Perbedaan Windows 10 Home Dan Pro

Bismillahirrahmanirrahim, Perbedaan Windows 10 home dan pro – Windows adalah sistem operasi computer yang paling banyak pemakainya di dunia. Windows memiliki banyak varian, salah satu yang paling laku di pasar adalah Windows 10. Tampilan yang menarik dan cukup ringan adalah salah satu dari sekian alasan orang memilih Windows 10.

Windows 10 sendiri ada beberapa versi, yakni Home, Pro dan Enterprise. Namun yang sering digunakan adalah dua versi yang disebut pertama. Jika Anda ingin menggunakan Windows 10, maka wawasan akan perbedaan Windows 10 Home dan Pro wajib Anda ketahui.

Apa Perbedaan Windows 10 Home dan Pro?

Dalam artikel ini akan Sudut PC ulas apa perbedaan antara Windows 10 Home version dengan Pro version. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan komputasi harian Anda.

1. Kapasitas RAM

Windows versi home memiliki backup kapasitas RAM yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi pro. 128 GB adalah kapasitas yang bisa dihandle oleh windows versi home, sedangkan untuk versi pro bisa membackup hingga 2 TB.

Baca juga: Cara masuk safe mode Windows 10

2. Perbedaan Kebutuhan Pemakaian

Windows versi home memiliki fitur yang sudah lengkap seperti Outlook, OneNote, Windows Hello, Microsoft Edge, dan lain-lain. Dengan fitur ini, Windows versi home cocok digunakan untuk kepentingan pribadi. Terlebih lagi kapasitas RAM-nya sangat sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Sedangkan Windows 10 pro, lebih diutamakan untuk kepentingan berskala besar seperti perkantoran, pendidikan, dan bisnis yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar.

3. Fitur Device Guard dan Secure Boot

Aplikasi ini memiliki fungsi yang signifikan terkait dengan keamanan data. Perangkat Anda akan terbebas dari malware atau virus berbahaya lainnya sehingga keamanan data Anda bisa terjamin. Kepentingan komputasi perkantoran paling banyak membutuhkan fitur seperti ini. Sehingga wajar pihak Microsoft mendesain aplikasi ini hanya ada di versi pro.

4. Fitur Bitlocker

Perbedaan windows 10 home dan pro berikutnya adalah ketersediaan aplikasi Bitlocker. Pada windows 7 fitur ini termasuk standar. Namun pada Windows 10 fitur ini dibedakan. Versi pro mengakomodir fitur ini, sedangkan versi home tidak ada.

Bitlocker memiliki fungsi yang memang banyak dibutuhkan untuk kelompok pengguna dengan kepentingan keamanan data yang cukup tinggi. Bitlocker mampu melakukan penguncian skala drive sehingga siapapun tidak akan bisa mengakses drive tertentu pada komputer atau laptop Anda.

5. Fitur Remote Dekstop

Jika Anda sebagai kepala cabang dan mengalami situasi dimana salah satu cabang Anda mengalami persoalan di komputer, maka fasilitas seperti remote desktop sangatlah diperlukan. Anda cukup tetap berada di kantor pusat dan bisa mengendalikan dan mengatasi persoalan komputer cabang Anda dari jarak jauh.

Fasilitas seperti ini akan Anda jumpai di Windows 10 versi pro. Untuk versi home yang notabene hanya kepentingan sehari-hari di rumah, maka pihak Microsoft tidak menanamkan aplikasi ini.

6. Pengaturan Update

Saat Anda sedang menjalankan program tertentu dan kemudian menerima notifikasi untuk segera melakukan update dan restart computer, tentu ini cukup menganggu. Hal ini akan dijumpai pada windows 10 versi home, dimana pihak Microsoft yang menentukan waktu update untuk perangkat Anda.

Berbeda dengan versi pro, Anda bisa melakukan pengaturan untuk updatenya. Pengaturan penundaan update bisa dilakukan hingga 35 hari ke depan, sehingga kegiatan penting Anda yang saat ini sedang dikerjakan tidak akan terganggu.

7. Fitur Enterprise Data Protection

Pada Windows 10 pro, selain memiliki fitur bitlocker yang memastikan keamanan data skala drive, edisi pro juga bisa mengamankan data tingkat file. Aplikasi tersebut adalah Enterprise Data Protection.

Walaupun file Anda dicopy oleh orang lain, file tersebut tidak akan bisa dibuka. Fitur seperti ini tidak dimiliki Windows 10 edisi home.

8. Fitur Azure Active Directory

Tidak hanya data saja yang bisa Anda enkripsi jika menggunakan Windows 10 pro. Bahkan skala aplikasi dan perangkat pun dapat Anda atur kebijakan penggunaannya. Itu bisa Anda lakukan menggunakan fitur Azure Active Directory.

9. Kemudahan Berbagi File

Berbagi file dalam kegiatan bisnis adalah hal yang lumrah dan sering terjadi. Jika Anda menginstall Windows 10 pro, Anda dapat berbagi file dengan cepat karena didukung oleh memory yang kuat.

Hal ini juga dikarenakan adanya fitur yang dapat memaksimalkan kebutuhan workloads tinggi karena adanya tumpukan data-data perusahaan yang penting. Fitur tersebut adalah Fall Creators Update.

10. Pengaturan Akses Jaringan

Sistem jaringan sangat memungkinkan data Anda diretas. Untuk mencegahnya, hadirlah fitur Group Policy Editor yang memungkinkan Anda untuk menetapkan aturan bagi pengguna Windows dengan jaringan yang berbeda. Semua ini hanya dapat Anda lakukan di Windows 10 pro.

11. Sistem Keamanan Smartscreen

Jika Windows 10 pro memiliki sistem keamanan yang didukung oleh Windows Defender, Azure Active Directory, hingga Enterprise Data Protection, lain halnya dengan Windows 10 Home. Windows 10 home dilengkapi dengan sistem keamanan Smartscreen yang berfungsi untuk menjaga perangkat dari serangan virus, malware, dan juga phising.

12. Perbedaan Harga

Poin terakhir ini sangat penting Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan Windows 10 home vs pro. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing Windows, tentu saja ada perbedaan harga yang mencolok.

Di situs resmi Microsoft, Windows 10 Home dibanderol dengan harga Rp. 2.599.000. Sedangkan Windows 10 Pro lebih mahal dengan harga Rp. 3.799.000.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika Anda menggunakan untuk kebutuhan non bisnis, maka versi home adalah pilihan yang memadai dan efisien. Sedangkan untuk kepentingan bisnis yang membutuhkan kinerja office yang tinggi, maka versi pro adalah pilihannya.

Baca juga: Panduan menghilangkan password Windows 10

Jika kita bandingkan windows 10 home vs pro, dapat kita lihat pada tabel berikut:

Fitur Windows 10Windows 10 HomeWindows 10 Pro
RAM128 GB2 TB
Kebutuhan PemakaianPribadiBisnis dan Perkantoran
Fitur Bitlocker-Ada
Device Guard & Secure Boot-Ada
Remote Dekstop-Ada
Windows UpdateTidak ada kelonggaran waktuKelonggaran waktu hingga 35 hari
Enterprise Data Protection-Ada
Azure Active Directory-Ada
Berbagi FileStandarCepat
Akses Jaringan Berbeda-Ada
Sistem Keamanan SmartscreenAda-
Perbedaan HargaRp. 2.599.000Rp. 3.799.000

Nah itulah 12 perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang harus Anda ketahui. Perbandingan data di atas dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. Sehingga Anda dapat menjatuhkan pilihan yang tepat berdasarkan fitur-fitur yang ada.

Tinggalkan komentar