu. Untuk membuat flowchart, tersedia banyak aplikasi atau tools yang bisa digunakan, salah satunya adalah Microsoft Word. Cara membuat flowchart di Word juga cukup mudah dengan memanfaatkan semua fitur-fitur Word.

Biasanya flowchart digunakan untuk menggambarkan atau mempresentasikan suatu aliran proses yang disertai dengan langkah-langkah berurutan. Dengan flowchart, kamu jadi bisa lebih mudah memahami dan membaca alur proses yang terkesan rumit dan kompleks. Flowchart sering kali digunakan untuk merancang algoritma pemrograman, pembuatan Standard Operational Procedure atau SOP dan proses alur bisnis.

Pada kesempatan kali ini, Sudut PC akan memberikan tutorial cara membuat flowchart di Word untuk pemula yang bisa diaplikasikan dengan mudah.

Cara Membuat Flowchart Di Word

Meskipun tersedia banyak perangkat lunak yang dikhususkan untuk membuat flowchart, banyak orang lebih memilih menggunakan Microsoft Word untuk membuatnya karena mudah dan sederhana. Semua versi Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat flowchart. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat flowchart di word 2007, 2010, 2013, 2016.

1. Menyisipkan Drawing Canvas

Sebenarnya kamu bisa saja membuat flowchart secara langsung pada lembar kerja Word yang biasa digunakan untuk mengetik. Namun, untuk membuat flowchart di Word, sangat direkomendasikan untuk menggunakan drawing canvas.

Apa itu drawing canvas? Drawing canvas adalah sebuah tempat khusus yang digunakan untuk membuat flowchart. Singkatnya, drawing canvas merupakan dokumen flowchart. Selain itu, membuat flowchart menggunakan drawing canvas juga memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Bisa mengubah tampilan background supaya lebih menarik.
  • Bisa memperbesar atau memperkecil ukuran semua simbol flowchart dengan cara mengatur ukuran drawing canvasnya.
  • Terdapat beberapa fitur khusus yang tidak ada pada dokumen Word baisa, salah satunya garis alir atau tanda panah yang bisa menghubungkan satu simbol flowchart dengan simbol lainnya.
  • Mengubah posisi flowchart bisa dilakukan lebih mudah dengan cara menggeser drawing canvasnya, tidak perlu memindahkan simbol flowchartnya satu per satu.

Dan berikut cara menyisipkan drawing canvas di Word.

1. Klik tab Insert.

2. Klik menu Shapes.

3. Dan pilih New Drawing Canvas yang ada di paling bawah.

Menyisipkan drawing canvas

4. Drawing canvas baru untuk membuat flowchart akan muncul.

5. Selesai. Kamu bisa langsung membuat flowchart di situ.

Kamu juga bisa mengatur ukuran drawing canvas di Word menggunakan cara berikut.

1. Klik kanan drawing canvas
2. Ada 3 pilihan ukuran yang tersedia, yaitu:

  • Fit: Ukuran drawing canvas akan diperkecil dan disesuaikan mengikuti jumlah dan ukuran simbol flowchart yang ada di dalamnya.
  • Expand: Ukuran penuh drawing canvas ke kanan dan ke kiri lembar kerja.
  • Scale Drawing: Mengatur ukuran drawing canvas secara manual dengan cara mengubah posisi titik yang ada di sekelilingnya ketika memilih area drawing canvas.

Selain bisa mengatur ukuran drawing canvas, kamu juga bisa mengatur posisinya. Berikut cara mengatur posisi drawing canvas di Word.

  1. Klik area drawing canvas,
  2. Klik tab Format,
  3. Klik menu Position,
  4. Pilih posisi yang diinginkan untuk drawing canvas.

Baca juga: Cara membuat rumus di Word

2. Memasukkan Simbol-Simbol Flowchart

Cara buat flowchart di Word selanjutnya adalah dengan memasukkan simbol-simbol flowchart yang diperlukan. Untuk melakukannya, kamu bisa memanfaatkan fitur Shapes, fitur yang sama untuk menyisipkan drawing canvas pada tahap pertama di atas tadi. Berikut cara memasukkan simbol-simbol flowchart di Word menggunakan shapes.

