Cara Install Windows 10

Bismillahirrahmanirrahim, Cara install Windows 10 – Tidak dapat dipungkiri, saat ini software Windows 10 makin populer. Kalangan muda dan bisnis sangat meminati software operasional office yang satu ini. Beberapa alasan mereka menggunakan Windows 10 adalah kemudahan, tampilan menarik dan tentu saja cukup ringan.

Penerus sistem operasi Windows 8 ini memang saat ini merajai pasaran, menjadi software paling banyak digunakan di komputer dan laptop seluruh dunia.

Teman-teman yang baru beli laptop atau notebook dan lagi bingung mau pakai software Windows apa, atau yang sudah pinging anti Windows, maka kalian bisa coba Windows 10. Cara installnya pun sangat mudah.

Dalam kesempatan kali ini, Sudut PC akan mengulas secara lengkap bagaimana cara install windows 10. Perlu kalian ketahui bahwa secara umum ada 2 cara yang bisa digunakan untuk install windows 10 di laptop atau komputer Anda. Yakni menggunakan DVD dan Flashdisk.

Panduan Cara Menginstall Windows 10 Lengkap

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan install windows 10 agar proses install berjalan dengan lancar dan aman.

1. Spesifikasi Perangkat

Tidak semua laptop atau komputer bisa compatible dengan Windows 10. Jika laptop atau komputer Anda ternyata tidak memenuhi spesifikasi, tentunya proses install tidak akan bisa berhasil. Berikut adalah spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh sebuah komputer atau laptop agar bisa terinstall Windows 10.

  • Kecepatan processor minimal 1 Ghz
  • Untuk RAM minimal 1 GB untuk 32 bit-system dan 2 GB untuk yang 64 bit-system
  • Memori atau HDD yang tersedia minimal 16 GB
  • Grapichs Card : DirectX 9

2. Kapasitas Baterai Mumpuni

Dalam proses install Windows 10 membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga diperlukan ketersediaan daya yang mencukupi. Jika kapasitas baterai Anda tidak mencukupi, maka Anda bisa menjaga agar laptop tetap terkoneksi dengan arus listrik.

Perlu Anda ketahui jika proses install belum selesai dan laptop atau komputer Anda mati, maka proses install akan gagal dan Anda perlu mengulanginya dari awal.

3. Software Windows 10

Ini adalah hal yang paling penting untuk melakukan install Windows 10. Ada dua model software installer sebagaimana sudah dijelaskan diatas. Anda dapat menggunakan DVD Windows 10 Installer maupun jenis bootable flashdisk.

Jika Anda menggunakan DVD Installer, maka pastikan laptop Anda memiliki DVD ROM. Untuk laptop kecil atau biasanya ukuran 10 inch, tidak memiliki DVD ROM, Anda bisa menggunakan DVD ROM portable.

Namun menggunakan bootable flashdisk adalah cara paling mudah untuk melakukan install windows 10. Sangat cocok digunakan di berbagai jenis laptop dan komputer, tinggal memasang flashdisk ke perangkat, proses install bisa langsung dimulai.

Baca juga: Cara menghilangkan iklan di Google Chrome Windows 10

Cara Install Windows 10 Dengan DVD

Cara menginstall windows 10 yang pertama adalah menggunakan DVD. Berikut tahapan yang harus Anda lakukan:

1. Masukkan DVD Installer

Buka DVD ROM di laptop Anda, atau yang model portable. Setelah itu Anda masukkan DVD installer Windows 10 ke dalam DVD ROM.

2. Setting BIOS

Berikutnya adalah melakukan setting BIOS. Masuk ke menu BIOS, biasanya menggunakan tombol del secara berulang sesaat setelah tombol power ditekan. Beberapa jenis laptop menggunakan tombol berbeda untuk masuk ke menu BIOS, ada yang F1, F2, dll, tidak selalu menggunakan del. Namun yang paling umum adalah menggunakan tombol del. Jika Anda berhasil masuk ke menu BIOS, penampakannya seperti dibawah ini.

