Kelebihan dan Kekurangan Chromebook

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook dibanding Laptop

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook dibanding Laptop ada pada bagian OS (Operating System) beberapa persamaan dan perbedaan yang menonjol. selain itu hampir mirip seperti laptop atau notebook yang sudah familiar.

Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis.

Sistem operasi atau OS merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang menjadi penghubung antara software dan hardware.  Apabila di laptop atau komputer memiliki sistem operasi yang familiar seperti Windows atau yang Open source seperti Linux, misalkan dari produk Apple mempunyai sistem operasi sendiri yaitu Mac OS atau Marcintosh.

sedangkan Croombook memiliki sebuah OS sendiri yaitu Chrome OS. hromebook dengan Chrome OS-nya didesain sedemikian rupa agar mampu menjalankan aplikasi atau layanan Google dengan baik. Oleh karena itu, jika kamu lebih butuh menjalankan aplikasi-aplikasi lain di luar Google, sebaiknya memilih laptop berbasis Windows, Linux, atau MacBook.

Apa itu Chrome OS ?

Chrome OS adalahChrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan dan dimiliki oleh Google. Diperkenalkan pada Juli 2009, namun Chromebook baru dirilis perdana dua tahun setelahnya.

Nama Chome OS sendiri memang dari browser milik Google yang sering kamu gunakan. Sebab sistem operasi ini pada dasarnya adalah browser web.

Google merancangnya untuk pengguna yang menghabiskan banyak waktunya di internet. Karenanya Chrome menjadi user interfacenya, dan satu-satunya aplikasi yang disertakan adalah browser web yang menggabungkan pemutar media dan browser file.

Namun pada perkembangannya Google menghadirkan Play Store. Artinya, sebagian besar aplikasi yang dapat diunduh dan dijalankan di ponsel Android bisa digunakan di Chrome OS.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi ini dioptimalkan untuk sistem operasi ini. Jadi alih-alih full screen, aplikasi tersebut tampil seukuran layar ponsel.

Terlepas dari itu, beberapa Chromebook yang baru memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi Linux, sehingga dapat menjalankan aplikasi sekelas desktop

1. User Friendly

Chrome OS menghadirkan user interface (UI) yang mudah dipahami oleh penggunanya. Dengan tampilan UI yang sederhana ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia. Sekilas, tampilannya mirip Android.

2. Baterai yang tahan lebih awet.

Bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan daya tahan baterai lama, mungkin menggunakan Chrome OS menjadi salah satu alternatif. Chrome OS lewat Chromebook menghadirkan pengalaman menggunakan laptop yang lebih lama dalam sekali charge. karena sistem Operasi Chromebook lebih ringan.

3. Bisa diakses secara offline

Seiring perkembangan waktu Chrome OS  bisa dijalankan secara ofline seperti laptop biasa.  Anda masih bisa menggunakan Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook untuk mengakses berbagai dokumen atau menyelesaikan pekerjaan tertentu. Bahkan, membuka email juga bisa diakses secara offline. Supaya bisa diakses secara offline, user atau pengguna harus mengaktifkan pre-download content dan pastikan offline access juga telah diaktifkan. Dengan demikian user bisa membuka dokumen dan email secara offline di waktu tertentu.

4. Bisa membuka dokumen Microsoft Office

Chrome OS juga bisa digunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office, loh! Anda bisa pasang aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint lewat google Play Store. Chrome OS juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas bukan?

5. Menjalankan aplikasi Android

Menjalankan aplikasi Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan di Chrome OS. Anda bisa memasang berbagai aplikasi Android yang tersedia Playstore. Mau memasang aplikasi Android seperti game-game android dan aplikasi aplikasi lainnya di Chrome OS juga bisa

6. Booting yang kencang

Chrome OS dapat boot atau mencapai layar utama ketika pertama kali dinyalakan hanya dalam hitungan detik. seperti anda mempunyai laptop dengan SSD super cepat seperti laptop kelas atas.

Kekurangan Chrome OS

Chrome OS tidak dapat menggunakan aplikasi desktop seperti Photoshop, Microsoft Office, dan lainnya seperti di Windows ataupun macOS,

Perbedaan Bagian Hardware

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook umumnya menggunakan prosesor dengan kemampuan lebih rendah dibanding laptop biasa, jika di laptop dengan seri2 celeron kelas u. sebagaimana hardware yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan ChromeOS yang lebih ringan dibanding Windows, Linux, atau MacOS.

Sebagian besar Chromebook juga menggunakan penyimpanan jenis Multi Media Card (eMMC) seperti Smartphone. eMMC  Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang cukup cepat.

Sedangkan Laptop sekarang banyak yang menggunakan solid-state drive (SSD). SSD memiliki kinerja yang jauh lebih unggul, bisa sampai 3500 Mb/s, dan tersedia dalam ukuran yang jauh lebih besar dibanding eMMC. Ukuran penyimpanan Chromebook lebih mirip dengan penyimpanan smartphone, misalnya kapasitas 16 GB, 32 GB, atau 64 GB. sedangkan SSD bisa sampai 2 Tb bahkan lebih tetapi harganya bisa untuk membeli Cromrbook. atau laptop kelas ekonomis.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Chromebook dan sebagian penjelasan yang dapat kalian baca sebagai bahan perbandingan sebelum memakai Chromebook

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *