Cara Membuat Grafik Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membuat grafik di Microsoft Word – Saat Anda bekerja atau sedang menempuh pendidikan, pasti menjumpai tugas membuat grafik. Membuat grafik biasanya dilakukan di Microsoft Excel, namun faktanya Anda juga bisa membuatnya di Word. Sayangnya, tidak banyak yang terbiasa membuat grafik di Microsoft Word.

Ada beberapa penyebab mengapa orang banyak yang suka menggunakan Microsoft Excel untuk membuat grafik dibandingkan dengan Microsoft Word:

  • Pertama, tampilan Microsoft Excel lebih mendukung untuk hal-hal yang berhubungan dengan data,
  • Kedua, Microsoft Excel berbentuk spreadsheet sehingga bisa dapat langsung menuliskan data di kolom-kolom yang tersedia.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika Anda harus membuat grafik melalui Word. Biasanya hal ini berkaitan dengan proposal, karya ilmiah, atau riset. Di mana Anda harus menjelaskan secara rinci melalui tulisan dan menampilkannya dalam bentuk grafik secara bersamaan. Lantas, bagaimana cara membuat grafik di Word?

Cara Mudah Membuat Grafik Di Word Untuk Pemula

Permasalahan muncul disaat Anda seorang pemula yang belum pernah membuat grafik melalui Microsoft Word. Atau Anda memiliki wawasan yang minim bagaimana cara mengoperasionalkannya. Sebenarnya cara membuat grafik di Word tidak jauh berbeda dengan Excel. Hanya saja Anda perlu mencobanya.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat grafik di Word semua versi (2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2017). Sehingga, apa pun versi Microsoft Anda, Anda dapat membuatnya dengan mudah. Simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara membuat brosur di Word

1. Membuat Grafik Di Word Dengan Banyak Data

Pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah data yang akan dijadikan grafik. Kemudian, buka Word 2003, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan pada bagian mana grafik akan diletakkan dengan cara mengarahkan kursor terlebih dahulu. Kemudian, klik menu insert, pilih pictures, lalu chart

Masuk ke menu insert, pictures, chart

2. Grafik default akan langsung muncul di halaman Word dan siap untuk dirubah datanya

Grafik default word 2003

3. Masukkan data yang sudah kamu miliki dengan merubah angka dan huruf yang ada pada kolom di bawah grafik

Mengubah data grafik di microsoft word

4. Pada grafik default, diagram batang akan disediakan 3 warna. Anda dapat menambah atau menguranginya sesuai data yang Anda punya. Jika Anda ingin menghapusnya, arahkan kursor pada kolom yang ingin dihapus, kemudian klik kanan dan pilih delete. Maka diagram batang Anda akan berkurang

Menghapus baris dan kolom grafik

5. Seperti ini tampilan diagram setelah Anda menghapusnya. Pada gambar tersebut, diagram batang berkurang satu, sehingga hanya ada 2 warna diagram batang saja yang ditampilkan

Hasil menghapus diagram

6. Sebaliknya, jika Anda ingin menambahkan diagram batang, Anda tinggal menuliskannya di row atau coloumn, sesuai dengan yang Anda inginkan. Seperti contoh, diagram batang tetap memiliki 2 warna akan tetapi jumlah bulannya bertambah satu

Menambah diagram batang

7. Anda juga dapat mempercantik diagram seperti merubah warna, tampilan angka, dan model grafik dengan cara arahkan kursor pada diagram batang, kemudian klik kanan dan pilih format data series

Format data series Microsoft Word

8. Di kolom patterns Anda dapat merubah warna grafik

Cara mengganti warna diagram
Sumber: https://www.belajar-komputer-mu.com/

9. Sedangkan di kolom shape Anda dapat merubah bentuk diagram menjadi kerucut, lingkaran, atau segitiga

Kolom shape untuk mengubah bentuk diagram

10. Sedangkan di kolom data labels Anda dapat mengatur apa saja yang akan ditampilkan pada grafik Anda seperti angka, kategori, atau serinya

Mengedit kolom data labels

11. Terakhir, pada kolom options Anda dapat mengatur tampilan grafiknya. Di sini yang dimaksud tampilan grafik berbeda dengan poin nomor 10. Lebih tepatnya, di menu ini Anda bisa mengatur berapa jarak antar grafik dan tampilan dimensinya

Cara membuat grafik di word dengan banyak data

Nah, itulah cara membuat grafik di word 2003. Sayangnya, saat ini sangat jarang sekali orang-orang yang menggunakan Microsoft Word 2003. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada sebagian kecil yang menggunakannya. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda bisa mengikuti tutorial diatas. Bagaimana, Anda sudah mencobanya?

2. Membuat Grafik Di Microsoft Word Dengan 2 Data

Membuat grafik di Word 2007 tidak jauh berbeda dengan Word 2003. Seperti biasa, buka Microsoft Word 2007 terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Pilih insert kemudian chart

Pilih insert kemudian chart

2. Ada banyak model grafik yang bisa Anda pilih di menu sebelah kiri. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian klik ok

Model-model grafik di Word

3. Setelah itu, Anda akan melihat dua jendela seperti gambar di bawah. Jendela satu merupakan Word itu sendiri, sedangkan jendela satunya adalah jendela Excel untuk memasukkan data

Membuat grafik dengan 2 data

4. Grafik akan berubah mengikuti perubahan data yang Anda buat di Excel. Jika Anda hanya menggunakan 2 data, maka grafik juga akan menyesuaikan

Hasil perubahan 2 data Microsoft Word

5. Lakukan perubahan pada category dan series yang ada pada Excel

Cara membuat grafik 2 data di Word

6. Selesai. Grafik Anda siap untuk digunakan

Antara Microsoft Word 2003 dan 2007 memiliki perbedaan dari segi tampilan. Word 2007 lebih unggul dibandingkan dengan 2003 yang tampilannya terlihat klasik. Sedangkan di Word 2007 terlihat lebih modern. Akan tetapi, secara umum tidak ada perbedaan pada cara memasukkan data sehingga menghasilkan sebuah grafik.

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

3. Cara Membuat Grafik Di Word Dengan Sumbu X Dan Y

Sebelum membuat grafik di Word versi apa pun, termasuk Word 2010, Anda perlu memahami terlebih dahulu cara membaca grafik. Grafik mengandung unsur yang bisa membantu dalam menginterpretasikan data yang ingin Anda sampaikan melalui grafik.

Unsur-unsur tersebut di antaranya adalah:

  • Sumbu vertical atau biasa dikenal dengan sumbu y: Adalah bagian vertical yang menjelaskan tentang nilai data.
  • Sumbu horizontal atau biasa dikenal dengan sumbu y: Adalah bagian horizontal yang menjelaskan tentang kategori data.
  • Judul grafik: Judul dari data yang ingin disampaikan melalui grafik.
  • Data series: Titik-titik data yang berhubungan dalam sebuah grafik.
  • Legenda: Mengidentifikasi seri yang diwakilkan dalam macam-macam warna.

Secara umum, langkah-langkah membuat grafik di Word ini tidak jauh berbeda dengan Word 2007. Sehingga, Anda bisa mencobanya sendiri menggunakan tutorial yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Cara Membuat Grafik Di Word Dari Versi 2007 Hingga Versi Terbaru

Ini merupakan rangkuman tutorial membuat grafik di Microsoft Word mulai dari versi 2007. Mulai dari pengenalan jenis-jenis grafik, cara membuat, hingga modifikasinya.

Grafik sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya:

Jenis-jenis grafik Microsoft Word

Grafik kolom: Ini adalah model grafik yang paling sering digunakan. Grafik ini biasanya digunakan untuk membandingkan informasi.

Grafik garis: Anda mungkin menjumpai grafik ini di Google Trends. Ya, grafik ini memang didesain untuk menggambarkan tren yang sedang terjadi dari waktu ke waktu.

Diagram pie: Seperti namanya, diagram pie berbentuk seperti potongan pie yang menyatu menjadi lingkaran. Grafik ini lebih cocok digunakan untuk membandingkan proporsi.

Grafik area: Grafik area memiliki kesamaan dengan grafik garis. Hanya saja, grafik area memiliki warna yang memenuhi setiap garis.

Grafik permukaan: Berbeda dengan grafik-grafik sebelumnya yang berbentuk 2D, grafik permukaan berbentuk 3D. Grafik ini memudahkan Anda untuk melihat berbagai macam informasi secara bersamaan.

Cara Memasukkan Grafik Pada Dokumen Di Word

1. Pilih tempat yang ingin ditambahkan grafik

2. Kemudian pilih InsertChart

Pilih chart

3. Pilih jenis grafik pada kolom sebelah kiri dan Anda dapat memilih berbagai tampilannya di sebelah kanan

Pilih insert chart

4. Sekarang, Anda akan mendapati 2 jendela yang berisikan tampilan grafik dan spreadsheet

Tampilan grafik dan spreadsheet

5. Rubah data yang ada di spreadsheet sesuai dengan data yang Anda miliki

6. Data yang akan muncul adalah data yang ada di dalam kotak biru

7. Klik tanda X jika Anda selesai merubah data

Cara memasukkan grafik di Microsoft Word

Cara Mengedit Grafik Di Word

Jika Anda ingin mengedit data yang sudah terlanjur diinput, Anda dapat mengklik grafik kemudian pilih Edit Data pada tab Design. Kemudian, spreadsheet akan muncul kembali dan Anda dapat merubah data.

Cara Mengedit Grafik Di Word

Baca juga: Cara mengunci folder laptop

Cara Mengubah Jenis Grafik Di Word

Anda juga dapat melakukan perubahan pada tampilan grafik dengan cara berikut:

1. Klik grafik yang ingin dirubah

2. Kemudian pilih change chart type pada tab design

3. Pilih grafik yang Anda inginkan lalu klik OK

Cara mengubah jenis grafik di Word

Cara Mengubah Gaya Grafik Di Word

Setiap jenis grafik memiliki beberapa gaya tampilan grafik. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan Anda. Caranya adalah:

1. Klik grafik yang ingin dirubah, kemudian klik panah drop-drown pada tab design

2. Pilih gaya tampilan yang Anda inginkan

Cara mengubah gaya grafik di Word

Nah itu dia cara membuat grafik di Word semua versi dengan mudah dan cepat untuk pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa segera Anda praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil mempraktekkannya.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Grafik Di Word”

Tinggalkan komentar