Kelebihan SSD dibanding HDD

Kelebihan SSD Dibanding HDD

Diposting pada

Kelebihan SSD Dibanding HDD memang sama-sama media penyimpanan besar di bagian teknologi PC.  tetapi terdapat beberapa perbedaan antara SSD dan HDD. Sudut PC merangkum beberapa kelebihan SSD dibanding HDD. yuk simak dibawah ini

Apa itu SSD

Solid-state drive (SSD), adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer. Solid state drive juga kadang-kadang disebut solid-state device atau solid-state disk, meskipun SSD tidak memiliki disk pemintalan fisik dan kepala baca-tulis bergerak yang digunakan dalam hard drive (“HDD”) atau disket.

Dibandingkan dengan drive elektromekanis, SSD biasanya lebih tahan terhadap guncangan fisik, berjalan secara diam-diam, dan memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. SSD menyimpan data dalam sel semikonduktor. Pada 2019, sel dapat berisi antara 1 dan 4 bit data. Perangkat penyimpanan SSD memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah bit yang disimpan di setiap sel, dengan sel bit tunggal (“SLC”) umumnya jenis yang paling andal, tahan lama, cepat, dan mahal, dibandingkan dengan sel 2 dan 3 bit (” MLC”dan “TLC”), dan akhirnya sel-sel bit quad (” QLC “) digunakan untuk perangkat konsumen yang tidak memerlukan sifat ekstrem seperti itu dan merupakan yang termurah dari keempatnya. Selain itu, memori 3D XPoint (dijual oleh Intel di bawah merek Optane), menyimpan data dengan mengubah resistansi listrik sel alih-alih menyimpan muatan listrik dalam sel, dan SSD yang dibuat dari RAM dapat digunakan untuk kecepatan tinggi, ketika data bertahan setelah daya kehilangan tidak diperlukan, atau dapat menggunakan daya baterai untuk menyimpan data saat sumber dayanya yang biasa tidak tersedia.Solid state drive - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SSD berbasis NAND Flash perlahan akan bocor dari waktu ke waktu jika dibiarkan dalam waktu lama tanpa daya. Hal ini menyebabkan hard disk yang sudah usang (yang telah melebihi peringkat ketahanannya) mulai kehilangan data biasanya setelah satu tahun (jika disimpan pada suhu 30° C) hingga dua tahun (pada suhu 25° C) dalam penyimpanan; untuk drive baru membutuhkan waktu lebih lama.[4] Oleh karena itu, SSD tidak cocok untuk penyimpanan arsip. 3D XPoint adalah kemungkinan pengecualian untuk aturan ini, namun ini adalah teknologi yang relatif baru dengan karakteristik retensi data jangka panjang yang tidak diketahui.

sedangkah Harddisk Adalah

Cakram keras atau diska keras atau piringan keras (bahasa Inggris: “harddisk” atau “hard drive” (disingkat HD) atau “harddisk drive” (disingkat HDD)) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 14 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

 

Jika dibuka, terlihat mata diska keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam diska keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik, yakni: “nonvolatil”. Dalam sebuah diska keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini diska keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Diska keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, diska keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah-belah.

Kelebihan SSD Dibanding HDD

6 Perbedaan HDD dan SSD yang Wajib Anda Ketahui

  • Waktu booting dan memuataplikasi lebih cepat.

SSD memiliki kecepatan berkali-kali lipat dari harddisk. sehingga penggunaan SSD dalam waktu Booting akan sangat cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.  selain boating kalian akan merasakan perbedaan juga dalam membuka aplikasi dan transfer data. membuka aplikasi dan transfer data dengan SSD lebih cepat sehingga kalian dapat dengan cepat membuka program-program besar dan juga misalkan kalian rendering video atau transfer file yang besar akan sangat membantu karena lebih cepat dibandingkan hdd. misalkan HDD sata dibanding SSD sata keccepatan baca HDD sekitar 100Mbps sedangkan SSD Sata sekitar 500 Mbps belum lagi yang NVMe sangat jauh lebih cepat dibandingkan Harddisk. bisa mencapai 3500Mbps bahkan lebih sangat jauh bukan

  • Perlindungan data lebih baik

SSD menggunakan sistem berbentuk chip sedangkan HDD menggunakan piringan. jika terjadi banyak goncangan atau getaran piring yang kurang baik akan membuat HDD cepat rusak. jadi pengguna laptop dengan penyimpnan HDD harus hari2 dalam membawanya. sedangkan SSD menggunakan Chip jadi sangat tahan terhadap goncangan.

  • Daya tahan lebih baik

  • SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, jadi lebih mungkin untuk menjaga data Anda tetap aman jika Anda menjatuhkan tas laptop atau sistem Anda terguncang saat sedang beroperasi.Kebanyakan hard drive memarkir kepala baca / tulis mereka saat sistem mati, tetapi saat bekerja, kepala tersebut terbang di atas pelat drive pada jarak beberapa nanometer. Selain itu, rem parkir pun memiliki batasan. Jika Anda kasar pada peralatan Anda maka akan cepat rusak seperti mematikan paksa laptop ataupun pc dan listrik padam tiba-tiba akan membuat HDD cepat rusah datanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *