Cara Membuat Restore Point Windows

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membuat restore point Windows – Pernahkah kamu mendengar tentang system restore point (titik pemulihan) pada Windows? Bagi kamu yang selalu khawatir ketika sewaktu-waktu kondisi PC/Laptopmu error dan rusak, system restore point inilah solusinya. Microsoft sendiri telah memberikan fasilitas restore point yang dapat dengan mudah kamu akses pada PC atau komputer berbasis Windows yang digunakan. Dengan sistem restore point, kamu bisa mengakses kembali Windows yang telah dicadangkan apabila sedang error atau mengalami gangguan tanpa perlu melakukan instalasi ulang pada PC. Semua fitur Windows mulai dari Windows 7, 8, bahkan 10 memiliki akses ke system restore point. Namun untuk dapat menggunakannya, terlebih dahulu kamu perlu mengaktifkannya (turn on). Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat restore point windows 7, 8, dan 10 yang mudah untuk dilakukan.

Cara Membuat Restore Point Windows 7

Bagi kamu para pengguna Microsoft Windows 7, ada beberapa langkah serta tahapan untuk cara membuat restore point di windows 7 ini, yaitu sebagai berikut:

1. Bukalah/klik Windows Explorer pada komputer/PC. Kemudian klik kanan pada bagian yang memperlihatkan icon Computer. Setelah itu pilih Properties. Inilah langkah awal yang dilakukan supaya kamu bisa mengakses system restore.

Klik properties

2. Setelah mengklik properties, kamu akan masuk pada akses Control Panel > System and Security > System, kemudian lihat bagian sebelah kiri pada panel dan klik System Protection.

Klik system protection

3. Selanjutnya, kamu perlu memastikan apakah restore point pada PC/komputer telah diaktivasi atau belum. Apabila tertera tulisan “on” pada daftar drive yang tertera berarti sudah aktif, apabila masih “off”, berarti kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7

Apabila ternyata kondisi system protection pada drive yang tersedia belum aktif, kamu bisa mengaktivasinya dengan cara mengklik bagian Configure > Turn on/restore system settings and previous versions of files > klik Ok pada tampilan di bawah ini:

Membuat system restore baru

4. Setelah mengaktifkan system protection pada drive (Local Disk C), sekarang saatnya untuk membuat titik pemulihan atau restore point yang baru pada drive. Arahkan kursor dan klik pada Drive C, kemudian klik tombol Create yang ada pada tampilan system protection.

Klik tombol create

5. Langkah berikutnya setelah menekan tombol Create, tuliskanlah deskripsi untuk membuat restore point yang mudah diakses apabila suatu saat akan dilakukan pemulihan. Contoh cara membuat restore point Windows ada pada tampilan di bawah ini:

Buat nama system restore

Klik tombol create dan tunggulah beberapa saat. Apabila telah muncul pemberitahuan “The restore point was created successfully”, menandakan bahwa titik pemulihan atau restore point sudah sukses dibuat pada PC/Komputer.

6. Lakukanlah pengecekkan terhadap titik pemulihan yang telah dibuat dengan cara mengklik tombol system restore yang tersedia pada tampilan berikut ini:

System restore yang sudah dibuat

Baca juga: Cara mengatasi blue screen Windows 10

Cara Membuat Restore Point Windows 8

Selanjutnya, untuk kamu pengguna Microsoft Windows 8 berikut ini adalah tutorial membuat system restore point Windows 8 yang mudah untuk diaplikasikan:

1. Sama halnya pada Windows 7, bukalah jendela Control panel > System and Security. Kemudian klik pada bagian System.

Klik system

2. Setelah membuka jendela system, klik pada bagian kiri system protection untuk melakukan konfigurasi berikutnya dan mengaktivasi titik pemulihan atau restore point.

Cara membuat system restore point Windows 8

3. Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah sistem pemulihan pada Windows 8 telah aktif atau masih perlu diaktivasi.

Partisi yang sudah diproteksi di Windows 8

Apabila telah aktif, kamu hanya perlu melakukan langkah selanjutnya untuk membuat restore point atau titik pemulihan. Namun, jika masih belum aktif (off), maka kamu perlu mengklik tombol Configure kemudian klik Turn on system protection > Ok. Dengan demikian maka sistem konfigurasi telah berhasil diaktifkan.

Klik tombol configure dan klik opsi turn on protection

Dalam hal ini gunakanlah data dengan kapasitas yang memadai atau secukupnya untuk penyetelan max usage.

4. Kemudian, langkah selanjutnya dan yang paling pokok adalah membuat titik pemulihan atau restore point pada Windows 8 dengan cara mengklik pada bagian Create/Buat, seperti pada tampilan dibawah ini:

Membuat system restore baru di Windows 8

Isilah kolom deskripsi/judul yang akan dijadikan titik pemulihan agar dapat diakses ketika PC/komputer dalam kondisi tidak baik dan error. Tunggulah beberapa saat hingga restore point telah berhasil dibuat, hal ini ditandai dengan munculnya pemberitahuan “The restore point was created successfully”.

5. Setelah titik pemulihan atau restore point berhasil dibuat, kamu bisa melakukan pengecekkan dengan cara mengklik tombol System restore > Next. Kemudian, titik pemulihan yang telah dibuat secara manual akan tertera pada jendela restore point.

Klik system restore dan klik tombol next

6. Sistem restore point atau titik pemulihan telah berhasil dibuat pada Windows 8 dan dapat diakses ketika sistem mengalami beberapa kondisi seperti error, BSOD, kesalahan pada proses penginstalan dan beberapa gangguan lainnya.

Cara Membuat Restore Point Windows 10

Pada prinsipnya, cara membuat restore point Windows 10 sama seperti pembuatan titik pemulihan pada Windows 7 dan 8. Hanya saja pada windows 10 restore point juga terdapat sebagai default atau otomatis telah disetel pada OS tertentu. Jika belum disetel (belum otomatis), maka kamu bisa membuatnya secara manual berdasarkan urutan membuat restore point Windows 7 dan 8. Cukup mudah bukan?

Selain dengan membuka jendela pada control panel, kamu juga sebenarnya bisa langsung mengakses jendela create restore point dengan cara melakukan pintasan pada kolom search di PC/komputermu. Hal ini akan mempersingkat proses yang kamu lakukan untuk membuat restore point pada Windows.

Cara membuat system restore point Windows 10

Lakukanlah langkah pembuatan restore point yang sama setelah mengklik tampilan seperti di atas. Kamu juga bisa mengecek ulang apakah sistem restore point atau titik pemulihan telah berhasil dibuat seperti pada proses yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Cara cek Windows 10 asli

Manfaat System Restore Point Di Windows

  • Meskipun tidak bertindak sama seperti antivirus, namun dengan membuat restore point kamu dapat mengakses kembali titik pemulihan apabila kamu telah melakukan banyak perubahan pada laptop atau PC. Terutama apabila kamu sering mengunduh pada beberapa situs bajakan yang sangat rentan untuk mengundang virus. Namun dalam hal ini, penggunaan antivirus juga sangat disarankan agar kondisi PC/laptop lebih aman.
  • Dapat menjadi solusi apabila tiba-tiba terjadi error saat update atau timbulnya blackscreen. Dengan mengakses restore point, kamu tidak perlu khawatir dengan resiko kehilangan sistem data dan aplikasi penting pada PC/komputer.
  • Dapat dengan mudah dibuat untuk semua jenis Windows dengan langkah dan waktu yang singkat. Restore point akan sangat berguna apabila sewaktu-waktu kamu perlu mengakses file-file penting yang menopang sistem windows yang kamu gunakan ketika dalam kondisi darurat atau error.

Itulah langkah-langkah praktis dalam membuat system restore point Windows 7, 8, dan 10. Tutorial ini bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun bagi para pengguna laptop/komputer. Dengan waktu yang singkat dan mudah kamu bisa menyetel sistem keamanan untuk laptop/komputer yang sering digunakan. Tidak perlu keahlian khusus untuk melakukannya karena siapapun bisa membuatnya dengan praktis. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar