Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Bismillahirrahmanirrahim, Bluetooth adalah sebuah teknologi yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk membuat jaringan pribadi antarperangkat secara berdekatan. Perangkat-perangkat teknologi modern seperti komputer, PC, laptop dan ponsel pintar biasanya sudah dilengkapi bluetooth.

Hingga saat ini, versi terbaru bluetooth adalah bluetooth 5.0 atau generasi ke lima. Namun versi bluetooth yang paling banyak digunakan masih bluetooth 4.0. Fungsi utama bluetooth sendiri adalah untuk melakukan transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Biasanya bluetooth digunakan untuk memindahkan data baik dari laptop ke smartphone, maupun sebaliknya. Cukup hanya dengan mengaktifkan bluetooth di kedua perangkat kemudian menghubungkannya, maka file bisa langsung dikirim. Karena kepraktisannya, bluetooth menjadi opsi yang lebih sering dipilih dibandingkan transfer file dengan kabel USB.

Namun, masih ada sebagian pengguna yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop mereka. Padahal mungkin mereka ingin menggunakan bluetooth untuk keperluan transfer file atau koneksi dengan perangkat lain. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum tahu, simak cara mengaktifkan bluetooth di laptop berikut ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Biasanya laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 adalah laptop-laptop generasi lama atau terdahulu. Sebagian besar laptop zaman dulu masih belum mendukung bluetooth sehingga di dalamnya tidak terdapat bluetooth. Artinya, kamu tidak bisa mengaktifkan bluetooth di laptop yang tidak ada perangkat bluetoothnya.

Baca juga: Cara menampilkan layar hp ke laptop

Akan tetapi, tenang saja. Karena masih ada cara untuk melakukannya, yaitu dengan menggunakan Dongle USB Bluetooth. Dongle USB Bluetooth adalah sebuah alat pengirim dan penerima sinyal bluetooth. Bentuknya mirip seperti flashdisk USB, hanya saja bentuknya lebih kecil.

Dongle USB Bluetooth biasanya digunakan pada laptop-laptop yang tidak mempunyai fitur bluetooth bawaan. Penggunaannya juga praktis dan simpel, tinggal dicolokkan ke port USB laptop, kemudian dongle USB akan memindai dan menginstall drivernya sendiri secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu ribet-ribet install, setting-setting atau mencari dan download drivernya.

Hanya saja, karena bukan perangkat bawaan laptop, maka kamu harus mengeluarkan uang dan membelinya secara terpisah.

Kalau kamu sudah membeli dan mempunyainya, maka berikut 8 cara mengaktifkan dongle USB bluetooth di laptop Windows 7.

  1. Tancapkan dongle USB bluetooth ke port USB yang kosong dan tidak digunakan.
  2. Maka secara otomatis dongle USB bluetooth akan menginstall dirinya sendiri. Kalau tidak, silahkan install driver yang disertakan dalam pembelian (jika ada) atau mencarinya sendiri di internet. Setelah selesai, laptop kamu akan memancarkan sinyal bluetooth secara otomatis.
  3. Sampai sini kamu sudah mengaktifkan bluetooth di laptop menggunakan USB dongle dan bisa langsung memasangkan dan menghubungkannya dengan bluetooth dari perangkat lain. Misalnya, kamu ingin memasangkan keyboard bluetooth. Pertama-tama, nyalakan bluetooth pada keyboard tersebut.
  4. Kemudian klik menu Start, Klik menu Settings atau Pengaturan. Lalu klik pada Devices.
  5. Selanjutnya tambahkan perangkat bluetooth dengan menekan tombol Add bluetooth or other devices.
  6. Pada jendela Add device yang muncul, pilih Bluetooth.
  7. Akan muncul daftar perangkat bluetooth terdekat yang aktif, pilih perangkat bluetooth keyboard tadi.
  8. Klik tombol Pair. Selesai, kamu telah menghubungkan keyboard bluetooth dengan laptop menggunakan dongle USB bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 8

Untuk laptop Windows 8, ada beberapa cara mengaktifkan koneksi bluetoothnya. Pertama, mulai dari melalui menu Settings atau Pengaturan, kemudian melalui Device Manager dan yang terakhir menggunakan tombol bluetooth yang ada di keyboard laptop.

