Cara Menggabungkan File Word

Bismillahirrahmanirrahim, Tidak dipungkiri lagi sekarang Microsoft Word merupakan software pengolah kata dan dokumen yang paling banyak digunakan. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggabungkan file Word.

Aplikasi Microsoft Word menjadi salah satu software yang paling sering digunakan oleh pekerja kantoran dan para pelajar. Saat ingin bekerja dengan dokumen Word, ada saatnya di mana kamu perlu menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu dokumen utama saja.

Ketika isi dokumen tidak terlalu banyak, tentu ini bukan hal yang sulit karena kamu bisa langsung melakukannya dengan cara copy paste. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata isi dokumennya sangat banyak dan dalam format yang kompleks? Maka kamu perlu menggunakan cara-cara yang akan dijelaskan di artikel ini.

Terdapat banyak sekali cara menggabungkan file Word baik online maupun offline. Berikut selengkapnya.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Cara yang pertama ini adalah cara offline, artinya bisa kamu lakukan tanpa memerlukan koneksi internet dan hanya menggunakan fitur dari Microsoft Word itu sendiri. Seperti yang kita ketahui Microsoft Word dibekali dengan banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah fitur penggabung file atau dokumen.

Sayangnya masih banyak pengguna yang tidak tahu kalau Microsoft Word memiliki fitur built-in ini. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu dokumen saja dan mempertahankan format aslinya sebaik mungkin. Penasaran bagaimana caranya? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya.

  1. Buka salah satu file Word yang ingin digabungkan.
  2. Pilih tab Insert.
    Klik Tab Insert
  3. Klik ikon drop-down yang ada di samping tombol Object dan klik tombol Text from File…
    Klik Text From File
  4. Akan terbuka jendela baru, sekarang pilih dokumen-dokumen lainnya yang ingin digabungkan dengan dokumen yang sekarang kamu buka. Kamu bisa memilih lebih dari satu file dengan cara menekan tombol CTRL.
  5. Setelah memilih semua file Word yang ingin digabungkan, klik tombol Insert.

Baca juga: Cara membuat daftar isi di word

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format

Pada beberapa kasus dokumen Word yang ingin digabungkan merupakan dokumen kompleks seperti karya ilmiah, laporan, atau karya tulis lainya yang berisi halaman-halaman dengan format berbeda seperti cover, kata pengantar, daftar isi, dan BAB 1 sampai BAB 5.

Beberapa orang memilih membuat masing-masing bagian dokumen tersebut secara terpisah agar lebih mudah, baru kemudian menggabungkan semuanya ketika sudah selesai.

Misalnya, ada beberapa file Word yang tidak memiliki format halaman, yaitu cover. Ada juga file yang memiliki format nomor halaman angka romawi, biasanya terdapat pada halaman daftar isi, kata pengantar, abstrak dan lain-lain. Lalu ada juga halaman biasa yang nomor halamannya menggunakan angka biasa. Semua file-file terpisah tersebut harus digabungkan menjadi satu file utama.

Yang menjadi masalah adalah, bagaimana cara menggabungkannya tanpa merusak format yang sudah ada?

Tenang, kamu tetap bisa melakukannya dengan Microsoft Word, hanya saja caranya sedikit lebih panjang. Berikut cara menggabungkan file Word tanpa merubah formatnya.

  1. Buka software Microsoft Word.
  2. Kemudian letakkan kursor di baris terakhir halaman pertamanya.
  3. Lalu masuk ke tab Page Layout. Klik tombol Breaks dan klik Page. Setelah itu akan muncul satu halaman baru, dari yang tadinya hanya ada satu halaman sekarang menjadi dua halaman. Letakkan kursor pada baris terakhir halaman kedua yang muncul barusan.
  4. Selanjutnya masih di tab Page Layout, klik lagi tombol Breaks tapi sekarang klik tombol Next Page. Satu halaman baru akan kembali ditambahkan sehingga sekarang total ada 3 halaman.
  5. Sekarang klik dua kali bagian footer hingga masuk ke mode edit header & footer.
  6. Pastikan sekarang kamu berada di tab Design. Akan tampil beberapa format footer, pilih yang kamu inginkan sesuai kebutuhan. Sekarang bagian bawah dokumen akan berubah mengikuti bentuk footer yang kamu pilih tadi. Akan tetapi, saat ini dokumen Word hanya dapat menampilkan 1 jenis format tadi saja. Lanjut ke langkah berikutnya.
  7. Sekarang kamu perlu mengubah formatnya sesuai dengan kebutuhan kamu.
  8. Format pertama yang akan diubah adalah untuk halaman pertama atau covernya. Letakkan kursor di halaman pertama. Masuk lagi ke tab Design dan klik tombol Different frist page sampai muncul tanda ceklis. Sekarang format di halaman pertama akan hilang alias tidak memiliki format halaman
  9. Kemudian untuk mengubah format halaman dari format nomor halaman angka biasa ke angka romawi, pindahkan kursor ke halaman yang ingin diubah, misalnya kata pengantar atau daftar isi.
  10. Di tab Design klik tombol Page Number. Pilih yang formatnya angka romawi. Sekarang format halaman tersebut akan berubah ke format nomor halaman angka romawi.
  11. Dan tahap yang terakhir adalah mengubah halaman tertentu menjadi halaman pertama dari dokumen. Misalnya halaman ke-5 akan diubah menjadi format angka dari awal atau nomor 1. Caranya sama saja, letakkan kursor di halaman tersebut.
  12. Di tab Design klik tombol Page Number dan pilih format nomor halaman angka biasa.
  13. Pastikan pada opsi Start At kamu menuliskan angka 1. Klik tombol OK dan format halaman akan berubah menjadi format nomor halaman satu.
  14. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan dokumen-dokumen lainnya yang ingin digabungkan dan kembali mengatur format halamannya seperti langkah-langkah sebelumnya.

Cara Menggabungkan Dokumen Word Secara Online Dengan DocSoSo

DocSoSo adalah layanan pengkonversi dokumen online gratis. Kamu tidak perlu menginstal software atau plugin apapun untuk menggunakannya. Dengan DocSoSo kamu bisa dengan mudah menggabungkan dokumen Word secara online.

  1. Buka halaman situs DocSoso. Klik tombol Word Convert dan pilih Merge Word.
    Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format
  2. Lalu klik tombol Select Files untuk mulai memilih dokumen Word yang ingin digabungkan. Kamu bisa langsung memilih beberapa file sekaligus.
  3. Klik tombol Merge Word untuk memulai proses.
  4. Ketika proses penggabungan sudah selesai, klik tombol Donwload File yang muncul untuk mendownload dokumen gabungan atau membukanya secara langsung dengan klik tombol Open File.

Baca juga: Cara membuat bingkai di Word

Cara Menggabungkan Dokumen Word Menjadi Satu dengan FilesMerge

FilesMerge adalah website selanjutnya yang memberikan layanan penggabungan file berbasis cloud secara gratis. Kamu tidak perlu menginstall apapun untuk menggunakannya. Yang kamu perlukan hanyalah komputer, browser dan akses internet saja.

  1. Buka situs FilesMerge dan klik tombol Merge Word yang ada di pilihan beranda.
    Cara Menggabungkan File Word Dengan Halaman Berbeda
  2. Klik tombol Select a local file untuk memilih dan mengupload file yang ingin digabung. Kamu juga bisa menempelkan URL nya kalau kamu sudah menguploadnya di tempat lain.
  3. Kelebihan FilesMerge adalah kamu bisa mengurutkan dokumennya terlebih dahulu dengan cara klik tombol atas atau bawah.
  4. Apabila sudah selesai mengurutkan klik tombol Merge untuk memulai proses penggabungan file.
  5. Download file gabungan.

Cara Menggabungkan Dokumen Word Dengan Aspose

Platform online selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file Word adalah Aspose. Dengan Aspose, kamu bisa mengkonversi mengedit, memberi watermark, melihat, menggabungkan, memisahkan, hingga menandatangi dokumen.

Berikut cara menggabungkan file Word dengan halaman berbeda secara online dengan Aspose.

  1. Buka website Aspose. Di halaman awalnya, klik menu Merger.
    Cara Menggabungkan File Word Secara Online
  2. Klik tombol Drop or upload your files untuk mengupload file Word kamu.
  3. Lalu klik tombol MERGE NOW berwarna hijau untuk mulai menggabungkan file Word.
  4. Kamu bisa langsung mendownload, melihat atau bahkan mengirim file gabungannya di email. Namun, perlu diketahui bahwa file akan dihapus secara otomatis dari server setelah melewati batas waktu 24 jam.

 Baca juga: Cara membuat tabel di Word

Cara Menggabungkan File Word Dengan Software Okdo Word Merger

Opsi terakhir yang bisa kamu andalkan untuk menggabungkan file di Word adalah dengan menggunakan software atau aplikasi, lebih tepatnya Okdo Word Merger. Okdo Word Merger ini adalah sebuah aplikasi sederhana yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan beberapa dokumen dengan format DOC, DOCM, DOCX dan RTF menjadi satu file yang lebih besar dengan mudah dan cepat.

  1. Download aplikasi Okdo Word Merger.
  2. Install dan buka aplikasi, kemudian klik tombol Add File(s) untuk menambahkan file yang ingin digabungkan.
  3. Setelah itu, klik tombol Merge. Kamu akan segera mendapatkan file Word baru dengan gabungan dari file-file tadi.
    Aplikasi Penggabung File Word

Demikian beberapa pilihan cara menggabungkan file Word dengan mudah. Tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan pilih yang memerlukan akses internet alias online, atau yang offline. Semoga kamu bisa melakukannya sendiri, ya.

Tinggalkan komentar