Masuk ke menu BIOS

Tampak ada 5 menu utama pada gambar, yakni main, advanced, security, boot dan exit. Pilih menu Boot. Caranya adalah dengan menggunakan tombol arah kanan. Akan muncul tampilan dibawah ini.

Menu Boot di BIOS

Ada beberapa menu di dalam menu boot, aturlah CD-ROM Drive agar berada di posisi teratas. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menggunakan tombol +/- untuk menggeser posisi menu. Pastikan posisi CD-ROM Drive.

Terakhir tekan tombol F10 untuk menyimpan setting yang telah dilakukan, kemudian tekan enter untuk keluar.

Cara setting BIOS untuk install Windows 10

3. Langkah-langkah Install

Akan muncul tampilan berikut

– Tekan tombol apapun untuk memulai prosesnya. Namun jika tetap muncul tampilan yang sama, maka tunggu saja, karena jika menekan tombol apapun sekali lagi, proses akan kembali dari awal.

Cara install windows 10 dengan dvd

– Pilih Indonesia pada time and currency format, sedangkan untuk menu lainnya biarkan default saja tidak perlu diganti.

Cara install ulang Windows 10
Sumber: https://www.teknisit.com/

– Klik install now.

– Centang pojok kiri bawah yang bertuliskan accept the license terms dan klik next.

– Pilih custom: Install Windows Only (advanced).

Pilih custom install windows only

– Berikutnya adalah tahap menentukan partisi drive. Jika posisi install Anda adalah upgrade atau downgrade Windows, maka Anda perlu mendelete terlebih dahulu partisi yang ada. Sedangkan jika laptop Anda belum pernah install Windows, maka HDD akan tampak kosong seperti pada gambar.

Setup partisi drive

– Anda bisa membuat 2 drive atau lebih. Silahkan memilih drive 0 Unallocated Space > New. Tentukan besaran kapasitas lalu klik Aplly. Partisi yang Anda buat pertama ini untuk system, sehingga jangan memberikan kapasitas yang besar. 100 GB sudah sangat mencukupi untuk system.

– Selanjutnya klik ok dalam pembuatan system reserved partition. Kemudian buat partisi lagi sesuai keinginan Anda dengan mengikuti langkah yang sama seperti diatas.

Proses system reserved partition

– Tampilan diatas mengasumsikan saya hanya membuat dua partisi saja.

– Proses instalasi sedang berjalan, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, Anda bisa menunggunya sambil makan cemilan. Dan setelah selesai, Anda bisa langsung mengeluarkan DVD nya agar tidak kembali ke jendela awal proses. Setelah selesai, komputer atau laptop Anda akan restart otomatis, biarkan saja.

– Jika muncul tampilan seperti memilih region, maka pilih Indonesia.

– Dalam pemilihan layout keyboard yang digunakan, Anda dapat memilih US sebagai setelan default.

– Kemudian langsung skip saja dalam opsi second layout.

– Karena biasanya orang menggunakan laptop atau komputer untuk kepentingan pribadi, kemudian pilihlah Set up for a personal use lalu dilanjutkan dengan klik next.

Set up for personal use

– Tampilan dibawah menunjukkan kita disuruh login ke akun Microsoft, jika Anda tidak memilikinya, maka Anda dapat memilih office account.

Langkah instalasi Windows 10

– Kemudian pilih no.

– Masukkan nama laptop atau komputer sesuai keinginan Anda, lalu klik next.

– Jika Anda ingin memberikan password bisa langsung ketikkan di kolom yang sudah disediakan. Namun jika tidak, maka tidak perlu diisi dan langsung pilih next.

– Berikutnya langsung pilih no.

– Ada banyak sekali pilihan opsi dibawah, namun Anda tidak perlu memilihnya, langsung saya pilih no kemudian accept.

– Selamat Anda berhasil menginstall windows 10 dengan lancar

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Ini adalah cara install windows 10 di laptop yang tidak memiliki DVD ROM. Pastikan Anda memiliki file software Windows 10 di flashdisk. File software dapat Anda download gratis di berbagai laman web yang menyediakan software installer windows 10.