Untuk lebih jelasnya, berikut kumpulan cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 8.

1. Melalui Menu Settings

1. Arahkan kursor mouse ke pojok kanan bawah layar di desktop, lalu beberapa menu akan tampil.

2. Klik tombol Change PC Settings.

Klik change pc settings

3. Selanjutnya jendela PC Settings akan terbuka. Kemudian masuk ke menu Wireless.

4. Aktifkan Bluetooth dengan menggeser ke kanan opsi yang ada di bawahnya agar menjadi On.

Cara mengaktifkan bluetooth di windows 8

5. Selesai.

Sekarang fitur bluetooth laptopmu telah siap digunakan baik untuk mengirim maupun menerima file.

2. Melalui Device Manager

1. Pertama, kamu perlu membuka dan mengakses menu Device Manager terlebih dahulu. Ada beberapa caranya, yang paling simpel adalah dengan mencari Device Manager di kotak pencarian kemudian tekan tombol Enter.

2. Setelah menu Device Manager terbuka, semua perangkat yang terpasang di laptop akan ditampilkan, begitu juga perangkat bluetooth.

Perangkat bluetooth yang terinstall di laptop

3. Klik pada piranti Bluetooth yang ada di daftar.

4. Piranti keras bluetooth yang terpasang akan muncul, klik kanan bluetooth tersebut dan beberapa opsi akan muncul.

5. Klik Enable untuk mengaktifkan bluetooth.

Klik enable

Dari sini kamu juga bisa mengetahui tipe bluetooth apa yang ada dan terinstall di laptop kamu.

3. Menggunakan Tombol Keyboard

  1. Cari tombol keyboard yang mempunyai simbol bluetooth.
  2. Tekan tombol fn + tombol bluetooth tersebut.
  3. Bluetooth aktif secara otomatis

Dan itulah cara terakhir mengaktifkan bluetooth di Windows 8. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada laptop yang mempunyai tombol bluetooth di keyboardnya. Dalam artian, laptop yang memiliki fasilitas bluetooth built-in atau bawaan. Letaknya juga berbeda-beda tergantung tipe laptopnya, namun kebanyakan ada di tombol f11 atau f12.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Pada Windows 10, ada 2 cara untuk mengaktifkan bluetooth. Cara yang pertama adalah melalui quick actions yang ada di notification panel. Dan cara yang kedua melalui Settings. Berikut selengkapnya.

1. Melalui Quick Actions

  1. Pada taskbar Windows 10, klik ikon notification panel yang ada di pojok kanan bawah.
  2. Kemudian notification panel akan muncul dan di bagian bawahnya ada Quick Settings. Atau kumpulan fitur/pengaturan yang bisa diaktifkan secara cepat.
  3. Klik pada ikon Bluetooth untuk mengaktifkan bluetooth.

2. Melalui Settings

  1. Buka Settings. Kamu bisa mencarinya di daftar aplikasi atau melalui kotak pencarian.
  2. Setelah jendela Settings terbuka, masuk ke menu Devices.
  3. Pengaturan perangkat akan ditampilkan. Aktifkan opsi Bluetooth dengan menggeser pilihannya ke arah kanan atau menjadi On.
  4. Bluetooth sudah aktif dan siap digunakan.

Begitulah berbagai macam cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Kelebihan bluetooth dibandingkan kabel USB antara lain dari segi keamanan. Karena, dengan transfer file lewat bluetooth, kamu hanya perlu menghubungkan kedua perangkat pada jaringan yang sama.

Baca juga: Cara mengunci folder laptop

Sementara jika menggunakan kabel USB, maka kamu harus menancapkan kabel pada kedua perangkat. Hal tersebut kurang aman karena bisa saja kabel tersebut mengandung virus. Atau jika kabel yang digunakan tidak cukup berkualitas maka bisa mengancam kesehatan perangkatnya.

Selain itu, bluetooth juga sangat praktis. Kamu tidak perlu menancapkan dan mencabut alat tambahan pada port laptop seperti saat menggunakan kabel USB.

Sekarang, setelah mengetahui cara mengaktifkan bluetooth di laptop, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini dan menikmati layanannya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Sumber gambar: Arenalaptop.com

Tinggalkan komentar