Cara Membuat Halaman Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Dalam pembuatan suatu dokumen dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, seringkali kita membutuhkan beberapa fitur penunjang agar dokumen yang dibuat lebih rapi dan mudah untuk dibaca. Apabila kamu membuat dokumen dengan jumlah halaman yang begitu banyak seperti contohnya pada pembuatan dokumen skripsi, karya ilmiah, atau laporan perusahaan maka sudah seharusnya kamu menambahkan penanda halaman pada dokumenmu agar setiap materi atau sub judul tertentu pada dokumenmu lebih mudah dicari jika dibutuhkan. Microsoft Word tentunya menyediakan fitur untuk membuat halaman pada setiap dokumen yang dibuat. Berikut ini merupakan cara membuat halaman di word dengan mudah yang perlu kamu ketahui:

Cara Membuat Halaman Baru Di Word

Cara membuat halaman di word yang pertama ini akan menjelaskan tentang pembuatan halaman baru, yaitu apabila sebelumnya dokumen penting yang sedang kamu kerjakan belum diberi halaman.

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Word atau dokumen yang telah dibuat untuk ditambahkan halaman.
  2. Pada bagian atas tab ribbon Ms. Word, klik “insert”.
  3. Setelah membuka jendela insert, kamu akan menemukan kolom “header and footer” Klik pada bagian “Page Number”.
    Cara membuat halaman baru di Word
  4. Aturlah letak halaman yang dikehendaki. Terdapat beberapa pilihan seperti Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.
    Membuat halaman di word 2007, 2010, 2013
  5. Untuk menentukan jenis halaman, apakah itu berupa angka, huruf atau bahkan abjad romawi, kamu bisa menemukan pengaturan tersebut pada pilihan format Page Numbers.
    format-page-number
  6. Klik ok apabila telah selesai melakukan pengaturan untuk custom halaman.
  7. Halaman baru pada Microsoft Word telah selesai dibuat.

Penjelasan dan langkah-langkah diatas merupakan cara membuat halaman di word 2007, 2010, 2013. Meskipun memiliki jenis atau seri tahun yang berbeda namun metode dan langkah-langkahnya percis sama dan juga praktis.

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Selain dapat mengetahui cara membuat halaman baru di word, kamu juga perlu tahu apabila kamu ingin membuat halaman yang berbeda pada word. Biasanya fungsi halaman yang berbeda ini, menunjukan bab atau tema/bahasan yang baru pada suatu dokumen.

Berikut ini merupakan langkah atau cara membuat halaman berbeda di word yang tentunya bisa kamu pelajari dengan mudah:

  1. Hampir sama dengan cara membuat halaman di word baru sebelumnya, pertama klik tab ribbon “insert” pada Ms. Word.
  2. Pilihlah “Page Number” pada kolom header and footer
  3. Apabila sebelumnya kamu hanya perlu mengatur posisi halaman dan jenis halaman, kini kamu juga perlu mengatur pada halaman keberapa dokumenmu akan dibuat berbeda dengan cara memilih jendela “Format Page Number”
  4. Setelah kamu menentukan menggunakan jenis penomoran halaman tertentu, lihatlah pada bagian bawah jendela Format Page Number.
  5. Kamu akan menemukan kolom start at, masukkan dan ketik halaman yang akan dibuat dengan nomor berbeda. Kemudian klik ok.
  6. Setelah itu letakkanlah kursor tepat pada halaman yang akan dibedakan.
  7. Pilih ribbon tab “page layout” pada Ms. Word. Kemudian selanjutnya klik “page break”.
    Cara membuat halaman berbeda di Word
  8. Setelah jendela “page break” terbuka klik kemudian “next page”.
  9. Lakukan double klik pada halaman yang akan dibuat berbeda atau diganti, lalu ulangi kembali langkah penentuan halaman mulai dari page numberformat page number.
    format-page-number-2
  10. Kini halaman berbeda telah berhasil dibuat.

Itulah cara membuat halaman di Microsoft Word yang mudah serta praktis sehingga dapat kamu aplikasikan dalam menunjang pembuatan dokumenmu. Selain dari pada langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas, ternyata halaman pada Ms. Word juga bisa bermanfaat untuk penyusunan daftar isi dan memudahkan dalam setiap pencarian kata kunci dari dokumen yang telah dibuat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar