Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Diposting pada

Merawat laptop Agar Tidak Cepat Rusak, banyak dari kita yang mengabaikannya. terkadang kita asal asalan memakai laptop dan tau-tau baru beli beberapa bulan sudah rusak. memang tidak semua kesalahan kita karna tidak merawat dengan baik. kadang barang elektronik kita tidak tahu bisa juga baru beli sudah rusak karena konsleting dll.

Sudah menjadi kebutuhan utama bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia selain smartphone. Laptop sering digunakan untuk melakukan segala aktivitas yang bisa di pindah-pindah baik di rumah di kantor banyak kegiatan yang membutuhkan laptop.  dimasa pandemi ini laptop sering digunakan secara online seperti zoom dan mengerjakan tugas-tugas onlin.

Rata-rata pengguna laptop menggunakan perangkat ini hampir seharian penuh selama pandemi. Tentunya butuh perawatan khusus agar laptop kita tetap awet dan tidak cepat rusak.

Berikut cara merawat laptop Agar Tidak Cepat Rusak.

1. Jangan memaksa laptop untuk kerja berat

Saat membeli laptop, anda harus menyesuaikan kebutuhan yang anda butuhkan untuk berencana digunakan seperti apa kedepannya. sekarang, banyak jenis laptop dari kelas ekonomis atau setandar hingga kelas sultan. Seperti gaming, pekerjaan berat seperti edit video, pekerjaan rutin, hingga kebutuhan sehari-hari. Jika anda membutuhkan laptop untuk gaming atau mengedit video, pilihlah Laptop yang memang memiliki spesifikasi tinggi guna mendukung kegiatan tersebut.

Jangan memaksakan latop dengan spesifikasi rendah untuk melakukan pekerjaan berat. Karena jika hal ini dilakukan tentunya akan mempengaruhi performa laptop anda sehingga akan memperpendek usia laptop anda. sebab misal laptop 4 jutaan untuk editing video yang memerlukan kerja prosesor yang sangat berat dapat memperlambat kinerja prosesor. bahkan bisa memperpendek usia laptop tersebut.

2. Bersihkan laptop secara rutin

debu banyak yang menempel di laptop terutama bagian keyboard dan di bagian kipas pembuangan. Kebersihan laptop dapat menunjang performa laptop dan membuat laptop lebih tahan lama. Karena debu yang menempel di keyboard ataupun port-port kecil pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop. Oleh karena itu, bersihkan laptop secara rutin.

Bersihkan laptop dengan kain lap yang halus atau tissu untuk membersihkan layar dan permukaan laptop. Untuk keyboard dan port-port laptop, anda bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkannnya. Selain itu, anda juga dapat membersihkan keyboard dan port laptop dengan mini vacuum cleaner. setahun sekali coba cek bagian pembuangan laptop biasanya disitu banyak debu yang menempel di pembuangan yang mengakibatkan sirkulasi udara menjadi terhambat

3. Charger laptop dalam keadaan mati

Perhatikan kondisi baterai dalam menggunakan laptop. Jangan mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi batrai habis. Sebaiknya charger laptop sebelum mendekati 10%. atau coba atur batrai seting di laptop anda

Jika sering mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi kehabbisan, tentunya akan cepat merusak baterai. Dalam pengecasan sebaiknya laptop dalam kondisi mati dan jangan pergunakan laptop pada saat proses charger jika tidak dalam keadaan terdesak.

4. Jangan meletakkan laptop sembarangan

Apabila anda ingin membawa laptop ketika sedang bepergian, sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus untuk laptop. Karena tas khusus laptop dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop, terutama ketika tas berisi laptop tersebut terjatuh.

Meski begitu, jangan meletakan tas berisi laptop di sembarang tempat, apalagi di tempat umum. Hal buruk bisa saja terjadi, misalnya tas laptop tersebut diduduki oleh orang lain.

5. Simpan atau pakai laptop yang baik :

menyimpan di tempat yang tidak lembab dan meletakkan pada tempat yang datar. Hindari tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan letakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang terparkir di bawah matahari karena akan membuat laptop panas dan beberapa komponen luar mengeras atau warnanya memudar.

Jangan letakkan laptop dekat dengan peralatan yang memiliki medan magnet kuat seperti TV, speaker, dan kulkas. Anda bahkan harus menghindari meletakkan HP di atas laptop saat keduanya sedang aktif digunakan.

Jangan menggunakan laptop di permukaan yang lembut seperti di atas kasur, sofa, tumpukan baju, dan lainnya karena akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga udara panas dalam laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop lebih cepat panas. Sebaiknya, gunakan laptop di atas meja atau permukaan datar. Jika ingin menggunakan laptop di atas kasur, lebih baik menggunakan meja portable atau alas datar bisa juga tambahkan cooling pad.

6. Install antivirus dan sering update antivirus

Software antivirus sangat dibutuhkan untuk melindungi laptop anda dari serangan virus dan hacker. Dalam pembelian laptop biasanya disertakan software antivirus bawaan. Apabila tidak disertakan software antivirus, maka anda bisa membeli software antivirus di toko retail terpercaya atau di website resminya.

gunakan sistem operasi seperti windows yang masih memiliki update proteksi dari pembuatnya. misalnya windows 10 yang masih memiliki proteksi. Seperti dukungan Windows 7 berakhir pada 14 Januari 2020. usahakan gunakan windows 10 atau 11 jika menggunakan windows. jika sistem operasi yang lain seperti dari apple yaitu mac os atau linux, mereka masih jarang firus2 yang menembusnya tapi tetap kita buat keamanan yang terbaik.

Jangan download sembarang software, terutama di website yang tidak terpercaya. Karena software dan aplikasi yang tidak jelas tersebut akan membuat laptop anda terserang virus. Sebaiknya, update antivirus secara berkala untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop anda.

Demikianlah beberapa cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *