Mengenal Rumah Adat di Indonesia

Mengenal Rumah Adat di Indonesia

 

Indonesia dikenal dengan berbagai keanekaragamannya. Salah satu dari bentuk keanekaragamnnya yaitu rumah adat. Di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari rumah adat tersebut, contohnya adalah rumah Gadang. Rumah Gadang merupakan rumah adat dari suku Minangkabau, lebih tepatnya berasal dari Sumatera Barat.

Dikutip dari repository.unp.ac.id, masyarakat setempat juga menyebut rumah gadang sebagai rumah bagonjong atau rumah baanjuang. Biasanya rumah gadang dibangun di atas tanah yang agak luas dan memiliki keluarga induk secara turun temurun. Selain itu, rumah gadang juga sering dilengkapi dengan surau keluarga yang kerap digunakan untuk pemuda berkumpul dan atau tempat untuk menyelenggarakan kegiatan sosial dan keagamaan.

Bentuk rumah gadang berupa bangunan balok segi empat yang mengembang ke atas dan mengecil ke bawah. Kemudian garis melintang dari bangunan rumah ini melengkung tajam di dua tepi sebelahnya yang menyerupai bentuk tanduk kerbau. Bentuk yang menyerupai tanduk kerbau tersebut sebagai simbol dari kemenangan. Lalu bentuk atap yang melengkung dan runcing ke atas disebut sebagai gonjong. Oleh karena itu, rumah gadang sering juga dinamakan sebagai rumah bagonjong. Umumnya atap rumah gadang dibuat dengan ijuk yang bisa bertahan puluhan tahun.

Rumah Gadang terbuat dari bahan utamanya yaitu kayu. Kayu sebagai unsur paling penting terutama pada tonggak tuo. Bahan yang kedua adalah ijuk yang dipakai untuk membuat atap rumah. Ketiga adalah Jerami yang dipakai untuk membuat atap rumah. Keempat adalah bambu yang digunakan untuk membuat dinding di bagian belakang rumah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.