Pilih Upgrade Ram atau SSD Dulu

Pilih Upgrade Ram atau SSD Dulu

Pilih Upgrade Ram atau SSD Dulu

PC atau laptop kalian mulai lambat? Kalian cari sana sini, buka YouTube nyari cara agar performa laptop atau pc kalian jadi lebih kenceng.

Setelah baca sana sini kalian dapat wangsit untuk upgrade hardisk kalian ke SSD dan tambah ram agar performa laptop temen temen jadi lebih kenceng.

Kalian dihadapkan masalah lain yaitu dana yang terbatas dan kalian harus memilih salah satu. Mana yang harus di upgrade dulu ram atau ssd biar gak salah. Sudut PC akan memberikan sedikit penjelasan sebagai berikut

Upgrade Ram atau SSD Dulu

SSD sekarang menjadi trend tersendiri, baik komputer high end sampai low budget pasti menginginkan memakai storage SSD karena bisa membuat performa pc dekstop dan laptop jadi lebih kenceng.

Disisi lain upgrade ram adalah salah satu opsi termudah nan termurah sejak zaman bahula untuk meningkatkan performa pc desktop atau laptop menjadi lebih kenceng.

Opsi terbaik adalah upgrade kedua duanya jika ingin performa pc dekstop atau laptop jadi makin kenceng.

Namun permasalahannya jika kalian lagi minim budget mana yang mau di upgrade duluan?

Kalau begitu kalian harus tahu dulu tugas masing masing ram dan ssd agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Ram

Ram atau Random Acces Memory adalah memori penyimpanan data sementara, segala aktifitas kalian di pc atau laptop sebelum di save ke penyimpanan pasti datanya akan terdapat di ram.

Hal itu yang menyebabkan fungsi ram ini penting.

Mudahnya semakin besar kapasitas dan semakin tinggi kinerja ram maka pc atau laptop kalian bisa melakukan kegiatan multitasking dengan banyak.

Sudah mulai dapat pandangan ?

SSD

SSD atau solid state drive adalah media penyimpanan yang terdiri dari sel sel yang digunakan untuk menyimpan dan membaca (write/read) data. Penyimpanan yang sudah tidak memakai piringan ini lebih cepat berkali kali lipat dibandingkan dengan hardisk.

Jika hardisk memiliki kecepatan tertinggi 7200rpm maka SSD gen 4 bisa mencapai 5000mbps.

SSD mempercepat waktu kalian membuka OS ,membuka aplikasi, mengcopy data, dan lain lain.

Gimana sudah mulai ada pandangan upgrade yang mana dulu?

Masih Bingung ? Kita Pakai Analogi Sederhana Antara Ram dan SSD

Kapasitas ram itu ibarat meja kerja.

SSD karena lebih cepat kita ibaratkan kurir yang bawa motor. Sedangkan hardisk ibarat kurir yang masih pakai sepeda.

Jika pakai SSD barang lebih cepat datangnya dan kita bisa langsung kerja.

Namun jika pekerjaan kita sangat banyak melebih kapasitas meja kerja, mau barangnya datang cepet pun terus mau taruh mana?

Akhirnya kan antri dulu sampai yang lain selesai, jadilah yang namanya komputer not responding.

Sehingga intinya, jawaban pertanyaan dari upgrade ram dulu atau ssd adalah jawaban yang bersifat klise, banyak faktor yang diperhatikan sehingga jawaban singkatnya adalah sesuai kebutuhan.

Penjelasan diatas memang harus dipahami agar kalian tidak salah dalam meng-upgrade pc sesuai kebutuhan.

Lain halnya kalau, upgrade ram atau ssd dulu untuk game? Nah kalau itu bisa lebih pasti jawabannya.

Upgrade Ram atau SSD untuk Game

Kebutuhan Gaming

Untuk kebutuhan gaming memilih antara ssd atau ram, kalian lihat dulu laptop atau komputer kalian. Apakah ram sudah cukup? kalau udah cukup monggo upgrade ke SSD.

Sebab semakin banyak ram ketika bermain game maka akan meningkatkan responsifitas permainan alias gak ngelag dan juga dapat menambah fps game.

SSD yang bagus juga akan membuat loading game lebih cepat dan terhindar dari stattering saat main game.

Kebutuhan Editing

Buat temen-temen yang suka bikin konten, suka edit video di komputer buat upload di YouTube, ataupun desain grafis tipis-tipis sama seperti kebutuhan gaming, minimal 8gb ram kalau mau edit video atau rendering.

Semakin banyak ram biasanya playback video bisa lebih lancar alias gak patah patah saat diedit video. Buat yang mau desain tipis tipis di Adobe Photoshop, Ilustrator, dan Corel Draw, semakin banyak ram juga sama, kegiatan editing kalian bisa lebih lancar dan cepet.

Jika kalian suka edit video kualitas 4k, kalian butuh SSD biar gak lelet saat perpindahan data.

Kebutuhan Multitasking

Kalau kalian suka buka browsing dengan banyak tab kaya gerbong kereta sambil buka Word sama dengerin musik berbarengan, maka opsi upgrade ram juga dibutuhkan biar komputer atau laptop kalian gak ngelag alias not-responding.

Jika ram kalian cukup upgrade ke SSD agar lebih cepat saat membuka software dan OS.

Jadi Kapan Saya Upgrade SSD ?

Kebanyakan opsi diatas ram semua, ssd kapan? Tenang sob, kalian butuh upgrade SSD menurut admin kalau :
  1. Pingin komputer dan laptop lama kalian ingin kenceng kalau mau buka OS, buka browser, buka software editing, dll karena biasanya software editing loadingnya lama.
  2. PC atau laptop kalian spek tinggi atau juga mid end, agar tidak terjadi botleneck pada sistem, karena kecepatan hardisk bisa menghambat performa pc spek tinggi.
  3. Udah mentok speknya dan bisanya punya uang cuma buat upgrade SSD.
  4. Udan ngebet kepingin banget punya SSD.
  5. Dll, isi sendiri 🙂

Kesimpulan

Pilih Upgrade Ram atau SSD Dulu, Dengan budget yang terbatas lalu mau upgrade ram atau SSD maka dahulukan kebutuhan harian pemakaian pc kalian, apakah untuk gaming, editing, multitasking dan lain-lain, apakah lebih banyak manfaat dari ramnya atau dari SSDnya untuk keperluan kalian.

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.