Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Bismillahirrahmanirrahim, Di zaman yang serba digital sekarang ini siapa yang tidak memiliki smartphone? Dengan smartphone dan aplikasinya, orang bisa menyimpan data-data dan dokumen pribadi. Namun, apakah itu sudah cukup aman? Belum tentu, oleh sebab itu kamu masih harus mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di Android supaya data-data yang ada di dalamnya benar-benar aman dan terlindungi.

Pernahkah kamu mempunyai pengalaman HP kamu sedang digunakan oleh orang lain, tetapi mereka malah membuka-buka aplikasi yang berisi data pribadi seperti galeri, pesan, atau bahkan riwayat pencarian browser? Itu sangat menyebalkan bukan?

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Android

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi adalah dengan menyembunyikan aplikasi dan melindunginya dengan password atau PIN. Di Android sendiri biasanya kamu memerlukan akses root untuk bisa menyembunyikan aplikasi. Akan tetapi, jangan khawatir karena masih banyak cara alternatif lainnya, mulai dari pengaturan bawaan HP sampai menggunakan aplikasi bawaan.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Sebagian besar HP Android terbaru keluaran sekarang sudah dilengkapi dengan fitur penyembunyi aplikasi yang bisa diakses melalui pengaturan atau settings. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu ribet-ribet menginstall aplikasi tambahan.

Fitur penyembunyi aplikasi Android biasanya sudah sangat kompatibel dengan semua aplikasi yang ada, sehingga bisa kamu gunakan baik pada aplikasi bawaan HP itu sendiri maupun pada aplikasi hasil download. Berikut langkah-langkah cara menyembunyikan aplikasi di android tanpa aplikasi.

  1. Buka aplikasi Pengaturan atau Settings.
  2. Masuk ke menu Aplikasi atau
  3. Lalu pilih Manajer Aplikasi atau Application Managers.
  4. Daftar aplikasi yang ada di Android kamu akan ditampilkan. Masuk ke tab Semua atau All dan pilih aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan.
  5. Klik tombol Sembunyikan atau

Sekarang semua aplikasi yang kamu pilih tadi akan disembunyikan dan hilang baik di halaman depan maupun di daftar aplikasi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada yang meminjam HP dan takut kalau-kalau data pribadi kamu dibuka.

Untuk kembali menampilkan aplikasi yang disembunyikan, kamu bisa kembali ikuti langkah-langkah di atas, hanya saja pada langkah ke-5 klik tombol Tampilkan atau Enable.

Ini merupakan cara hide aplikasi di Android yang paling gampang dan tidak ribet. Biasanya semua smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Mungkin letaknya saja yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu pintar-pintar saja mencari, memanfaatkan, dan menggunakannya.

Cara-cara selanjutnya akan menggunakan aplikasi tambahan sejenis launcher atau aplikasi penyembunyi aplikasi tanpa root.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Menggunakan Apex Launcher

Apex Launcher

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Apex Launcher. Sejatinya Apex Launcher adalah aplikasi Launcher atau peluncur Android. Launcher ini dibekali dengan segudang fitur, salah satunya adalah fitur penyembunyi aplikasi. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di Android dengan Apex Launcher.

  1. Download Apex Launcher di Google Play Store.
  2. Install dan buka, lalu masuk ke menu Apex Settings dan pilih Drawer Settings.
  3. Masuk ke Hidden Apps. Dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

Untuk kembali menampilkan aplikasi, ikuti langkah di atas sampai masuk ke menu Hidden Apps dan hilangkan tanda pada aplikasi yang ingin ditampilkan kembali.

3. Menyembunyikan Aplikasi Android Menggunakan LOCKit

Cara menyembunyikan aplikasi di hp Android

LOCKit adalah aplikasi yang dikembangkan oleh SuperTools Corporation untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di Android. Beragam macam aplikasi yang ada di perangkat Android kamu bisa disembunyikan oleh LOCKit.

Aplikasi dengan 300.000 pengunduh ini membebaskan kamu untuk memilih konsep penguncian yang ada di setiap aplikasi. Ingin menggunakan pola? Atau lebih suka memakai kode rahasia? Semuanya bisa kamu gunakan di LOCKit.

Tak hanya itu, kamu bahkan juga bisa memilih tema menarik nan unik di LOCKit saat mengunci aplikasi. Kamu bisa download LOCKit gratis di Google Play Store.

4. AppLock

Menyembunyikan aplikasi Android dengan AppLock

Sesuai namanya, AppLock adalah aplikasi pengunci dan penyembunyi aplikasi Android. Aplikasi yang dikembangkan oleh SpSoft ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi lain baik dengan menggunakan pola, kode PIN, bahkan fingerprint.

Kelebihan aplikasi AppLock ini adalah bisa membuat HP kamu error. Tapi tenang saja, bukan error beneran, melainkan hanya error palsu supaya orang yang berusaha membuka aplikasi-aplikasi kamu merasa panik dan ketakutan karena mengira HP kamu rusak. Penasaran? Langsung saja dapatkan aplikasinya.

5. AppLock – Hyper Speed

AppLock - Hyper Speed

Hyper Speed tak mau kalah dan turut membuat aplikasi pengunci dan penyembunyi aplikasi Android sendiri bernama AppLock. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi Android kamu dengan 3 metode penguncian, yaitu pattern atau pola, PIN, dan juga fingerprint.