1. Klik tab Insert.

2. Klik menu Shapes.

3. Pilih dan klik simbol flowchart yang ingin dimasukkan.

Memasukkan simbol flowchart

4. Arahkan cursor ke area drawing canvas, klik dan geser mouse untuk mulai menggambar simbol flowchart yang dipilih tadi.

5. Ulangi langkah 1-4 untuk membuat dan memasukkan simbol flowchart lainnya.

Selain dengan mengakses tab insert, kamu juga bisa memasukkan simbol dengan cara klik pada area drawing canvas, lalu pada tab format yang akan terpilih secara otomatis akan tampil daftar simbol di bagian kiri atas.

3. Membuat Garis Alur Flowchart (Konektor)

Selanjutnya, untuk menghubungkan antara satu simbol dengan simbol lainnya, maka kamu harus menggambar garis alur atau konektornya. Sesuai dengan namanya, konektor ini berfungsi untuk menghubungkan antar simbol atau proses sehingga membuat alur flowchart yang diinginkan.

Untuk membuat garis konektor flowchart di Word, kamu masih akan menggunakan fitur shapes. Di menu shapes tersedia banyak jenis garis yang bisa digunakan, mulai dari garis lurus, garis siku, garis lengkung hingga garis dengan tanda panah. Berikut cara membuat konektor flowchart di Word.

  1. Klik tab Insert.
  2. Klik menu Shapes.
  3. Pilih dan klik garis yang diinginkan dari bagian Lines.
  4. Arahkan cursor ke simbol pertama, klik dan tahan pada salah satu titik penghubung yang muncul.
  5. Tarik garis ke simbol kedua yang ingin dihubungkan, arahkan cursor pada salah satu titik penghubung yang muncul dan lepaskan klik mouse.

Membuat konektor flowchart di Word

Karena kamu membuat flowchart di drawing canvas, maka garis-garis konektor yang sudah dihubungkan antar simbol tidak akan putus dan tetap terhubung walaupun simbol-simbolnya berubah posisi. Ini merupakan salah satu kelebihan menggunakan drawing canvas seperti yang sudah dijelaskan tadi. Apabila kamu ingin mengubah jenis garis konektornya, maka berikut caranya.

  1. Klik kanan pada garis alur atau konektor yang ingin diubah jenisnya.
  2. Masuk ke menu Connector Types dan pilih jenis konektor yang diinginkan, ada Straight Connector (garis lurus), Elbow Connector (garis siku), dan Curved Connector (garis lengkung).

Sementara itu, berikut cara mengubah titik konektor kalau kamu salah menentukan titiknya.

  1. Klik pada garis alur atau konektor yang ingin dipindahkan titiknya,
  2. Arahkan cursor pada titik yang ingin dipindahkan,
  3. Klik titik tersebut dan tarik mouse ke titik yang baru, lalu lepaskan klik mouse.

4. Menambahkan Teks Pada Simbol Flowchart

Cara membuat flowchart di Word selanjutnya adalah menambahkan teks pada simbol flowchart. Untuk memperjelas simbol atau proses flowchart, kamu bisa menambahkan teks di dalamnya. Terdapat sedikit perbedaan cara antara menambahkan teks pada simbol flowchart di Word 2007 dan di Word 2010 atau 2013. Berikut masing-masing caranya.

Cara Menambahkan Teks Pada Simbol Flowchart Di Word 2007

  1. Klik kanan simbol flowchart yang ingin ditambahkan teks,
  2. Klik Add Text,
  3. Ketik teks yang diinginkan,
  4. Secara otomatis teks akan ditampilkan pada kiri atas simbol. Untuk membuatnya berada di tengah secara horizontal, masuk ke tab Home dan klik ikon Center yang ada di grup Paragraphs. Sementara untuk membuatnya berada di tengah secara vertikal, klik kanan simbol flowchart, pilih menu Format Autoshape,
  5. Lalu masuk ke tab Text Box dan pada bagian pengaturan Vertical Alignment pilih Center. Terakhir klik tombol Ok.

Cara Menambahkan Teks Pada Simbol Flowchart Di Word 2010 Dan 2013

Klik simbol flowchart dan ketik langsung teks yang diinginkan. Teks akan ditampilkan secara otomatis dan berada di tengah baik secara horizontal ataupun vertikal.

Cara menambahkan teks pada simbol flowchart di word

5. Memberi Label Pada Garis Alur Flowchart

Selain dapat menambahkan teks pada simbol flowchart, kamu juga bisa memberikan label pada garis alur atau konektor flowchartnya. Pemberian label pada konektor berfungsi untuk menambahkan keterangan yang kadang kala sangat dibutuhkan. Contoh penggunaan label pada konektor yang paling umum adalah Yes dan No, atau Ya dan Tidak.

Masih sama seperti cara-cara sebelumnya, untuk membuat label pada konektor kamu bisa menggunakan fitur Shapes. Berikut cara selengkapnya.

1. Klik tab Insert.

2. Klik menu Shapes.

3. Klik objek Text Box.

Membuat flowchart di word, memberi label pada konektor

4. Arahkan cursor ke drawing canvas, klik dan geser mouse untuk mulai membuat label.

5. Ketikkan teks atau keterangan yang diinginkan pada label.

6. Kamu bisa mengatur font dan ukuran label di tab Home.

7. Untuk menghilangkan garis label, klik tab Format, lalu klik Shape Outline dan pilih opsi No Outline.

Untuk membuat label lainnya, kamu bisa copy paste label yang sudah dibuat tadi dan tinggal mengganti teksnya saja. Dengan begitu, kamu jadi bisa membuat banyak label sekaligus.

6. Mendesain Flowchart

Untuk membuat flowchart kamu semakin menarik, maka kamu bisa mendesainnya dengan berbagai pilihan dan menu yang tersedia di Microsoft Word. Kamu bisa mendesain atau memberikan style pada semua objek flowchart yang sedang dibuat, mulai dari drawing canvas, simbol bahkan hingga garisnya. Berikut cara mendesain flowchart di Word.

1. Klik objek flowchart yang ingin didesain, misalnya simbol flowchart.

2. Klik tab Format.

3. Pada grup Shape Styles, akan ditampilkan tema atau template objek yang tersedia. Misalnya tema warna biru, garis biru, atau teks biru.

Cara mendesain flowchart di word

4. Lalu pada menu Shape Fill, kamu bisa memberi warna pada objek yang sedang didesain.

5. Sementara pada menu Shape Outline, kamu bisa mengatur warna garis objek yang didesain.

6. Dan pada menu Shape Effect, tersedia berbagai efek yang bisa kamu pilih untuk mendesain objek, misalnya efek Shadow, Relfection, Glow, dan lain sebagainya. Bahkan preset efeknya juga sudah disediakan. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dan menu lainnya yang ada di tab Format untuk mendesain flowchart kamu agar semakin menarik lagi.

Baca juga: Cara membuat grafik di Word

7. Mensejajarkan Posisi Simbol Flowchart

Dan tahap terakhir dalam cara membuat flowchart di word adalah mensejajarkan posisi simbol flowchart. Bisanya kamu mungkin akan kesulitan dalam mengatur posisi tiap-tiap simbol flowchart sehingga posisinya tidak rapih, bengkok-bengkok atau bahkan berantakan. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena kamu bisa mensejajarkan semua posisi simbol flowchart dengan mudah di word.

Ada 2 cara untuk mensejajarkan simbol flowchart di Word. Cara pertama adalah dengan mensejajarkannya secara manual dengan bantuan Gridlines atau kotak-kotak pembantu. Untuk mengaktifkannya ikuti cara berikut ini.

  1. Masuk ke tab View,
  2. Centang pada kotak Gridlines.

Sementara cara yang kedua adalah dengan mensejajarkan simbol flowchart secara otomatis. Berikut selengkapnya.

1. Klik tab Format,
2. Tekan tombol SHIFT dan klik semua simbol flowchart yang ingin disejajarkan,
3. Klik menu Align dan klik opsi pensejajaran yang diinginkan, misalnya Align Center untuk rata tengah.

Cara mensejajarkan flowchart di Word

Nah begitulah cara membuat flowchart di Word untuk pemula. Sekarang kamu tidak akan kesusahan lagi ketika harus membuat flowchart untuk berbagai keperluan.

Tinggalkan komentar