Cara Menghilangkan Watermark Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Berbagai jenis basis data biasanya dibuat dengan menggunakan Microsoft word. Meskipun Word sudah sering kita gunakan, nyatanya masih banyak fitur dari software ini yang belum kita ketahui fungsinya, salah satunya adalah cara menghilangkan watermark di Word.

Tahukah kamu, bahwa cap atau tanda air bisa juga digunakan untuk dokumen di microsoft word? Terutama jika dokumen yang dibuat ternyata adalah dokumen untuk brand perusahaan tertentu atau digunakan untuk menjadi penanda agar pembuat dokumen bisa dengan mudah dicari dan diakses.

Pada situasi tertentu, pasti kita mengunduh suatu dokumen dari internet dan mungkin perlu menghilangkan cap air atau watermark yang masih menempel pada dokumen tersebut. Kebanyakan dari kita, belum tahu cara menghilangkan watermark ini.

Tak jarang akhirnya kita mencari dokumen lain yang mungkin tidak lebih lengkap daripada dokumen yang telah diberi watermark. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena menghilangkan watermark pada Microsoft Word nyatanya sangat praktis dan mudah. Selain itu kamu juga hanya perlu mengikuti proses yang singkat tanpa membuang waktu lama.

Sebelum membaca langkah-langkah dibawah ini, terlebih dahulu kamu harus memastikan seri microsoft word yang terinstal di laptop atau PC-mu, apakah itu Ms. Word 2007, 2010 atau 2013 dan 2016. Karena tutorial dan cara penanganannya sedikit berbeda. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan watermark di word yang perlu kamu ketahui.

Cara Menghilangkan Watermark Di Microsoft Word 2007

  1. Langkah pertama, bukalah dokumen terpilih yang memiliki watermark atau cap air yang akan dihilangkan.
  2. Klik atau pilih “page layout” pada jendela tab Ms. Office 2007.
  3. Kamu akan menemukan pilihan “watermark” beserta lambangnya.
  4. Klik dan pilih menu tersebut, kemudian kamu akan menemukan “remove watermark”.
  5. Setelah memilih “remove watermark” kamu akan melihat dokumen yang telah kamu unduh sudah tidak memiliki watermark atau tanda air lagi.

Baca juga: Cara membuat rumus di Word

Cara Menghilangkan Watermark Di Microsoft Word 2013 dan 2016

Meskipun agak sedikit berbeda, namun cara menghilangkan watermark di word 2007, 2013, 2016 masih sama-sama praktis. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:

  1. Sama seperti versi sebelumnya, pilihlah satu dokumen yang memiliki watermark dan buka dokumen tersebut.
  2. Pada jendela tab bagian atas (ribbon) klik bagian “design”.
    klik design pilih watermark
  3. Pada menu tersebut, kamu akan melihat pilihan “watermark”. Klik pilihan watermark tersebut.
  4. Pilihlah “remove watermark” untuk menghilangkan tanda air atau watermark yang terdapat pada dokumen.
    cara menghilangkan watermark di word 2007, 2013 2016
  5. Watermark pada dokumen telah berhasil dihilangkan dengan mudah.

Baca juga: Cara menulis Arab di Word

Cara Menghilangkan Watermark Dengan Pintasan Header and Footer

Selain cara di atas, adapula cara manual yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan atau menghapus watermark pada word, yaitu dengan menggunakan pintasan header and footer. Di bawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.

  1. Setelah membuka dokumen yang memiliki watermark, lakukan double klik dibagian atas dokumen agar batasan header-nya muncul.
    klik kolom header
  2. Arahkan kursor pada bagian watermark, klik dan kamu akan melihat panah 4 arah untuk mengatur watermark.
  3. Tekan tombol hapus atau “delete” pada keyboardmu.
    cara menghilangkan watermark di word yang terkunci
  4. Tanda atau cap air akan hilang pada dokumenmu. Cukup praktis bukan?

Cara membuat watermark di Word tidak hanya berupa tulisan tetapi juga bisa berupa logo atau gambar yang menunjukan brand atau tanda tertentu. Terkadang watermark juga bisa menjadi penanda keamanan dari seorang penulis sehingga kamu tidak bisa sembarangan menggunakan dokumen yang telah memiliki tanda atau marka tersebut. Meskipun kamu telah mengetahui cara menghilangkan watermark di word yang terkunci, namun kamu masih perlu berhati-hati agar dokumen yang telah kamu unduh dan kamu gunakan kembali tidak menjadi hasil plagiasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar