Cara Partisi Hardisk Windows 10

Bismillahirrahmanirrahim, Cara partisi hardisk Windows 10 – Partisi hardisk merupakan salah satu istilah yang biasa ditemui di dunia komputer. Singkatnya, partisi hardisk adalah pembagian hardisk. Mempartisi hardisk berarti metode atau proses membagi hardisk menjadi beberapa bagian (partisi) terpisah.

Gunanya adalah agar manajemen data menjadi lebih terstruktur dan rapi. Dengan melakukan partisi hardisk, maka kamu jadi bisa mengatur dan mengelola data menjadi lebih mudah. Misalnya semua data yang berkaitan dengan tugas kuliah maka harus dimasukkan ke partisi hardisk TUGAS KULIAH.

Secara default, sebuah komputer mempunyai 2 partisi hardisk, yaitu C untuk sistem operasi yang digunakan dan D untuk data.

Untuk membuat atau menghapus partisi hardisk, kamu bisa melakukannya baik saat install ulang maupun tanpa install ulang. Yang pasti, cara partisi hardisk Windows 10 mudah untuk dilakukan.

Manfaat Partisi Hardisk Windows 10

Sebelum langsung mempraktikkan cara membuat partisi hardisk Windows 10, mari ketahui dulu apa saja manfaat melakukan partisi hardisk.

  1. Bisa digunakan untuk dual boot dengan sistem operasi lain. Dengan mempartisi hardisk, kamu bisa menginstall lebih dari 1 sistem operasi tanpa perlu khawatir file tertumpuk dan berantakan. Misalnya partisi C untuk sistem operasi Windows dan partisi D untuk sistem operasi Linux. Sementara itu partisi E berisi data-data pribadi seperti foto, dokumen, musik game atau file-file lainnya.
  2. Hardisk akan lebih handal dan mudah untuk mengindeks sebuah file baru. Jadi salah satu manfaat partisi hardisk adalah membantu mempercepat performa komputer atau laptop.
  3. Melindungi file-file yang ada di partisi lain. File yang berbeda partisi tidak akan saling mempengaruhi satu sama lain. Jadi jika ada sistem partisi yang terkena virus, maka kemungkinan besar file yang ada di partisi lain akan tetap aman terjaga. Meskipun nantinya kamu harus melakukan install ulang, setidaknya file yang ada di partisi selain C itu akan tetap ada. Karena saat install ulang kamu hanya perlu memformat partisi C saja.

Tentunya banyak sekali bukan cara partisi hardisk Windows 10 di atas? Semua manfaat di atas bisa kamu rasakan jika kamu mempraktikkan caranya dengan baik dan benar.

Baca juga: Cara mudah aktivasi Windows 10

Cara Partisi Hardisk Windows 10

Namun, dalam melakukan partisi hardisk, kamu perlu hati-hati. Jangan sampai kamu menghapus data pada hardisk yang akan dipartisi.

Untuk melakukan partisi hardisk di Windows 10, kita bisa menggunakan fitur bawaan Microsoft, yaitu Disk Management.

Disk Management merupakan tools yang memang dapat digunakan untuk mengelola hardisk di Windows 10, termasuk melakukan partisi hardisk.

Untuk lebih lengkapnya, berikut fitur-fitur Disk Management di Windows 10.

  • Extend Volume: Digunakan untuk menambah ukuran partisi.
  • Shrink Volume: Digunakan untuk mengurangi ukuran partisi dan membagi partisi.
  • New Simple Volume: Digunakan untuk membuat partisi hardisk baru.
  • Delete volume: Digunakan untuk menghapus partisi hardisk.

Sebelum masuk ke tahap cara menambah partisi hardisk Windows 10, sebaiknya lakukan pencadangan back up data terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan supaya data penting yang ada di hardisk dipastikan tetap aman.

Dengan memanfaatkan Disk Management, kamu bisa melakukan partisi hardisk berkali-kali tanpa install ulang dan juga tanpa format.

1. Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10

Untuk membagi atau mengecilkan ukuran partisi hardisk, fitur Disk Management yang digunakan adalah fitur Shrink Volume. Hasil partisi baru dari pecahan partisi lama akan menjadi unallocated space atau ruang yang tak teralokasi.

Unallocated space ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk membuat partisi atau menambah ukuran partisi yang lain.

Langsung saja berikut cara membagi partisi hardisk Windows 10.

1. Tekan tombol Windows + X kemudian pilih menu Disk Management.

Buka Disk Management

2. Klik kanan pada partisi yang ingin dipecah atau diperkecil ukurannya. Lalu klik Shrink Volume…

Klik Shrink Volume

3. Selanjutnya masukkan kapasitas yang akan diambil untuk partisi barunya. Masukkan kapasitas dalam satuan MB. Sebagai contoh jika ingin mengambil kapasitas 15 GB maka tulis 15000.

Cara membagi partisi hardisk Windows 10

4. Klik tombol Shrink.

5. Setelah proses selesai, maka ukuran partisi hardisk yang dipilih tadi akan berkurang sesuai dengan kapasitas yang sudah diinput. Dan hasil shrink tadi akan muncul menjadi Unallocated.

