Cara Mengunci Folder Di Laptop

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mengunci folder di laptop – Komputer atau laptop merupakan sebuah perangkat tempat di mana kita menyimpan berbagai macam data. Data-data yang ada di dalamnya itu juga ada yang termasuk ke dalam privasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komputer, keamanan terhadap data-data dan privasi pengguna juga terus mengalami kemajuan. Hingga munculah cara mengunci folder di laptop untuk mengamankan seluruh data dan privasi yang ada di dalamnya.

Dengan mengunci folder di komputer atau laptop, maka artinya kamu menyembunyikan seluruh isi dan data yang ada di dalamnya. Dan tidak ada yang bisa mengaksesnya kecuali kamu yang memegang kunci atau passwordnya.

Tentu ada sebagian orang yang punya privasi, dokumen rahasia atau file penting yang tidak ingin diketahui apalagi dilihat oleh orang lain. Maka solusinya adalah dengan memberikan perlindungan keamanan terhadap folder yang berisi file-file sensitif tersebut.

Memberikan perlindungan keamanan terhadap sebuah folder bisa dengan cara menguncinya dengan password. Untuk cara mengunci folder di Windows 7, 8, 10 bisa dilakukan baik dengan software maupun tanpa software.

Cara Mengunci Folder Di Laptop & PC Dengan Mudah

Terdapat banyak cara mengunci folder di laptop, mulai dari menggunakan fitur bawaan Windows hingga dengan memanfaatkan software pihak ketiga. Berikut ini kumpulan tutorial mengunci folder PC. Silahkan kamu ikuti yang paling sesuai dengan spesifikasi PC dan selera kamu.

Baca juga: Cara menghilangkan iklan di Google Chrome

1. Mengunci Folder dengan Password Menggunakan Notepad

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan tanpa software tambahan apapun. Software yang akan digunakan untuk membuat password pengunci folder di sini adalah Notepad. Semua PC Windows pasti sudah menginstall dan memiliki Notepad.

Jadi kamu bisa menerapkan cara ini di semua versi Windows termasuk di Windows 7 sekalipun. Karena secara umum software yang digunakan dan langkah-langkahnya sama. Cara ini juga merupakan yang paling mudah.

Langsung saja berikut tutorialnya.

1. Pertama-tama, kamu pilih dulu folder yang pengen dikunci. Atau kamu juga bisa membuat folder baru. Dalam contoh ini folder yang akan dikunci adalah folder Penting.

2. Setelah itu masuk ke folder yang tadi dipilih. Kemudian buat file text baru. Caranya klik kanan, pilih New dan pilih Text Document.

Membuat text document baru

3. Buka file text tersebut lalu masukkan script berikut ini.

cls
@ECHO OFF
title Pengunci Folder
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apa kamu ingin mengunci folder ini? (Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Pilihan yang kurang tepat.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo Folder berhasil terkunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan kata sandi untuk membuka folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==MASUKKAN_PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo Folder berhasil dibuka.
goto End
:FAIL
echo Kata sandi salah.
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker berhasil dibuat
goto End
:End

4. Ganti tulisan MASUKKAN_PASSWORD dengan password yang akan digunakan untuk membuka kunci folder. Dalam contoh ini menggunakan rahasia sebagai password folder Penting.

Masukkan script di notepad

5. Save as file text yang telah dibuat tadi. Pada bagian File name beri nama locker.bat dan pada bagian Save as type ganti ke All Files. Jika sudah klik tombol Save. Jika sudah membuat file locker.bat kamu bisa hapus file New Text Document.

6. Berikutnya jalankan file locker.bat tersebut dengan cara double klik. Maka secara otomatis akan muncul folder lagi yang bernama Private.

Muncul folder private

7. Selanjutnya masukkan semua file, data dan dokumen privasi yang akan disembunyikan di dalam folder Private yang telah dibuat tadi.

8. Setelah kamu memindahkan semua file penting ke dalam folder Private itu, jalankan lagi file locker.bat maka akan muncul jendela baru dengan CMD yang tampak seperti gambar berikut. Selanjutnya tekan tombol Y dan tekan tombol Enter pada keyboard.

Mengunci folder di laptop dengan notepad

9. Sekarang secara otomatis folder Private tadi disembunyikan dan menjadi hilang. Pada tahap ini kamu sudah berhasil menyembunyikan folder di PC.

10. Untuk bisa memunculkan folder itu kembali, caranya cukup klik dua kali lagi file locker.bat dan tampilan dengan CMD akan muncul seperti gambar di bawah ini. Sekarang masukkan password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Masukkan password notepad

11. Folder Private akan muncul lagi. Kamu bisa mengaksesnya kembali. Dan untuk mengunci dan jika ingin menghilangkannya lagi, kamu klik dua kali file locker.bat dan tekan tombol Y lalu Enter.

Itulah cara menyembunyikan folder dengan mudah menggunakan password dan tanpa software tambahan. Cara ini merupakan yang paling kompatibel dan bisa digunakan pada semua versi Windows. Jadi kamu bisa mencoba cara yang pertama ini, kalau gagal baru lanjut ke cara-cara berikutnya.

2. Mengunci Folder dengan Enkripsi

Selain mengunci folder dengan password, mengunci folder dengan enkripsi merupakan opsi lain yang bisa kamu lakukan. Cara ini memanfaatkan fitur built-in atau bawaan Windows sehingga benar-benar tanpa menggunakan software apapun.

Sayangnya, cara kedua ini hanya bisa dilakukan di Windows 10 Pro dan Enterprise saja. Selain itu, ada juga beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Berikut syarat-syarat mengunci folder dengan enkripsi.

  1. Sistem operasi yang digunakan Windows 10 Pro atau Enterprise.
  2. Windows 10 sudah teraktivasi
  3. Menggunakan akun Windows atau Microsoft yang sudah diberi password.

Cara kerja enkripsi folder adalah dengan memberikan proteksi terhadap folder tersebut berupa password yang digunakan pada akun Windows atau Microsoft yang ada di Windows itu. Jadi kekurangannya adalah kamu tidak bisa membuat password sendiri.

Kalau kamu tidak mengaktifkan fitur password pada akunnya, maka cara ini tidak akan berguna sama sekali.

Selain itu, cara ini hanya akan terasa efektif bila ada 2 atau lebih pengguna di PC yang sama. Karena cara ini hanya mengunci folder ketika diakses oleh pengguna yang lain. Jadi Windows tidak akan menanyakan password kalau folder yang dikunci dibuka oleh akun yang menguncinya.

Meskipun begitu, cara ini bisa dibilang hemat dan mudah. Karena kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga sehingga memori lebih hemat memori dan tidak menambah beban PC. Jika semua kriteria di atas sudah terpenuhi, maka kamu bisa lanjut ke cara mengenkripsi folder di Windows 10 berikut ini.

1. Klik kanan folder yang ingin dikunci.

2. Kemudian klik pada menu Properties.

3. Setelah jendela Properties muncul, klik tombol Advanced.

Klik tombol advanced di folder penting

4. Akan muncul jendela baru lagi. Centang pada opsi Encrypt contents to secure data dan klik tombol OK.

Mengunci folder dengan enkripsi

5. Klik tombol Apply.

6. Windows akan kembali menampilkan kotak dialog lagi yang menanyakan apakah kamu ingin mengunci foldernya saja atau ingin mengunci seluruh isi yang ada di dalamnya juga. Disarankan untuk mengunci folder dan semua isinya dengan cara centang pada opsi Apply changes to this folder, subfolders and files dan klik tombol OK.

Pilih opsi kedua

7. Sekarang proses enkripsi sedang berjalan. Tunggu sampai selesai. Lamanya proses tergantung pada kapasitas data yang ada di dalam folder.

8. Setelah selesai, maka folder yang telah terenkripsi tersebut akan ditandai dengan ikon gembok.

Akan muncul ikon gembok

3. Mengunci Folder dengan 7Zip

Cara yang ketiga ini menggunakan software pihak ketiga bernama 7Zip. Kalau kamu tidak mau ribet dengan cara-cara di atas, maka kamu bisa menggunakan cara ini. Karena biasanya yang menggunakan software selalu lebih mudah untuk dilakukan.

Software yang bisa digunakan untuk cara mengunci folder dengan password di laptop adalah software pengelola file RAR atau Zip, dalam hal ini berupa software 7Zip.

Jangan khawatir jika spesifikasi laptop kamu tidak terlalu tinggi atau kapasitas RAM kamu terbatas. Karena software 7Zip ini berukuran sangat kecil, hanya 1MB saja sehingga bisa dipastikan tidak akan memberatkan PC kamu. Yuk simak berikut ini adalah cara mengunci folder dengan software 7Zip.

1. Download dan install 7Zip terlebih dahulu.

2. Selanjutnya pilih folder yang ingin dikunci, klik kanan pada folder tersebut, pilih menu 7-Zip dan pilih Add to archive.

pilih add to archive 7zip

3. Lalu jendela 7Zip akan muncul. Pada opsi Archive format silahkan pilih format arsip yang diinginkan, namun format yang dianjurkan adalah zip supaya lebih mudah.

4. Sekarang pada bagian Encryption silahkan masukkan password di kolom yang tersedia. Kalau sudah klik tombol OK.

Mengunci folder di pc dengan 7zip

5. Maka sekarang folder tadi sudah berhasil diamankan menggunakan password yang kamu buat. Jika ingin membukanya, akan muncul kotak dialog yang meminta password untuk bisa mengakses data folder beserta data yang ada di dalamnya.

4. Mengunci Folder dengan Folder Guard

Cara berikutnya juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Aplikasi yang digunakan kali ini adalah Folder Guard. Berikut tutorial mengunci folder di PC dengan Folder Guard.

