Cara Membuat Pangkat di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Membuat data dengan menggunakan aplikasi Ms. Word adalah hal yang lumrah dan sangat populer. Salah satu bagian dari fitur Ms. Office ini sangat membantu kita dalam mengolah dokumen yang berbasis tulisan, gambar, hingga data yang sifatnya ilmiah. Bukanlah hal yang mustahil, terkadang kita juga dihadapkan dengan data yang memerlukan rumus matematika, fisika maupun kimia. Diantara data tersebut, kita sering menemukan bilangan atau rumus yang berpangkat baik itu berupa pangkat atas maupun pangkat bawah. Pada artikel kali ini kamu akan tahu 5 cara membuat pangkat di word yang mudah dan praktis.

Cara Membuat Pangkat Bawah Di Word

1. Cara Membuat Pangkat Bawah Di Word Dengan Pintasan atau Cara Cepat

Metode pertama yang perlu kamu lakukan adalah cara yang paling mudah dan paling praktis untuk membuat pangkat bawah pada Ms. Word. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Tuliskan suatu kata, huruf atau rumus tertentu yang salah satu unsur huruf atau angkanya akan dijadikan bentuk pangkat bawah. Biasanya pangkat bawah ini berlaku untuk menulis rumus kimia atau senyawa tertentu, misal CO2.
  • Blok unsur huruf atau angka yang kemudian akan dijadikan pangkat bawah.
  • Tekanlah pada keyboard tombol CTRL + = secara bersamaan untuk melakukan pintasan.
  • Kamu akan melihat hasilnya dan pangkat bawah telah berhasil dibuat.

2. Membuat Pangkat Dengan Cara Manual (Menu Subscript)

Cara membuat pangkat di Ms Word berikutnya adalah dengan memanfaatkan menu atau fitur subscript pada bagian ribbon Ms. Word agar kamu bisa secara manual membuat pangkat bawah tanpa harus menghafalkan pintasan atau cara cepat. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Bloklah pada bagian atau unsur yang akan diubah menjadi pangkat bawah. Misalnya dengan contoh pada unsur kimia CO2:
    Cara membuat pangkat 2 di Word
  • Pada tab ribbon Ms. Word, pilih menu “home” dan arahkan kursor ke icon X2 sebagai lambang “subscript”.
    Membuat pangkat di Ms Word
  • Kemudian klik “subscript” tersebut dan kamu akan melihat perubahan pada unsur yang terpilih menjadi pangkat bawah.
    Cara membuat pangkat bawah di word

Baca juga: Cara membuat watermark di Word

Cara Membuat Pangkat Atas di Word

Cara membuat pangkat di Word selanjutnya adalah untuk membuat pangkat atas. Kebanyakan rumus matematika, fisika, bahkan kimia sangat sering menggunakan pangkat atas dalam menuliskan penjabaran rumusnya. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada dua cara yang mudah untuk membuat pangkat atas pada word:

1. Dengan Menggunakan Rumus Atau Pintasan Cepat

Sama halnya dengan membuat pangkat bawah, untuk membuat pangkat atas kamu juga bisa menggunakan rumus atau pintasan tertentu dengan cara:

  • Blok bagian rumus atau unsur huruf ataupun kata yang akan dijadikan pangkat atas.
  • Setelah itu masukkan rumus dan tekan tombol pada keyboard CTRL + SHIFT + (+).
  • Pangkat atas telah berhasil dibuat dengan mudah.

2. Cara Membuat Pangkat Atas Di Word Dengan Menggunakan Menu

  • Sama seperti cara cepat membuat pangkat, pertama-tama blok bagian unsur dari suatu kata atau rumus yang akan dijadikan atau diubah menjadi pangkat atas.
    Blok rumus matematika
  • Pilihlah menu “home” pada tab ribbon bagian atas microsoft word dan temukan icon X2 sebagai lambang menu “superscript”.
    Cara membuat pangkat atas di Word
  • Klik superscript tersebut, kemudian rumus yang telah diblok atau dipilih akan berubah menjadi pangkat atas.
    Pangkat atas dibuat

Baca juga: Cara membuat mail merge

Cara Membuat Pangkat 2 Di Word

Jika kamu sedang disibukkan dengan pembuatan dokumen yang memuat banyak angka atau rumus matematika, tak jarang kamu sering menemukan bilangan atau rumus berpangkat dua seperti X kuadrat (X2), Y kuadrat (Y2) ataupun bentuk angka lainnya yang berpangkat dua. Kamu tidak perlu khawatir, karena seperti yang telah dijelaskan di atas, menu superscript dan pintasannya bisa memudahkanmu dalam cara membuat pangkat 2 di word.

Adapun pada kasus tertentu, apabila kamu harus membuat rumus yang agak rumit misalnya rumus yang memerlukan bilangan pecahan dan juga pangkat, maka kamu bisa menggunakan pula fitur equation tools pada word. Kamu bisa menemukan contoh menu equation tools nya seperti di bawah ini:

Equation tool

Demikianlah cara membuat pangkat di word yang mudah dan bisa kamu coba langsung pada aplikasi Ms. Word-mu. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika perlu membuat rumus atau bilangan yang memiliki pangkat atas maupun pangkat bawah.

Tinggalkan komentar