Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 2 “Di Bawah Atap”

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka itu merupakan capaian perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik. Oleh karena itu, untuk Capaian Pembelajaran (CP) dalam satu fase, guru perlu mengembangkan tujuan pembelajaran.

Dalam artikel ini saya memberikan salah satu contoh pemetaan Tujuan Pembelajaran, yaitu pada mata pelajran Bahasa Indonesia Fase B Kelas 4 Bab 2 “Di Bawah Atap”.

 

Bab 2 / Tema:Di Bawah Atap / Tugas di Rumah atau Sekolah
No.Tujuan PembelajaranMinggu Ke-
123456
1.Menyimak

1.      Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

Berdiskusi

2.      Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan aktif.

     
2.Membaca

3.      Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

4.      Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat.

     
3.Menulis

5.      Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.

     
4.Berdiskusi

6.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.

     
5.Membaca

7.      Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan katakata yang panjang dengan benar.

8.      Melalui kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan dengan tepat.

     
6.Menulis

9.      Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

     
7.Berdiskusi

10.   Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.

     
8.Menulis

11.   Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik.

     

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *