Cara Menampilkan Ruler Di Word

Bismillahirrahmanirrahim, Cara menampilkan ruler di Word – Untuk membuat atau mempersiapkan suatu dokumen, laporan serta tulisan, tentu semua orang membutuhkan suatu aplikasi penyedia atau tempat untuk menyelesaikan serta mengedit tugas tersebut pada PC. Sudah bukan hal yang asing lagi, bahwa menggunakan Microsoft Office adalah solusi terbaik untuk pengerjaan suatu dokumen. Namun berdasarkan statistik, hingga saat ini aplikasi word pada Microsoft Office adalah yang paling sering digunakan.

Dengan menawarkan fitur yang sangat komplit untuk pengerjaan dokumen dengan berbagai objek dari tulisan hingga gambar, mampu membuat aplikasi Microsoft Word kian populer. Namun, mungkin sebagian besar dari kamu belum sepenuhnya mengetahui keseluruhan fitur-fitur dari word. Cara menampilkan ruler di Word merupakan salah satu fitur yang paling sering dibutuhkan.

Salah satu fitur yang sederhana namun sangat bermanfaat pada aplikasi word adalah fitur ruler atau penggaris. Meskipun nampak sepele, nyatanya fitur ini bisa membuat tampilan dokumenmu lebih terstruktur, tertata dan tentunya lebih rapih. Dengan kemampuan mengatur spasi, jarak, tab pada setiap kata, kalimat, bahkan paragraf tentunya kamu harus sangat menguasai penggunaan fitur ruler ini.

Secara otomatis mungkin Microsoft Word akan menampilkan fitur ruler ini pada setiap dokumen yang akan dibuat. Namun, pada kasus tertentu mungkin pengaturannya harus dilakukan secara manual agar ruler dapat ditampilkan pada ribbon atau tab di Word. Bukan hal yang tidak mungkin juga, secara tidak sengaja kamu menghilangkan tampilan ruler dan perlu untuk mengembalikan tampilannya kembali.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menampilkan ruler di word, hingga cara mengubah satuan pada ruler Word agar kamu bisa memanfaatkan fitur ini dengan mudah.

Cara Membuat Ruler Di Word

Pada beberapa kondisi, pengaturan pada Microsoft Word mungkin tidak menampilkan ruler atau penggaris. Dalam kondisi ini mungkin kamu akan kebingungan untuk menentukan dan membuat batas pada saat mengedit suatu dokumen, namun jangan khawatir karena kamu bisa dengan mudah mengaktifkan ruler kembali pada Microsoft Word-mu. Langkah-langkah di bawah ini merupakan cara menampilkan ruler di word 2007, 2010, 2013, 2016:

  1. Setelah membuka aplikasi microsoft word kamu akan menemukan tab atau ribbon pada bagian atas aplikasi dengan tulisan “VIEW”. Klik pada bagian tersebut.
  2. Pada tampilan “VIEW”, terdapat tiga kolom pada bagian shows yang bisa kamu centang. Kolom ini terdiri dari kolom centang ruler, gridlines dan navigation pane.
    centang bagian ruler
  3. Pilihlah atau centang bagian ruler untuk mengaktifkan penggaris pada microsoft word.
  4. Setelah tahapan tersebut maka ruler sudah bisa digunakan dan ditampilkan pada microsoft word.
    cara menampilkan ruler di word 2007 2010 2013 2016
  5. Perhatikan satuan ruler pada word. Apabila tidak sesuai kamu bisa mengganti satuan tersebut dengan cara melakukan pengaturan satuan ruler.

Cara membuat ruler di word memang terlihat mudah, dan kamu bisa melakukannya dengan cepat. Meskipun tampak sederhana, nyatanya ruler pada word sangat diperlukan dalam pembuatan suatu dokumen terutama apabila dokumen yang dibuat adalah dokumen ilmiah yang memerlukan pengaturan pada setiap objek yang menjadi unsur suatu dokumen.

