Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa?

mesin pembentuk adonan

Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue – Kunci Jawaban dari pertanyaan Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa?

Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K.

mesin pembentuk adonan

Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( – ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A  B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan.

Tantangan:

Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa?

Pilih salah satu:
A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( o ) ke lubang input nomor 1.
B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( 0  ) ke lubang input nomor 2.
C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( △ ) ke lubang input nomor 2.
D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( △ ) ke lubang input nomor 3.

Jawaban kalian adalah: …..

Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar.

Kunci jawaban dari Tantangan Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa?

Jawaban Adalah ( B )

Cara penyelesaian :

Jika adonan berbentuk lingkaran kita masukan ke lubang input nomor 2, maka otomatis akan diubah menjadi bentuk adonan persegi ( cek gambar 2.3 diatas ). Dan dari situ akan dilanjutkan ketahap berikutnya adonan bentuk persegi akan diubah kembali menjadi bentuk segitiga. Dan pada tahap perubahan terahir Bobo akan mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, sebab pada proses terahir bentuk yang dihasilkan ditahap kedua berupa segitiga akan dirubah kembali menjadi bentuk Persegi.

Disclaimer

Diatas adalah contoh jawaban dan memungkinakan masih banyak model jawaban lainya. Apa yang kami tulis diatas hanya berusaha membantu para orang tua jika sedang mendampingi anak – anaknya dirumah. Dan mohon tulis dikolom komntar jika ingin menambah model jawaban lainya atau merivisi, Terimakasih

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.