Menariknya, kalau ada orang yang mencoba membobol kode akses, maka AppLock akan segera memotret orang tersebut dan menyalakan alarm secara otomatis. Jadi kamu bisa tahu siapa saja yang mencoba masuk ke dalam aplikasi yang sudah kamu kunci dan sembunyikan.

Walaupun disenjatai dengan fitur-fitur menarik, bukan berarti AppLock ini merupakan aplikasi yang berat. Ukurannya malah sangat ringan, yaitu sekitar 6,5 MB saja.

6. Andrognito

Andrognito

Cara menyembunyikan aplikasi di Android selanjutnya adalah menggunakan Andrognito. Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi buatan CODEX ini adalah tampilan antarmuka yang segar, modern, dan minimalis.

Andrognito memiliki fitur utama bernama Stealth Mode yang akan melindungi HP Android kamu dari stalker. Kamu bisa mengaktifkannya secara manual di pengaturan aplikasi. Dan untuk membuka aplikasi yang disembunyikan oleh Andrognito, kamu perlu memasukkan PIN yang kamu buat melalui tombol dial di aplikasi telepon lalu tekan tombol panggil.

Software penyembunyi aplikasi Android ini menawarkan fitur yang menakjubkan dengan tingkat keamanan tinggi. Aplikasi ini bisa menyembunyikan dan mengenkripsi berbagai jenis file disertai dengan perlindungan yang tinggi. Di Google Play Store, Andrognito telah diunduh sebanyak 100 ribu kali dan kamu juga bisa mendapatkannya secara gratis.

7. AppLocker

AppLocker

Dengan AppLocker, mengunci aplikasi dan menyembunyikan foto tidak pernah semudah ini hanya dalam satu aplikasi. Aplikasi dari developer Burakgon ini cukup baik dalam hal memberikan perlindungan terhadap privasi pengguna.

Cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan AppLocker juga tentunya begitu mudah. Dengan AppLocker, kamu bisa menyembunyikan foto dan video yang orang lain tidak boleh melihatnya. Kamu bisa memilih metode penguncian mulai dari pola hinga fingerprint di AppLocker. Kini, aplikasi dan file pribadi kamu akan aman dari intaian para stalker menyebalkan.

8. Calculator Vault

Calculator Vault

Secara sekilas, aplikasi ini hanya tampak seperti aplikasi kalkulator biasa saja dan tidak mungkin bisa menyembunyikan aplikasi. Namun nyatanya, Calculator Vault merupakan satu dari sekian banyaknya aplikasi penyembunyi di Android.

Cara menggunakan Calculator Vault adalah pilih aplikasi yang ingin disembunyikan lalu ketik PIN yang akan digunakan untuk membukanya. Aplikasi ini bahkan juga berfungsi layaknya kalkulator biasa dan bisa kamu gunakan untuk menghitung angka. Namun ketika kamu mengetikkan PIN, maka secara otomatis aplikasi yang disembunyikan akan muncul.

Siapa yang akan mengira kalau kalkulator bisa dijadikan sebagai tempat persembunyian aplikasi di Android? Sebuah kamuflase yang bagus bukan?

9. Security Master

Security Master

Cheetah Mobile, salah satu perusahaan developer Android terkenal telah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi lain di perangkat Android, yakni Security Master.

Security Master sudah diunduh dan digunakan lebih dari 24 juta kali di Google Play Store. Data tersebut tentu menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat baik dalam hal memberikan keamanan dan melindungi privasi para penggunanya.

Dengan Security Master kamu bisa memilih berbagai konsep penguncian aplikasi mulai dari kode PIN, pola, hingga fingerprint. Selain itu, Security Master juga siap mengambil gambar siapapun yang berusaha membuka Android kamu secara paksa.

Tak hanya menyediakan fitur kunci dan sembunyikan aplikasi, Security Master bahkan dilengkapi dengan fitur VPN, pembersih sampah, hingga keamanan. Lengkap sekali kan? Kamu bisa download Security Master gratis di Google Play Store.

10. CM Locker

CM Locker

Dan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang terakhir adalah dengan menggunakan CM Locker. Masih dengan pengembang yang sama, Cheetah Mobile juga merupakan pengembang dari CM Locker. Berbeda dengan Security Master, CM Locker hanya berfokus sebagai aplikasi pengunci saja.

CM Locker sudah diunduh lebih dar 3 juta kali. Tidak heran karena fitur yang ada di dalamnya sangat mumpuni. Konsep penguncian pola, PIN, dan fingerprint bisa kamu pilih di CM Locker. Sama seperti aplikasi sebelumnya, CM Locker juga menyediakan fitur foto otomatis stalker.

Di samping itu, CM Locker juga menawarkan beberapa tampilan tema lockscreen HP yang menarik dan unik. Tertarik? Download CM Locker di Google Play Store gratis.

Itulah 10 cara menyembunyikan aplikasi di Android tanpa root. Dengan cara-cara di atas, sekarang privasi kamu tentunya jadi lebih aman bukan? Katakan sampai jumpa kepada stalker menyebalkan.

Tinggalkan komentar