Baca juga: Cara membuat grafik di Word

Cara Menampilkan Ruler Di Word 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk menampilkan ruler di Word sebenarnya hampir sama dan juga praktis. Mungkin sedikit saja terdapat perbedaan seperti perihal tata letak pada bagian tab atau ribbonnya. Untuk kebanyakan orang penggunaan ruler sangat bermanfaat, terutama dalam mengedit dan merapikan tampilan dokumen supaya lebih mudah saat dibaca dan tidak berantakan. Manfaat lainnya dari penggunaan ruler di Word adalah:

  • Apabila kamu sedang membuat dokumen dengan persyaratan atau format tertentu, seperti contohnya pada dokumen skripsi, karya ilmiah, teks koran, serta laporan ruler ini akan dengan praktis memberikan jarak otomatis pada dokumen sehingga letak tulisan dan dokumen akan lebih tertata serta terstruktur.
  • Selain jarak otomatis yang bisa terbentuk, ruler juga berfungsi sebagai pengatur tab, spasi dan jarak baik dalam setiap kalimat maupun dalam setiap paragraf.
  • Selain mengatur tulisan, ruler juga berfungsi sebagai pengatur gambar atau objek pada dokumen yang sedang dikerjakan pada microsoft word.
  • Mengatur dengan praktis batas halaman dan juga margin pada word.

Bagian penting lainnya dari fitur ruler adalah vertical ruler, mungkin sebagian dari pengguna microsoft word masih asing dengan istilah vertical ruler ini. Akan tetapi ternyata vertical ruler juga sangat bermanfaat terutama dalam pengaturan header and footer pada word.

Adapun cara untuk menampilkan vertical ruler di Word adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah jendela file atau ribbon file yang terletak pada pojok kiri atas aplikasi microsoft word.
  2. Perhatikan pada bagian kiri tampilan file, akan terdapat beberapa opsi. Pilihlah dan klik “options”.
    klik jendela options
  3. Setelah membuka menu options, pada bagian kiri akan terdapat “advanced”. Buka jendela advanced dan scroll hingga ke bagian display.
  4. Pada bagian display, temukan “Show Vertical Ruler in Print Layout View”. Kemudian centang kolom tersebut.
    cara membuat ruler di word
  5. Klik ok setelah melakukan pengaturan.
  6. Vertical ruler telah aktif dan berhasil ditampilkan. Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya vertical ruler akan sangat bermanfaat untuk pengaturan header and footer pada word.

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

Cara Mengubah Satuan Ruler Di Word

Setelah berhasil dengan cara menampilkan ruler di word, mungkin kamu juga perlu mengatur satuan ruler atau penggaris pada microsoft word-mu. Tidak semua satuan ruler sama pada setiap software atau aplikasi, microsoft word mungkin secara otomatis akan menampilkan satuan tertentu. Apabila kamu ingin mengubahnya tentu saja kamu harus mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat. Berikut ini merupakan cara mengubah satuan ruler di word dengan langkah yang cepat dan mudah:

  1. Bukalah aplikasi microsoft word pada PC atau laptop.
  2. Kemudian klik file pada bagian pojok kiri atas atau bagian ribbon microsoft word.
  3. Setelah membuka tampilan file, akan ada beberapa pilihan pada bagian sebelah kiri, pilih dan bukalah jendela options.
    klik jendela options
  4. Jendela word options akan secara otomatis terbuka. Pada bagian sebelah kiri akan terdapat tab advanced, klik bagian tersebut.
  5. Pada jendela advanced yang sedang dipilih, geserlah kursor ke bagian bawah hingga kamu menemukan bagian display. Bagian display akan menampilkan kolom “Show Measurements in units of”. Pada bagian ini akan tersedia berbagai satuan unit yang bisa kamu pilih.
  6. Pilihlah satuan yang diinginkan. Misalnya: apabila sebelumnya satuan ruler masih dalam satuan inches, maka kamu bisa mengubahnya menjadi centimeter, milimeter atau sesuai satuan yang dikehendaki.
    cara mengubah satuan ruler di word
  7. Lalu terakhir tekan ok.
  8. Satuan pada ruler telah berhasil diubah dan kamu bisa menggunakan ruler dengan satuan baru yang telah diatur.

Itulah beberapa metode yang sangat direkomendasikan untuk membuat, cara menampilkan ruler di word serta mengubah satuan ruler yang tentunya akan sangat berguna untuk menunjang pengerjaan dokumenmu. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, kamu tidak perlu khawatir tentang pengaturan ruler sebagai salah satu fitur pada microsoft word. Semoga tutorial Sudut PC bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar