Cara Membuat Tabel Di Word 2007, 2010, 2013, 2016

Bismillahirrahmanirrahim, Mungkin kamu sering membuat sebuah tabel di Ms. Excel, karena memang software tersebut dibuat salah satunya untuk mempermudah kamu membuat tabel. Tapi bagaimana cara membuat tabel di Word?

Saat bekerja memakai dokumen di Word, kadang kita berurusan dengan daftar nama atau listing. Agar pekerjaan rapih atau enak dilihat, para pengguna biasanya akan menggunakan tabel sebagai pemisah antara entry data yang satu dengan yang lain.

Biasanya mereka yang ingin membuat tabel bisa langsung pergi ke Ms. Excel, namun kini pembuatan tabel bisa dengan software Ms. Word, terdapat pengaturan untuk membuat tabel yang dimana memerlukan panduan khusus dalam pengerjaannya.

Cara Membuat Tabel Di Word

Oke, untuk mempermudah kamu yang ingin belajar dalam pertabelan. Di tutorial ini kami akan membahas tentang cara membuat tabel di Word 2007, 2010, 2013, 2016. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Tabel

cara membuat tabel di microsoft word

  1. Pertama kita mulai dari dasar dulu. Cara tergampang serta cepat dalam membuat tabel yaitu diawali daari menu insert (1) > Table (2) lalu tentukan berapa banyak kolom dan baris yang ingin kamu buat dan klik (3) untuk membuatnya
  2. Jika baris atau kolom msaih terasa kurang setlah kamu membuat tabel, kamu bisa gunakan tombol (+) di antara baris maupun kolom.
  3. Selanjutnya yaitu menyeleksi kolom maupun baris dengan cepat. Yang perlu kmau lakukan hanya arahkan kursormu ke luar dari tabel. Untuk menyeleksi baris, arahkan kursor ke bagian paling ujung sebelah kiri dari tabel lalu klik dalam satu baris saja.
  4. Untuk menyeleksi kolom, tempatkan kursormu pada bagian atas tabel suatu kolom jika berubah menjadi tanda panah kebawah warna hitam, tinggal kamu klik.memberi warna di tabel word
  5. Setelah melakukan penyeleksian tabel, kamu bisa membuat perubahan sesuka hati dengan banyaknya pilihan yang telah disediakan Ms. Word. Contohnya, memberi warna pada baris pertama pada tabel, dengan cara klik Design > Shading dan pilih warna yang kamu sukai.menyeleksi seluruh tabel
  6. Klik icon seperti gambar di atas untuk menyeleksi keseluruhan tabel.

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

2. Memberi Nomor Secara Otomatis – Cara Membuat Tabel Di Word

Dalam Excel, kamu bisa memberi nomor secara otomatis dengan mudah. Di Ms. Word juga kamu dapat melakukannya, namun caranya berbeda.

memberi nomor otomatis di tabel word

Block kolom atau baris yang ingin kamu beri nomor, lalu pada menu Home, klik Bullets & Numbering dan kemudian opsi angka sepertii gambar di atas.

3. Mengatur Ukuran Kolom Dan Baris

Kamu bisa menggunakan Ruler di Word untuk mengatur ukuran baris serta kolom dengan mudah. Untuk cara menampilkan ruler di Word, klik View dan klik Ruler.

mengatur ukuran kolom dan baris

Untuk bisa mengatur ukuran baris dan kolom, pertama kamu klik tabelnya. Setelah itj, kamu bisa menggeser Ruler. Kamu juga bisa menggunakan garis-garis yang membagi tabel untuk memperkecil dan memperbesarnya.

4. Mengubah Baris Menjadi Kolom Dan Sebaliknya

Dalam Ms. Excel, Tranpose membuat posisi bari menjadi kolom dan sebaliknya. Ada beberapa situasi yang mngharuskan kamu menukar posisi diantara keduanya. Sayangnya fitur tranpose ada di dalam Ms. Excel saja, yang artinya kamu harus memindahkan tabel yang ada di Ms. Word ke Excel untuk melakukannya.

mengubah baris menjadi kolom

Silahkan copy dulu tabel yang akan di Tranpose dari Ms. Word ke Excel. Lalu, kamu cut atau copy tabel yang ada di Excel. Pada menu Home, pilih Paste dan pilih Tranpose. Setelah kamu selesai melakukan Tranpose, salin kembali dan tempel di Ms. Word

5. Mengubah Teks Ke Tabel Dan Sebaliknya

Jika kamu pernah mendapatkan data berbentuk teks dan ingin mengubahnya dalam bentuk tabel, berikut caranya.

mengubah teks ke tabel

  1. Pertama, blok terlebih dahulu semua data tabular yang kamu miliki (1). Pilih insert (2) >Table (3) > conver text to Table … (4). Setelah itu, kamu diberi opsi untuk memformat tabelmu. Lalu klik OK. Hasilnya akan seperti gambar di bawah.mengubah tabel ke teks
  2. Untuk mengubahnya kembali, blok seluruh tabel (1) lalu klik Layout (2) kemudian klik Convert to Text (3).pilih commas dan klik tombol ok
  3. Lalu, pilih sesuai kemauanmu. Kami rekomendasikan untuk menggunakan pilihan “Commas” agar data dalam tabel terpisah dengan koma. Jika selesai, klik OK. Hasilnya nanti akan kembali seperti semula.

6. Menambahkan Caption Di Tabel Dan Menggunakannya Sebagai Daftar Isi

menampilkan caption di tabel

Blok semua tabel, lalu klik kanan pada tabel dan klik Insert Caption. Beri nama caption, lalu klik OK. Taampilan nantinya akan seperti gambar diatas. Format caption pun bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan.

7. Menggunakan Ulang Tabel yang Telah Dibuat

Jika kamu sering membuat tabel yang sama dalam dokumen yang sama pula, kamu bisa menggunakan opsi Quick Parts yang ada di Ms. Word, sehingga kamu tak perlu membuatnya ulang tabelnya.

pilih save selection to quick part gallery

Pertama, plih tabel kamu. Lalu, klik menu Insert > Text > Quick Parts > “Save Selection to Quick Part Gallery… “. Setelah itu, beri informasi mengenai Quick Parts yang telah kamu buat.

menggunakan ulang tabel

Untuk menggunakan Quick Parts, klik Insert > Text > Quick Parts dan pilih. Jika ingin melihat semua Quick Parts yang telah dibuat, kamu cukup meng-klik “Building Blocks Organizer…”

Baca juga: Cara menghapus halaman kosong di Word

8. Copy Dan Paste Tabel Ke Email

copy paste tabel ke email
Sesuai gambar diatas, kami menggunakan aplikasi Mail di Windows 10. Kami bisa dengan gampangnya copy & paste tabel yang telah dibuat di Ms. Word ke aplikasi email.

Banyak sekali kelebihan yang di dapat dari membuat tabel dalam Ms. Word, seperti memudahkan mengganti teks ke tabel, menambahkan caption dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya bisa kamu lakukan dengan mudah.

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan dari membuat tabel di Ms. Word adalah kurangnya opsi atau fitur yang mendukung dalam pembuatan tabel khususnya tabel yang sistematis, yang membutuhkan beberapa rumus untuk menyelesaikannya.

Baiklah itu tadi cara membuat tabel di word agar muat, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pengalaman membaca yang baik untuk kamu. Dalam membuat suatu tabel kamu memerlukan ketelitian penuh saat membuatnya. Kamu bisa baca artikel ini berulang kali sampai paham agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk dibagikan ke semua temanmu. Sekian, terimakasih!

Tinggalkan komentar