Cara Mengatasi Laptop Hang

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mengatasi laptop hang – Di era modern seperti sekarang ini, laptop telah menjadi kebutuhan utama. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. Sebab, adanya laptop sangat memudahkan penggunanya. Berbagai aplikasi yang mendukung produktifitas pun dapat diinstal dengan mudah.

Masalahnya, seringkali laptop menjadi hang karena sering digunakan atau karena penyebab lainnya. jika sudah begini, pekerjaan menjadi terhambat. Anda pun harus mengetahui cara mengatasi laptop hang.

Sebelum Anda mengatasi laptop yang hang, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkannya begitu. Selain untuk memudahkan penyelesaian masalah, mengetahui penyebab laptop hang akan mencegah laptop hang kembali.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Ada banyak penyebab laptop hang, contohnya:

1. Kapasitas Memori Yang Kecil

Setiap laptop memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda. Semakin besar kapasitas memorinya, semakin mahal pula harganya. Mengetahui kapasitas memori ditujukan agar Anda tidak menginstal aplikasi secara sembarangan. Anda harus memperhatikan kapasitas memori laptop anda agar tidak terjadi hang.

2. Upgrade RAM

Semakin kecil kapasitas RAM semakin berat kinerja laptop termasuk terjadinya hang. Maka dari itu, Anda disarankan untuk upgrade RAM agar kinerja laptop menjadi lancar kembali.

3. Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Sebaiknya, Anda tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Karena ini akan mempengaruhi kinerja laptop Anda. Jika Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan, sedangkan kapasitas memori tidak memadai, laptop akan menjadi hang.

4. Penumpukan Temporary File

File sementara atau temporary file yang terlalu banyak memakan memori yang banyak pula. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan temporary file secara berkala menggunakan Disk CleanUp.

5. Hardisk Bermasalah

Masalah berikutnya ada pada hardisk laptop. Hardisk memiliki jangka waktu tersendiri. Jika masanya sudah tiba, hardisk harus diganti karena rpmnya menurun yang menyebabkan laptop hang atau lemot. Untuk permasalahan ini, Anda dapat menghubungi teknisi yang dapat memperbaikinya.

Baca juga: Cara partisi hardisk di Windows 10

6. Terjangkit Virus, Malware, Atau Spyware

Virus, malware, dan spyware juga dapat menyebabkan laptop Anda menjadi hang. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkannya menggunakan antivirus.

7. Install Ulang

Melakukan install ulang menjadi jalan yang paling banyak dipilih. Selain mudah, laptop yang telah diinstall ulang akan kembali ke posisi normal dan masalah hang pada laptop dapat diselesaikan setelah laptop telah di install ulang. Namun, jangan lupa untuk membackup data-data penting Anda agar tidak hilang saat proses install ulang dilakukan. Sudut PC telah membahas cara install ulang di Windows 7 dan cara install ulang di Windows 10 untuk Anda yang masih bingung cara menginstall ulang.

8. Memperbarui Driver

Anda juga dapat memperbarui driver dengan cara membuka Device Manager pada Control Panel. Silahkan update driver yang Anda inginkan. Anda juga dapat mencopotnya kemudian menginstallnya kembali menggunakan CD Driver.

9. Restore Windows

Restore Windows artinya mengembalikan Windows ke keadaan semula. Solusi ini dijalankan untuk mengatasi adanya tumpang tindih driver atau adanya program yang corrupt.

10. Uninstall Program

Laptop hang biasanya terjadi karena banyaknya program yang terinstall di laptop. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup uninstall program yang tidak terlalu penting. Dan gunakan program-program yang penting saja.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Bukan tidak mungkin laptop tiba-tiba hang saat akan masuk ke Windows. Berikut masalah dan cara mengatasinya:

  1. Kipas dan RAM kotor. Jika masalahnya ada pada RAM dan kipas yang kotor, bersihkan menggunakan kuas atau vacuum cleaner. Jika da belum pernah melakukannya dan takut untuk mencoba, sebaiknya Anda serahkan pada ahlinya.
  2. Motherboard yang bermasalah. Masalah lebih lanjut ada pada motherboard yang bermasalah. Jika ini akar permasalahannya, sebaiknya Anda mempercayakan kepada teknisi untuk memperbaikinya.
  3. Program windows yang bermasalah karena virus atau missing file system. Scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan antivirus.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Booting

Pernahkah Anda mengalami laptop hang saat booting? Jika ya Anda harus membaca bagaimana cara mengatasinya berikut ini.

  1. Pertama, silakan Anda restart laptop kemudian masuk ke mode BIOS. Mode BIOS ini bisa berbeda-beda antar laptop. Jadi pastikan Anda mengetahui cara masuk ke mode BIOS dari laptop Anda.
  2. Kedua, saat Anda melihat tampilan BIOS, silakan pilih Advanced BIOS Features kemudian cari BIOS cache. Jika sudah ketemu, silahkan non aktifkan atau disable.
  3. Ketiga, simpan perubahan yang sudah Anda lakukan dengan menekan F10, kemudian enter.
  4. Selesai.

Baca juga: Cara mengaktifkan bluetooth di laptop

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan

Saat sedang asyik-asyiknya berselancar di dunia maya, tiba-tiba laptop Anda hang, pernahkah? Saya rasa banyak sekali di antara kita yang mengalami hal ini. Setidaknya, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  1. Pertama, mengganti web browser Anda. Cara termudah dan paling ampuh untuk mengatasi laptop hang saat internetan adalah mengganti web browsernya. Karena browser yang banyak bug dan banyak memory yang overflow menyebabkan laptop hang.
  2. Kedua, menambah kapasitas RAM. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kapasitas RAM yang rendah mempengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM yang ideal untuk menjalankan banyak program adalah 4 GB.
  3. Ketiga, uninstall add-ons atau plug-in yang tidak diperlukan. Terlalu banyak add-ons dan plug-in yang terinstall di browser, menyebabkan kinerja browser menjadi berat. Efeknya, laptop Anda bisa hang.
  4. Keempat, kurangi multitasking. Jika Anda ingin berinternetan dengan lancar tanpa hambatan, sebaiknya Anda mengurangi aplikasi di belakang layar terlebih dahulu. Karena terlalu banyak program yang dijalankan secara bersamaan akan membuat kinerja browser menjad lamban. Bukan tidak mungkin pula laptop menjadi hang seketika.

Nah, itu dia 10 penyebab dan cara mengatasi laptop hang yang terbukti ampuh. Selamat mencoba di rumah!

Tinggalkan komentar