1. Pertama-tama kamu harus download dan install software Folder Gard dulu.

2. Kalau sudah selesai, buka software Folder Guard yang telah diinstall. Pada saat pertama kali, kamu akan diminta membuat password. Silahkan masukkan password pada kolom yang tersedia dan tekan tombol OK.

Masukkan password folder guard

3. Selanjutnya untuk menambahkan folder yang akan dikunci, klik tulisan Lock a folder with password.

Klik lock a folder with password

4. Kemudian untuk mencari lokasi foldernya klik pada tombol Browse for folder. Cari dan pilih folder yang ingin dikunci dan tekan tombol OK.

5. Sekarang masukkan password untuk folder tersebut. Pada tiap folder yang ingin kamu kunci, kamu sebetulnya dapat menggunakan password yang beda-beda. Tapi agar tidak lupa & mudah diingat, masukkan saja password yang sama seperti pada langkah nomor 2 tadi. Kemudian klik tombol Next.

6. Klik tombol Finish.

Klik finish di folder guard

7. Lalu untuk mengaktifkan perlindungan password pada folder tadi, klik pada tombol Protect.

Mengunci folder di komputer dengan folder guard

8. Sekarang kamu sudah berhasil mengunci folder dengan aplikasi Folder Guard. Untuk mengeceknya, masuk ke dalam folder yang diberi password tadi. Maka semua file yang ada di dalamya akan hilang. Untuk mengaksesnya klik tombol Unlock yang muncul di dalam folder itu.

9. Masukkan password yang sudah dibuat tadi dan tekan OK.

Klik unlock dan masukkan password

10. Setelah password yang dimasukkan benar, maka semua file akan muncul kembali. Untuk menguncinya kembali tinggal klik tombol Lock yang ada di bagian atas jendela.

5. Mengunci Folder Di Laptop Menggunakan Wise Folder Hider

Wise Folder Hider dapat membantu kamu untuk menyembunyikan folder rahasia yang penting, sesuai dengan namanya. Sehingga tidak semua orang bisa membuka dan mengaksesnya.

Sistemnya sama seperti software-software di atas, kamu harus memasukkan password yang sebelumnya sudah ditentukan terlebih dahulu kalau ingin mengakses folder yang disembunyikan.

Berikut tutorial mengunci folder dengan software Wise Folder Hider.

1. Download dan install dulu software Wise Folder Hider.

2. Pada saat pertama kali membukanya, kamu akan diminta memasukkan password. Lalu kamu masukkan password yang kamu inginkan namun harus unik dan mudah diingat. Karena password ini digunakan untuk membuka folder yang disembunyikan. Kalau sudah klik tombol OK.

Masukkan password wise folder hider dan klik ok

3. Sekarang cukup lakukan drag and drop pada folder yang ingin disembunyikan ke dalam software Wise Holder Hider.

4. Folder yang yang telah disembunyikan makan akan tampil di layer utama software Wise Folder Hider. Statusnya adalah Hidden yang berarti folder tersebut disembunyikan dan tidak bisa dilihat oleh siapapun.

Cara mengunci folder di Windows

5. Untuk membuktikannya, silahkan cari folder tersebut. Maka folder itu akan hilang secara otomatis.

6. Untuk memunculkan dan mengaksesnya kembali, klik tombol Open berwarna hijau pada Wise Folder Hider.

7. Maka statusnya akan berubah dari Hidden menjadi Visible yang artinya terlihat. Folder tersebut akan muncul kembali dan kamu bisa mengaksesnya seperti biasa.

Cara mengembalikan folder menggunakan Wise Folder Hider

8. Ketika kamu sudah selesai mengakses folder tersebut, entah itu mengedit, membuka atau membuat file baru di dalamnya, jangan lupa menutup software Wise Folder Hider untuk menyembunyikan foldernya lagi secara otomatis.

9. Jadi setiap kali ingin mengakses folder yang disembunyikan, kamu harus membuka aplikasi Wise Folder Hider. Dan juga setiap ingin membuka software Wise Folder Hider, kamu harus memasukkan password yang sudah dibuat oleh kamu di awal.

Dari sekian banyak cara mengunci folder di laptop dan komputer, silahkan piilh salah satu yang paling cocok buat kamu, entah itu yang dengan software atau tanpa sotware.

Tidak perlu khawatir lagi ada yang membuka-buka data penting kamu. Sekarang jika ingin mengakses folder pribadi maka harus memasukkan password dulu. Dengan begitu, semua file-file privasi kamu telah terlindungi dengan aman dan nyaman.

2 pemikiran pada “Cara Mengunci Folder Di Laptop”

  1. Wah efektif banget nih cara mengunci foldernya. Biarpun Windows nya ngga dikunci, tapi data-data di foldernya tetap aman.

    Balas

Tinggalkan komentar