Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Saat sedang menulis atau mengetik di Microsoft Word, biasanya akan muncul garis-garis merah di bawah tulisan. Banyak yang menganggap bahwa hal itu cukup mengganggu sehingga cara menghilangkan garis merah di Word kian dicari banyak orang.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft Word sendiri termasuk ke dalam salah satu software dari Microsoft Office. Microsoft Office adalah kumpulan program perkantoran, sesuai namanya, yang dapat membantu mempermudah pekerjaan atau tugas sehari-hari.

Misalnya seperti mengolah kata, angka atau bahkan membuat presentasi. Khusus untuk mengolah kata, maka program Microsoft Office yang tepat adalah Microsoft Word.

Aplikasi pengolah kata ini sepertinya dibutuhkan oleh semua pengguna komputer, mulai dari kalangan pelajar hingga pebisnis sekalipun. Karena kegunaan dan fiturnya yang memang sangat bermanfaat. Saat menggunakan Microsoft Word, kadang secara otomatis tulisan yang kita ketik digarisbawahi warna merah.

Sebagian orang mungin akan cuek-cuek saja, tapi ada juga yang terganggu dan ingin menghilangkannya, mungkin kamu salah satunya. Tenang saja, karena memang ada cara menghilangkan garis merah di Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2017, 2019.

Baca juga: Cara membuat grafik di Word

Panduan Menghilangkan Garis Merah Di Microsoft Word

Sebenarnya garis merah yang suka muncul di bawah tulisan Word itu merupakan salah satu fitur bawaan Microsoft Word itu sendiri. Selain garis merah, ada juga garis hijau yang kadang muncul juga. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca fitur garis merah dan hijau di Word berikut ini.

1. Fitur Garis Merah di Word

Dalam setiap pembuatan dan pembaruan aplikasinya, Microsoft selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Termasuk dalam hal fitur.

Microsoft berniat memudahkan penggunanya dengan menghadirkan berbagai macam tools, penanda atau simbol. Salah satunya adalah tanda garis merah yang muncul di bawah kata pada lembar kerja dokumen Word.

Fitur garis merah di Word adalah sebagai penanda atau penunjuk kesalahan tulisan atau yang biasa kita kenal dengan istilah typo. Setiap kata yang ditulis pada Word, maka secara otomatis akan dicek apakah sudah tepat atau belum. Fitur ini akan otomatis aktif ketika kamu mengaktifkan mode Check Spelling.

Misalnya saat kamu salah ketika mengetik sebuah kata atau kalimat, maka secara otomatis Microsoft Word akan memunculkan garis merah di bawah dari kata yang telah kamu ketik. Dengan begitu, kemunculan garis merah ini dimaksudkan supaya kesalahan ketik alias typo bisa diminimalisir.

Sayangnya, pengecekan typo di Word ini menyesuaikan dengan pengaturan regional atau bahasa Word yang kamu gunakan. Jadi kalau kamu menggunakan regional US atau bahasa Inggris, maka secara otomatis aplikasi Microsoft Word hanya bisa mengoreksi kata-kata berbahasa Inggris.

Jadi tidak perlu heran kalau kata-kata Bahasa Indonesia yang kamu ketik akan diberi garis merah pada bagian bawahnya. Karena kamu tidak mengatur regional Word kamu menjadi Bahasa Indonesia.

2. Fitur Garis Hijau di Word

Selain garis merah, ada juga garis hijau di Word. Kalau garis merah berfungsi untuk mengoreksi kata, maka garis hijau berfungsi untuk mengoreksi grammar atau tata bahasa dalam kalimat.

Setiap ada pilihan kata yang kurang tepat dalam grammar, maka secara otomatis Word akan memunculkan garis hijau di bawah grammar tersebut. Hal ini akan sangat memudahkan kamu ketika mengetik dalam Bahasa Inggris.

Jadi kamu tidak usah repot-repot mengecek grammarnya dua kali, biarkan saja program Microsoft Word mengoreksinya secara otomatis dengan memanfaatkan fitur garis hijau ini.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Secara umum, cara menghilangkan garis merah di semua versi Word baik itu Word 2007, 2010, 2013, 2016 atau bahkan 2019 tidak jauh berbeda. Karena sama-sama membuka menu pengaturan atau Options. Mungkin hanya tampilan interface nya saja yang sedikit berbeda. Untuk lebih lengkapnya berikut tutorial cara menghilangkan garis merah di Word.

1. Buka aplikasi Microsoft Word atau salah satu dokumen Word yang sudah ada. Kamu bisa mencari program Microsoft Word di menu Start atau di menu pencarian.

2. Setelah program Word terbuka, klik menu File yang ada di bagian kiri atas layar.

Klik Menu File

3. Kemudian akan muncul beberapa menu lagi, sekarang klik menu Options yang ada di urutan paling bawah.

Klik Menu Options

4. Jendela Options atau pengaturan Word akan terbuka. Selanjutnya masuk ke menu Proofing.

5. Pada menu Proofing ini kamu bisa menyalakan dan mematikan fitur garis merah di Word. Hilangkan tanda centang pada opsi Check spelling as you type untuk menghilangkan garis merah. Kalau ingin memunculkannya, tinggal centang lagi pada opsi tersebut.

6. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menghilangkan garis hijau di Word dengan cara menghilangkan tanda ceklis pada opsi Mark grammar errors as you type.

7. Klik tombol OK agar pengaturan tersebut tersimpan.

Menghilangkan garis merah di Microsoft Word

Contoh pada cara diatas menggunakan aplikasi Microsoft Word versi 2019. Bagi kamu yang menggunakan Word versi 2013 dan 2016, mungkin tampilannya sama persis.

Tapi bagi kamu yang masih menggunakan Word versi lebih dulu lagi seperti 2003, 2007 dan 2010 maka akan sedikit berbeda. Secara keseluruhan sama, tapi kalau masih bingung bisa mengikuti cara menghilangkan garis merah di Word 2003, 2007 dan 2010 berikut ini.

1. Buka aplikasi Microsoft Word.

2. Klik pada Office Button yang ada di pojok kiri atas dengan symbol jendela warna-warni khas Windows.

3. Maka jendela Office akan terbuka. Beberapa menu ditampilkan, pilih menu Word Options.

4. Selanjutnya masuk ke menu Proofing.

5. Hilangkan tanda centang pada opsi Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type untuk menghilangkan garis merah dan hijau di Word.

6. Terakhir, jangan lupa klik tombol OK.

Sekarang garis merah dan hijau tidak akan muncul lagi baik di semua dokumen Word yang sudah ada maupun ketika kamu mengetik pada dokumen baru.

Baca juga: Cara membuat brosur di Word

Cara Mengganti Bahasa Proofing di Word

Tapi bagi kamu yang merasa fitur ini cukup penting dan berguna, maka sebaiknya kamu mengubah bahas Proofing di Word menjadi Bahasa Indonesia supaya garis merah dan hijaunya bisa digunakan dengan baik dan benar.

Berikut cara mengganti bahasa Proofing di Word.

1. Bahasa Indonesia tidak tersedia secara langsung ketika kamu menginstall Microsoft Office. Oleh karena itu kamu harus download Bahasa Indonesia untuk Word terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di Google dengan mengetikkan Indonesian Proofing Tools Office 2019. Ganti 2019 dengan versi Word yang kamu gunakan.

2. Setelah selesai download, install Bahasa Indonesia untuk Word tersebut, cukup dengan klik dua kali.

3. Sekarang buka aplikasi Microsoft Word.

4. Beralih ke menu toolbar Review.

5. Selanjutnya pilih Language.

6. Klik tombol Set proofing language untuk mengubah bahasa Proofing di Word.

Cara Mengubah Proofing Language di Word

7. Pilih Indonesian.

8. Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang kamu bisa menggunakan fitur garis merah dan hijau dengan baik karena sudah menggunakan Bahasa Indonesia di Word. Kamu juga bisa menggunakan bahasa lain selama filenya tersedia dan bisa didownload. Demikian panduan cara menghilangkan garis merah dan hijau di Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019 untuk pemula.

Tinggalkan komentar