Cara Membuat Pecahan Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, fitur Microsoft Word adalah suatu aplikasi dari Ms. Office yang sangat sering digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen. Dokumen yang dapat dibuat dengan menggunakan Ms. Word ini sangat amat beragam, mulai dari dokumen yang berisi laporan berupa tulisan, gambar hingga laporan yang berbasis data dan angka, bahkan kamu juga bisa menemukan cara membuat pecahan di Word.

Pada situasi tertentu, ada kalanya kamu dituntut untuk membuat suatu laporan dengan data yang disajikan berupa angka atau pecahan tertentu. Apabila mungkin sebelumnya kamu tidak terbiasa dengan membuat data berupa angka pecahan atau simbol per, tentunya hal ini akan membuatmu menjadi kebingungan.

Cara Membuat Bilangan Pecahan di Word

Untuk membuat pecahan di Microsoft Word ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti menggunakan menu equation, shortcut, dan lainnya. Namun jangan khawatir, karena kali ini kamu bisa mengetahui cara membuat pecahan di word dengan praktis dan mudah dengan langkah-langkah di bawah ini.

1. Menggunakan Menu Equation

Cara pertama dengan menggunakan menu equation ini adalah metode manual untuk membuat suatu pecahan. Selain digunakan untuk membuat pecahan, menu equation ini juga bisa digunakan untuk membuat rumus matematika lainnya seperti integral, bilangan berpangkat, akar bahkan simbol seperti log, cos, tan dan lainnya.

  1. Untuk cara membuat per di word dengan menggunakan equation, pertama-tama pilih tab ribbon “insert” pada bagian atas aplikasi Microsoft Word.
  2. Arahkan kursor pada ujung sebelah kanan dan klik menu equation yang tersedia.
    cara membuat per di word
  3. Kemudian akan muncul menu “design equation”, pilihlah menu “fraction”.
    cara membuat bilangan pecahan di word 2016
  4. Pada menu tersebut, kamu bisa menentukan tipe atau pecahan yang bagaimana yang akan dibuat. Setelah itu kamu hanya perlu mengisi kolom fraksi dengan angka atau bilangan yang diperlukan.
    Membuat pecahan di word 2010
  5. Bilangan pecahan telah berhasil dibuat seperti contoh di atas.

Dengan menggunakan menu equation ini, kamu juga bisa mengaplikasikannya untuk cara membuat pecahan di word 2010 dan versi word lainnya. Cara manual yang pertama ini sangat praktis dan tidak memakan waktu yang lama.

Baca juga: Cara menghapus nomor halaman di word

2. Menggunakan Shortcut

Sebenarnya, cara yang kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama akan tetapi kita akan mengandalkan rumus shortcut supaya prosesnya lebih cepat dari cara yang pertama. Langkah-langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:

  • Masukkanlah rumus shorcut cepat ALT + = secara bersamaan pada komputermu (setelah membuka jendela Ms. Word).
  • Secara spontan, akan muncul fitur atau tampilan pintasan langsung ke menu “design equation”.
    Membuat bilangan pecahan di word 2016
  • Setelah muncul tampilan tersebut kamu hanya perlu menentukan fraksi pecahan mana yang akan dibuat. Lalu masukkanlah bilangan pecahan yang diinginkan atau rumus yang akan dibuat.
    Membuat bilangan pecahan di Word
  • Bilangan pecahan atau rumus matematika tertentu telah berhasil dibuat.

3. Menggunakan Langkah Pintasan Instan

Berikutnya adalah cara yang sangat lebih praktis lagi dibanding dua cara sebelumnya. Cara ini dapat dikatakan cara pintasan karena kamu hanya perlu mengetik rumus pada keyboard disertai dengan kombinasi Numlock atau nomor dan angka tertentu. Namun cara membuat pecahan di word ini hanya bisa kamu aplikasikan untuk beberapa pecahan yang sangat sering muncul dan dipakai yaitu pecahan ½, ¾ dan ¼.

Tombol yang juga sangat berperan penting dalam membuat pintasan ini adalah tombol ALT key. Cara singkat ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis word termasuk juga untuk cara membuat bilangan pecahan di word 2016.

  • Rumus untuk pecahan ½ : ALT Key + NumLock  0189
  • Rumus untuk pecahan ¼ : ALT Key + NumLock 0188
  • Rumus untuk pecahan ¾ : ALT Key + NumLock 0190

Sangat mudah dan praktis bukan?

Baca juga: Cara membuat pangkat di word

4. Copy Paste Dari Dokumen Yang Telah Tersedia

Cara terakhir dan tentunya cara yang paling efektif adalah copy paste dari dokumen dengan rumus yang telah memiliki bilangan pecahan sebelumnya. Tentunya cara ini bisa kamu gunakan apabila bilangan pecahan yang akan kamu tulis sangat banyak, atas terdapat gabungan rumus pecahan dengan beberapa variasi equation lainnya, seperti bentuk akar, pangkat bahkan integral. Sehingga langkah tercepat dan yang paling mungkin dilakukan adalah mengkopi dari file yang sudah ada.

Itulah beberapa cara membuat bilangan pecahan atau per di word yang mudah, praktis dan singkat yang bisa kapanpun kamu coba dan aplikasikan. Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir apabila dihadapkan dengan kondisi untuk membuat rumus atau bilangan dalam bentuk pecahan. Terima kasih telah membaca Sudutpc.

Tinggalkan komentar