1. Membuat Bootable Windows 10 Di Flashdisk

Langkah inilah yang membedakan tutorial install windows 10 antara DVD dengan flashdisk. Pada flashdisk perlu dilakukan proses bootable terlebih dahulu. Cara yang paling umum digunakan untuk melakukan proses bootable adalah menggunakan software Rufus. Berikut langkah-langkahnya:

– Pahami Dahulu Sistem Arsitektur Komputer atau Laptop

Ada dua jenis sistem arsitektur laptop, pertama adalah 32-bit system dan 64-bit system. Windows 10 yang akan kalian gunakan juga terdapat dua versi ini. Sehingga saat menginstall dan mengaktivasi Windows 10, sesuaikan versi yang mana yang sesuai dengan komputer atau laptop Anda.

Jika Anda bingung atau tidak tahu system yang digunakan pada perangkat Anda, Anda bisa mengetahuinya dengan cara masuk ke setting > system > about, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Windows 10 64 bit

Pada gambar diatas, tampak bahwa system yang digunakan adalah x64, artinya menggunakan 64-bit system, jadi Anda harus menggunakan Windows 10 untuk 64-bit system.

– Siapkan Flashdisk

Kapasitas flashdisk yang disarankan adalah minimal 8 gb dan dalam keadaan kosong. Karena nantinya dalam proses booting, akan menghapus seluruh file yang ada di flashdisk. Sehingga jika ada file penting, harus Anda pindahkan dahulu sebelum flashdisk ini digunakan untuk booting.

– Download Media Creation Tool

Anda bisa mendownloadnya secara gratis di web Microsoft. Klik tombol Download tool now untuk mendownload software diatas.

– Buka Media Creation Tool

Cari file yang sudah didownload, kemudian double klik file tersebut, lalu klik accept.

– Kemudian Pilih Opsi Create Installation Media (USB flashdrive, DVD, or ISO file) For Another PC

Klik next untuk mendowload file ISO Windows 10.

Pilih create installation media

– Download Software Rufus

Ini software penting untuk melakukan booting. Jika ingin menggunakannya Anda dapat mendownloadnya Rufus di halaman website resminya, https://rufus.ie.

– Open Software Rufus

Buka file rufus yang sudah didownload dan pastikan flashdisk sudah koneksi di perangkat komputer atau laptop. Klik select dan pilih file ISO Windows 10. Pastikan partition scheme dan target system sesuai.

Untuk laptop baru biasanya partition scheme jenis GPT sedangkan target system UEFI. Sedangkan untuk perangkat lama, partition scheme berjenis MBR dan target systemnya BIOS.

Jika sudah, maka langsung klik start.

– Proses Booting Selesai

Cara melakukan install Windows 10

Flashdisk Anda siap digunakan untuk install windows 10 pada laptop atau komputer baik yang ada DVD ROM maupun yang tidak ada.

2. Setting BIOS

Langkah ini sama dengan yang ada di cara install windows 10 dengan DVD diatas. Perbedaannya ada pada saat mengatur menu boot. Yang diposisikan diatas adalah menu removable disk / flashdisk.

Baca juga: Cara install windows 7

3. Proses Install

Tidak ada perbedaan tahapan install menggunakan flashdisk maupun DVD ROM, sehingga Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama sebagaimana pada DVD ROM.

Anda juga dapat mengikuti panduan install windows 10 dengan flashdisk pada video berikut.

Demikian cara install ulang windows 10 baik melalui DVD maupun flashdisk. Anda bisa langsung menikmati berbagai keunggulan dari Windows 10 seperti fitur penyimpanan cloud melalui OneDrive. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses data tanpa perlu memikirkan kapasitas data yang besar.

Namun ada juga satu kekurangan yang dirasakan oleh para penggunanya, yakni proses auto updating Windows 10 yang dirasa lebih sering dibandingkan windows yang lainnya. Hal ini bagi sebagian orang dirasa cukup menganggu. Itu dia artikel mengenai cara menginstall Windows 10 untuk pemula dan lengkap dengan gambar.

Satu pemikiran pada “Cara Install Windows 10”

Tinggalkan komentar