Materi dan Latihan Soal Tentang Menyampaikan Pendapat Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Menyampaikan Pendapat dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Dalam kehidupan sehari-hari tak lepas kita dalam bermusyawarah dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik harus memahami tata cara yang baik dalam menyampaikan pendapat di dalam forum serta pengambilan keputusan dengan baik.

Suatu keputusan bersama tidak akan tercapai jika semua orang saling memaksakan kehendaknya kepada orang lain. Keputusan bersama bukan merupakan keinginan dari satu orang atau satu golongan saja. Akan tetapi, merupakan hasil pertimbangan dari semua pandangan atau pendapat yang dikemukakan oleh semua peserta musyawarah dengan berdasarkan kepada prinsip keadilan. Oleh karena itu, dalam mengambil suatu keputusan bersama diperlukan kebijaksanaan untuk menampung aspirasi dari para peserta musyawarah sehingga keputusan dapat diterima oleh semua pihak yang terlibat dalam proses perumusan keputusan tersebut.

 

Jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Apa saja yang harus kita perhatikan ketika menyampaikan pendapat dalam kegiatan musyawarah?
  2. Apa akibat yang akan terjadi apabila setiap peserta musyawarah tidak mamatuhi aturan ketika menyampaikan pendapat?
  3. Siswa kelas IV sedang melaksanakan musyawarah yang dipimpin oleh Nanda sebagai ketua kelas. Mereka bermusyawarah mengenai jenis kesenian yang akan ditampilkan ketika pentas seni sekolah. Tono mengusulkan untuk menampilkan pertunjukkan teater/drama yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan. Akan tetapi, usulan Tono tersebut tidak disetujui oleh sebagian besar siswa kelas IV karena pertunjukkan teater/drama memerlukan waktu latihan yang cukup lama. Sedangkan, kegiatan Pentas Seni tinggal 4 hari lagi. Akhirnya, disepakati bahwa siswa kelas IV akan bernyanyi bersama dalam kegiatan tersebut dan Tono pun ikut menyetujuinya. Berdasarkan cerita tersebut, bagaimana penilaian kalian terhadap sikap yang ditampilkan oleh Tono yang menyetujui kesepakatan musyawarah kelas?

Jawaban:

  1. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pendapat:
    a. Disampaikan dengan jelas
    b. Tidak menyinggung perasaan orang lain
    c. Tidak memotong pembicaraan orang lain
    d. Tidak bertele-tele
    e. Tidak memaksakan pendapatnya kepada orang lain
  2. Musyawarah akan sulit mencapai kesepakatan, dan sangat mungkin akan
    menyebabkan terjadinya perselisihan.
  3. Sikap Tono itu sudah sesuai dengan nilai Pancasila terutama sila
    keempat, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam
    Permusyawaratan Perwakilan

 

 

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.