2. Cara Membuat Partisi Hardisk Windows 10

Untuk bisa membuat partisi hardisk baru di Windows 10, maka kamu memerlukan partisi kosong atau yang biasa disebut unallocated space. Untuk membuat sebuah partisi kosong, kamu bisa menggunakan cara membagi partisi hardisk yang sudah ada di atas.

Berikut cara menambah partisi hardisk Windows 10.

1. Tekan tombol Windows + X dan buka Disk Management.

2. Klik kanan pada partisi Unallocated Space kemudian pilih opsi New Simple Volume…

Klik New Simple Volume

3. Maka jendela wizard New Simple Volume akan muncul. Klik tombol Next. Kemudian tentukan ukuran atau kapasitas (dalam satuan MB) partisi baru yang mau dibuat. Di situ juga akan tertera berapa ukuran minimal dan maksimal yang bisa kamu buat. Kalau sudah klik lagi tombol Next.

4. Sekarang tentukan identitas partisi baru tersebut. Atau yang bisa disebut dengan istilah Drive Letter. Nama partisi tersebut berupa abjad seperti C, D, E dan sebagainya. Pilih salah satu dari yang tersedia dan klik tombol Next.

Cara membuat partisi hardisk Windows 10

5. Kemudian beri nama partisi baru tersebut. Tekan lagi tombol Next. Tunggu proses pembuatan partisi hardisk baru sampai selesai dan klik tombol Finish.

3. Cara Menambah Ukuran Partisi Hardisk Windows 10

Sama seperti saat ingin membuat partisi baru, kamu memerlukan partisi tak terpakai atau Unallocated Space jika ingin menambah ukuran pada partisi yang sudah ada. Karena nantinya ukuran atau kapasitas tambahan untuk partisi tersebut diambil dari kapasitas Unallocated Space yang tak terpakai itu.

Berikut cara menambah ukuran partisi hardisk di Windows 10.

1. Klik tombol Windows + X kemudian pilih Disk Management.

2. Klik kanan pada partisi yang ingin ditambah kapasitasnya, lalu pilih menu Extend Volume…

Klik Extend Volume

3. Maka jendela wizard Extend Volume akan muncul. Klik tombol Next. Kemudian tentukan ukuran atau kapasitas (dalam satuan MB) yang ingin ditambahkan. Kapasitas maksimal yang bisa ditambahkan tentunya tergantung pada kapasitas Unallocated Space tadi. Kalau sudah klik tombol Next.

Cara menambah partisi hardisk Windows 10

4. Tunggu sampai proses penambahan ukuran partisi hardisk selesai.

5. Klik tombol Finish.

4. Cara Menghapus Partisi Hardisk Windows 10

Sebelum kamu menghapus partisi hardisk, pastikan dulu data-data atau file yang ada di dalamnya sudah tidak diperlukan lagi atau sudah dikosongkan isinya.

Kamu bisa melakukan pencadangan data dulu pada partisi tersebut jika memang dirasa perlu. Partisi hardisk yang dihapus akan menjadi ruang kosong dan bisa dirubah menjadi Unallocated Space untuk dimanfaatkan membuat partisi baru atau menambah kapasitas partisi lainnya.

Langsung saja simak cara menghapus partisi hardisk Windows 10 di bawah ini.

1. Tekan kombinasi tombol Windows + X kemudian pilih pada menu Disk Management.

2. Selanjutnya tentukan partisi hardisk mana yang ingin kamu hapus. Klik kanan pada partisi tersebut dan klik opsi Delete Volume…

Klik Delete Volume

3. Akan muncul notifikasi konfirmasi apakah benar-benar ingin menghapus partisi tersebut atau tidak. Apabila sudah yakin akan menghapusnya, silahkan konfirmasi dengan menekan tombol Yes.

4. Tunggu sampai proses penghapusan partisi hardisk selesai. Setelah selesai akan muncul Free Space atau ruang kosong. Free Space ini berbeda dengan Unallocated Space. Free Space adalah partisi yang tidak memiliki drive letter atau identitas.

5. Untuk mengubah Free Space menjadi Unallocated Space, klik kanan pada Free Space tersebut dan pilih Delete Partition.

Pada free space klik Delete Volume

6. Pop up notifikasi akan muncul, klik saja tombol Yes.

7. Selesai. Partisi hardisk yang telah terhapus tadi sekarang sudah menjadi Unallocated Space dan bisa dimanfaatkan baik untuk membuat partisi baru maupun menambah kapasitas partisi lain.

Baca juga: Cara mematikan auto update di Windows 10

Demikian beberapa cara partisi hardisk Windows 10 termasuk membagi, membuat baru, menambah kapasitas hingga menghapus partisi.

Pastikan kamu melakukan semua langkah-langkah di atas dengan benar dan teliti. Karena resiko melakukan partisi hardisk adalah kehilangan data-data yang ada di dalamnya. Jadi pastikan bahwa kamu juga selalu mempunyai cadangan datanya.

Sumber gambar: Berakal.com

Tinggalkan komentar