i9 generasi 12

Intel Generasi Ke-12

Diposting pada

Intel Generasi Ke-12

Performa Superior

Intel Generasi ke 12 generasi yang berbeda dari sebelumnya. Dengan arsitektur hibrida performa baru yang belum pernah ada sebelumnya, prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 menawarkan kombinasi unik inti Performa dan Efisien (P-core dan E-core). Dan itu berarti performa nyata secara intuitif diskalakan untuk menyesuaikan dengan apa pun yang Anda lakukan1.

Inti Performa adalah inti CPU Intel dengan performa tertinggi. Dan inti ini dirancang untuk memaksimalkan performa dan responsivitas thread tunggal untuk beban kerja intensif komputasi seperti gaming dan desain 3D. Inti Efisien menghadirkan performa multithread untuk tugas yang dapat dijalankan secara paralel (seperti render gambar), beserta pembongkaran efisien tugas latar belakang untuk multitugas modern.

Agar inti Performa dan inti Efisien dapat bekerja tanpa hambatan dengan sistem operasi, Intel membangun Intel® Thread Director ke dalam perangkat keras2. Secara otomatis memantau dan menganalisis secara langsung, Intel® Thread Director memandu sistem operasi, membantunya menempatkan thread yang tepat pada inti yang tepat, di saat yang tepat. Dan semuanya dilakukan secara dinamis, menyesuaikan panduan penjadwalan berdasarkan pada kebutuhan komputasi, tidak berdasarkan aturan statis.

Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 mendukung gelombang kartu grafis terpisah dan perangkat penyimpanan selanjutnya. Perangkat ini memanfaatkan throughput yang ditingkatkan yang menyertai PCIe 5.0 serta kecepatan yang lebih tinggi dan bandwidth memori DDR5.

Fitur standar lainnya dari prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12: Intel® Wi-Fi 6E (Gig+). Menawarkan saluran berkecepatan tinggi dan eksklusif yang tidak dapat ditawarkan oleh perangkat lama, Intel® Wi-Fi 6E memungkinkan Anda menikmati konektivitas yang hampir 3x lebih cepat tanpa gangguan3. Dan ini berarti kebebasan lebih untuk bekerja atau belajar dari rumah—atau bersantai dengan streaming super lancar dan berkualitas tinggi.

Anda juga dapat menghubungkan PC Anda ke beberapa monitor 4K dan aksesori lain, semuanya dengan satu kabel bolak-balik. Rangkaian prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12—platform kami yang paling inovatif—memungkinkan tersedianya Thunderbolt™ 4, port yang paling sederhana, paling cepat, paling andal4.

Dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12, fitur standar dan bawaan memungkinkan kemampuan seperti peredam kebisingan, framing otomatis, dan optimasi untuk bandwidth dan resolusi video saat bermain game3. Hal ini menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda untuk melakukan multitugas dengan cara yang hanya dapat Anda impikan—sampai sekarang.

Dari gaming epik ke browsing ke streaming hingga membuat mahakarya Anda berikutnya, prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 membuatnya semuanya dapat dilakukan.

semua processor generasi ke-12 yang telah diumumkan oleh Intel memiliki 16 jalur PCIe 5.0 dan 4 jalur PCIe 4.0. Lalu, chipset Intel Z690 juga menambahkan 12 jalur PCIe 4.0 serta 16 jalur PCIe 3.0. Jadi, untuk konektivitas ke GPU dan M.2 SSD pastinya sudah lebih baik dari generasi sebelumnya.

Socket yang dipakai oleh Alder Lake juga berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu LGA 1700. Jika socket pendahulunya memiliki bentuk yang kotak, LGA 1700 memiliki bentuk seperti persegi panjang.

Untuk overclocking, Intel Alder Lake menyediakan banyak hal yang bisa diotak-atik — seperti rasio P-core dan E-core, frekuensi ring/cache, graphics, memory, hingga base clock. Intel juga membiarkan penggunanya mengatur individual core enable/disable, kontrol voltase, offset AVX, dan banyak lagi. Semua ini dapat dikonfigurasi di software Intel Extreme Tuning Utility versi 7.5 terbaru.

Pilihan DRAM untuk Intel Alder Lake juga bervariasi. Pasalnya, processor ini kompatibel dengan RAM DDR5 maupun DDR4. Namun, pengguna harus memiliki salah satu — karena motherboard untuk support RAM DDR4 dan DDR5 berbeda. Jika memilih RAM DDR5, Intel memiliki teknologi XMP 3.0 baru yang membawa segudang fitur baru. Seperti profile XMP yang bertambah menjadi 5, CRC Checksum, On Module Voltge Control, dan lainnya. dikutip dari Intel.com

Varian Intel Generasi 12 Alder Lake

  1. Yang pertama ada intel i9, intel seri tertinggi untuk saat ini. Ada 2 varian dari intel yang di keluarkan yaitu Intel® Core™ i9-12900K Processor dan Intel® Core™ i9-12900KF ProcessorYang pertama ada intel i9 Generasi 12
  2. Berikutnya ada intel i7 generasi ke 12 Alder Lake untu i7 juga ada 2 seri yaitu Intel® Core™ i7-12700K Processor dan Intel® Core™ i7-12700KF Processor seperti gambar berikutYang pertama ada intel i7 Generasi 12
  3. yang terahir ada intel i5 eperti kedua seri intel sebelumnya intel i5 generasi ke 12 Alder Lake juga ada 2 seri yaitu Intel® Core™ i5-12600K Processor dan Intel® Core™ i5-12600KF Processor seperti gambar berikutYang pertama ada intel i5 Generasi 12

Performa

Performa processor Alder Lake diklaim meningkat signifikan dari pendahulunya. Menurut pengetesan Intel, processor generasi ke-12 mereka lebih unggul sekitar 30% dari generasi ke-11 di sejumlah aplikasi Adobe. Menariknya, benchmark Adobe After Effects Pulse menunjukkan bahwa i9 12900K lebih cepat 100% dari i9 11900K.

Intel tidak membandingkan processor teranyar mereka dengan kompetitornya dalam segi produktivitas. Mereka juga tidak membuat klaim processor tercepat untuk produktivitas layaknya yang mereka lakukan di segi gaming. Persaingan AMD dan Intel memang tidak ada habis-habisnya di dunia teknologi khususnya procesor.

Sebelumnya intel gen 11 kalah dibanding rayzen, dan sekarang Intel Generasi ke-12 di klaim lebih unggul dibanding AMD mungkin sebentar lagi AMD juga akan mengeluarkan teknologi terbaru guna tetap terus bersaing bersama intel di bidang teknologi Procesor khususnya dan PC umumya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *