Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala

Diposting pada

Anda mungkin merasa jengkel dan kesulitan untuk mengetahui sumber permasalahan saat Komputer tidak Mau Menyala. Dengan Pemecahan Masalah, Anda dapat mengetahui sumber masalah agar dapat mulai bermain komputer kembali.

Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengetahui sumber permasalahan saat PC desktop tidak dapat menyala. PC Modern adalah mesin yang kompleks, sehingga mungkin tidak dapat menunjukkan sumber masalah dengan jelas.

Dengan banyaknya kemungkinan konfigurasi perangkat keras, mesin tidak dapat mendiagnosis semua masalah. Maka, kami menyediakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi masalah dan memperbaikinya. Jika Anda sedang merakit PC tetapi tidak pernah berhasil menyala atau mencoba memperbaiki masalah baru yang sebelumnya berfungsi dengan benar, maka solusi diagnostik seharusnya dapat membantu.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala

Ada beberapa kemungkinan atau kondisi yang menjadi penyebab komputer di rumah anda tidak mau hidup atau tidak mau menyala. Maka, yang perlu anda lakukan adalah memeriksa setiap penyebab, kemudian selanjutnya baru anda dapat mengatasi masalah tersebut.

  1. Penyebab pertama yang harus anda periksa jika komputer di rumah tidak mau hidup adalah terkait dengan aliran listrik. Pastikan anda sudah menghubungkan kabel power komputer dengan sumber listrik di tempat anda. Karena jika kabel power belum ditancapkan ke terminal listrik, berapa kalipun anda mencoba menyalakannya tentu komputer atau PC Desktop tersebut tidak akan mau menyala. Jadi, pastikan terlebih dahulu kabel power sudah anda hubungkan ke terminal listrik dengan baik.
  2. Penyebab kedua yang tidak boleh anda lewatkan adalah bahwa listrik yang anda gunakan dalam kondisi hidup atau tidak padam. Hal yang penting tapi seringkali diabaikan selain poin yang pertama diatas adalah memastikan bahwa tidak sedang terjadi listrik padam. Meskipun pada poin pertama dan kedua terlihat sepele tapi seringkali dihiraukan dan tidak disadari, sehingga terburu-buru membawa komputer yang tidak mau hidup tersebut ke tempat servis. Padahal masalahnya hanya pada kabel power atau sedang terjadi pemadaman listrik.
  3. penyebab ketiga power suplay mati. langah pertama untuk mengecek power suplay yang mati ialah dengan menyambung kabel hijau dan hitam. kalian bisa buka casing cpu kalian terus coba lepas soket kabel dari power suplay. cari kabel atau timah dll yang bisa mengalir listrik untuk menyambung kabel hijau dan hitam. jika power suplay kipasnya nyala berarti power suplay kemungkinan masig bisa dipakai.jika tidak menyala kalian ganti power suplay tersebut.Tips cara check PowerSupply komputer PC
  4. jika power suplay menyala, Pastikan anda sudah menancapkan kabel daya dari power supply ke dalam slot daya di motherboard. kalian bisa mencoba melepas soket “power SW” kemungkinan tombol power di casing cpu kalian eror atau sudah tidak bisa untuk menghidupkan. kaloan coba jumper pake obeng atau besi jika menyala berarti tombol power kalian ada yang putus kabelnya atau saklarnya rusak.Cara Memasang Kabel Front Panel PC ke Motherboard Yang Benar | JikinTech
  5. Penyebab lain yang harus anda periksa adalah processor dan maiboard. kalian coba lepaskan komponen2 yang terpasang di mainboard dan nyalakan jika menyala kalian pasang satu-satu komponen tersebut jika ada yang saat dipasang tidak mau nyala kemungkinan komponen itu rusak. tapi memasangnya harus dalam keadaan mati. jika kalian ada pengganti komponen coba ganti2 komponennya jika tetap tidak mau nyala berarti mainboard kalian rusak. kaloan bisa ganti mainboard kalian tapi saat membeli kalian bawa procesoor dan ram kalian agar bisa di tes di toko.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.