Cara Menghapus Nomor Halaman Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Sebagai software pengolah kata yang banyak digunakan pengguna komputer, sudah sepatutnya Microsoft Word memiliki fitur page number atau nomor halaman. Fitur ini bisa dengan mudah digunakan. Nmaun, banyak yang tidak tahu bagaimana cara menghapus nomor halaman di Word jika terlanjur menambahkannya.

Fitur nomor halaman di Word ini berfungsi untuk menambahkan nomor halaman di setiap halaman dokumen yang sedang dibuka. Microsoft Word menyediakan berbagai macam format penomoran mulai dari yang menggunakan angka 1, 2, 3, angka romawi i, ii, iii hingga yang menggunakan huruf seperti a, b, c.

Begitu pula dengan format nomor yang bervariasi, posisi nomor halaman juga tersedia dalam banyak pilihan lokasi, yaitu bawah kiri, tengah, kanan dan atas kiri, tengah, dan kanan. Dengan banyaknya pilihan format dan posisi nomor halaman, tentu pengguna sangat dimudahkan untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Namun, kadang ada saatnya dimana kamu membuat nomor halaman di halaman yang salah dan ingin menghapusnya. Tapi, kamu tidak tahu caranya. Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menghapus nomor halaman di Word 2007, 2010, 2013, 2016.

Cara Menghapus Semua Nomor Halaman Di Word

Secara default, nomor halaman di Word akan dibuat secara berurutan pada semua halaman dari yang paling awal sampai yang terakhir. Format dan posisi penomorannya juga sama untuk semua halaman.

Jadi, kalau kamu membuat nomor halaman pada salah satu halaman di dokumen, maka semua halaman lainnya pada dokumen yang sama akan memiliki format dan posisi nomor halaman yang sama. Bagi kamu yang belum tahu, berikut di bawah ini langkah-langkah cara menghapus nomor halaman di Word.

  1. Buka dokumen Word yang ingin dihapus semua nomor halamannya.
  2. Masuk ke menu tab Insert.
  3. Klik fitur Page Number.
  4. Pada pilihan yang muncul, pilih opsi Remove Page Numbers.
    cara menghapus nomor halaman di word
  5. Semua nomor halaman yang ada pada dokumen tersebut akan hilang secara otomatis.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Memang semudah dan sesimpel itulah menghapus semua nomor halaman di Microsoft Word.

Baca juga: Cara menghapus halaman di Word

Cara Menghapus Nomor Halaman Tertentu Di Word

Cara di atas berguna untuk menghilangkan semua nomor halaman di dokumen Word. Tapi, bagaimana kalau kamu hanya ingin menghapus nomor halaman tertentu saja? Apakah bisa? Tentu saja bisa, kok. Untuk melakukannya kamu hanya perlu melakukan page break pada halaman yang nomor halamannya ingin dihapus. Lalu setelah itu hilangkan opsi link to previous agar halaman tersebut tidak menggunakan nomor halaman seperti halaman sebelumnya. Terakhir, kamu tinggal menghapus nomor halamannya di halaman tersebut.

Biar lebih jelas, mari dipraktikkan saja. Sebagai contoh, kamu punya dokumen Word yang berisi 5 halaman lengkap dengan nomor halaman di bagian bawah kirinya. Lalu kamu ingin menghapus nomor halaman di halaman 3 saja. Jadi, halaman yang memiliki nomor halaman adalah halaman 1, 2, 4, dan 5 saja. Sementara halaman 3 tidak mempunyai nomor halaman.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah menghapus nomor halaman tertentu di Microsoft Word berikut ini.

  1. Klik halaman 3 yang ingin dihilangkan nomor halamannya. Tempatkan kursor di awal halaman atau di sebelah kiri awal tulisan.
  2. Selanjutnya masuk ke menu tab Layout > Breaks > Continuous. Biasanya tulisan akan bergeser ke bawah sebanyak satu spasi, biarkan saja, kamu bisa merapikannya lagi nanti.
    klik breaks dan continuous
  3. Kemudian klik dua kali footer halaman 3 untuk masuk ke mode edit footernya.
  4. Kalau sudah masuk ke mode footer, maka secara otomatis kamu berada di menu tab Sekarangkan hilangkan seleksi pada fitur Link to previous.
    hilangkan opsi link to previous
  5. Berikutnya hapus nomor halaman dengan cara masuk ke menu tab Insert, klik fitur Page Number dan pilih Remove Page Numbers. Maka nomor halaman pada halaman 2, 3, 4, dan 5 akan hilang. Pastikan kamu menggunakan cara ini untuk menghapus nomor halamannya, jangan gunakan tombol keyboard backspace aau delete.
  6. Setelah berhasil menghapus nomor halaman, sekarang keluar dari mode header dan footer dengan cara klik tombol Close Header & Footer atau klik dua kali di area halaman dokumen.

Pada tahap ini, maka hanya halaman 1 saja yang masih mempunyai nomor halaman. Sementara yang lainnya tidak memiliki nomor halaman. Mari lanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Sekarang pilih halaman 4. Untuk memunculkan kembali nomor halaman di halaman 4, tempatkan kursor di awal halaman seperti pada langkah nomor 1 di tahap sebelumnya.
  2. Masuk ke menu tab Layout > Breaks > Continuous.
    klik breaks dan continuous
  3. Klik dua kali footer untuk masuk ke mode edit header footer.
  4. Hilangkan opsi Link to previous.
    hilangkan opsi link to previous
  5. Masih di dalam mode edit header footer, sekarang masukkan nomor halaman untuk halaman 4 dengan cara masuk ke menu tab Insert > Page Number > Bottom of Page.
    cara hapus nomor halaman di word
  6. Secara otomatis nomor halaman akan kembali muncul di halaman 4, dan 5 dengan nomor yang muncul adalah angka 4, dan 5.

Baca juga: Cara membuat flowchart

Sampai sini sebenarnya sudah selesai. Tapi kalau kamu mau mengurutkan atau mengatur kembali nomor halaman yang muncul, ikuti tahap terakhir di bawah ini.

  1. Masih dalam mode edit header footer dari tahap sebelumnya, kamu bisa mengatur nomor urut halaman dengan cara masuk ke menu tab Insert > Page Number > Format Page Number.
  2. Pada opsi Start at masukkan angka yang kamu inginkan. Misalnya angka 3. Dan klik tombol OK.
    cara menghapus nomor halaman di word 2007, 2010, 2013, 2016

Maka dengan langkah di atas, kamu akan memiliki 5 halaman dokumen Word yang nomor halamannya seperti berikut.

  • Halaman 1 dan 2 bernomor halaman 1 dan 2.
  • Halaman 3 tidak memiliki nomor.
  • Halaman 4 dan 5 memiliki nomor halaman 3 dan 4.

Kamu bisa menyesuaikan cara di atas lebih lanjut lagi sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri. Kesimpulannya, untuk menghapus nomor halaman di Word adalah dengan menggunakan fitur Breaks Continuous dan menghilangkan opsi Link to previous.

Sekian tutorial tentang 2 cara menghapus nomor halaman di Word 2007, 2010, 2013, 2016. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar