Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 3 “Lihat Sekitar”

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka itu merupakan capaian perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik. Oleh karena itu, untuk Capaian Pembelajaran (CP) dalam satu fase, guru perlu mengembangkan tujuan pembelajaran.

Dalam artikel ini saya memberikan salah satu contoh pemetaan Tujuan Pembelajaran, yaitu pada mata pelajran Bahasa Indonesia Fase B Kelas 4 Bab 3 “Lihat Sekitar”.

Bab 3 / Tema:Lihat Sekitar / Lalu Lintas
No.Tujuan PembelajaranMinggu Ke-
123456
1.Membaca

1.      Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.

     
2.Berdiskusi

2.      Melalui berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

     
3.Menulis

3.      Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.

     
4.Menyimak

4.      Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

     
5.Berdiskusi

5.      Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciricirinya dengan tepat.

6.      Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.

     
6.Menulis

7.      Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.

8.      Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.

     
7.Mengamati

9.      Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifikasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.

     
8.Berdiskusi

10.   Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.

     
9.Menulis

11.   Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.

     

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *