Cara Membuat Bingkai Di Word 2007, 2010, 2013, 2016

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membuat bingkai di Word – Sebagai software pengolah kata, Microsoft Word biasa digunakan untuk mengetik dan membuat karya tulis. Di dalam perangkat lunak tersebut, tersedia juga fitur borders atau bingkai. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat bingkai di Word.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu jadi lebih bebas dan leluasa lagi dalam menyusun dokumen. Borders atau bingkai pada sebuah dokumen biasanya digunakan untuk mempertegas bagian yang dibingkai agar menarik perhatian pembaca, atau untuk mempercantik dokumen.

Biasanya bingkai digunakan untuk menandai bagian yang penting. Misalnya catatan, kutipan teks, dan lain-lain. Sementara itu bingkai juga bisa membuat layout dokumen menjadi lebih cantik dan berwarna, bisa untuk membuat pamflet, CV, atau portofolio.

Dengan Word, kamu juga bisa membuat bingkai untuk undangan. Terdapat banyak cara membuat bingkai dengan mudah, jadi bagi kamu yang masih pemula juga bisa melakukannya, tinggal ikuti langkah-langkahnya saja. Berikut 8 cara membuat bingkai di Word 2007, 2010, 2013 dan 2016.

1. Jenis-Jenis Bingkai Di Word

Microsof Word menyediakan 2 macam bingkai yang bisa digunakan, yaitu bingkai garis atau Style Borders dan bingkai gambar atau Arts Borders. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya.

  • Style Borders adalah jenis bingkai formal berupa garis, garis putus-putus, gerigi, dan semacamnya.
  • Arts Borders adalah jenis bingkai non formal berupa gambar seperti pohon, bintang, dan yang lainnya.

Kamu harus memilih jenis bingkai yang sesuai dengan kebutuhan. Jika akan digunakan pada lembar kerja formal, maka sebaiknya gunakan jenis bingkai Style Borders. Apabila akan digunakan untuk dokumen non formal atau undangan, maka kamu membutuhkan jenis bingkai yang lebih bercorak atau Arts Borders.

2. Cara Membuat Bingkai Gambar Di Word

Bingkai gambar atau Arts Border cocok digunakan jika lembar dokumen Word kamu tidak terlalu formal sehingga bisa membuat desainnya menjadi lebih menarik dan meriah.

Bingkai ini cenderung santai dan tersedia dengan berbagai tema mulai dari sayuran, bintang, pohon, dan berbagai desain keren lainnya. Bingkai ini cocok untuk kamu yang ingin membuat undangan di Microsoft Word. Berikut cara membuat bingkai di word untuk cover.

  1. Buka dokumen yang akan dibuat bingkai gambar.
  2. Klik menu Design dan pada menu bar, klik tombol Page Borders.Cara membuat bingkai di Word
  3. Jendela pengaturan bingkai akan terbuka, pada opsi Art pilih gambar bingkai yang kamu inginkan.
  4. Kalau sudah selesai tekan tombol OK. Maka secara otomatis dokumen yang sedang dibuka akan menggunakan bingkai yang kamu pilih tadi.
    Cara membuat bingkai gambar di Word 2016

3. Cara Membuat Bingkai Garis Di Word

Jenis bingkai garis atau Style Borders ini terkesan lebih kaku, karena hanya berupa garis-garis dengan beberapa pilihan varian saja. Jadi lebih cocok digunakan untuk dokumen formal. Kurang lebih caranya sama seperti cara membuat bingkai gambar di atas, hanya berbeda saat mengatur pilihan jenis bingkainya saja. Berikut selengkapnya.

  1. Buka lembar kerja yang ingin dibuat bingkai garis.
  2. Klik menu Design dan klik tombol Page Borders.Cara membuat bingkai di Word 2007
  3. Sekarang di jendela pengaturan bingkai, pada bagian Settings pilih opsi Box dan pilih variasi bingkai yang diinginkan pada bagian Style.
  4. Klik tombol OK untuk mengaplikasikan bingkai pada dokumen.Cara membuat bingkai garis di Word 2013

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

4. Cara Membuat Bingkai Untuk Teks Di Word

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel ini bahwa bingkai tidak hanya bisa digunakan pada seluruh halaman dokumen Word, melainkan bisa juga pada teks-teks tertentu seperti kutipan atau catatan. Berikut langkah membuat bingkai untuk kutipan teks.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Buka dokumen yang dimaksud.
  3. Blok teks atau paragraf yang ingin dibingkai.
  4. Sekarang pada menu Home klik tanda panah pada tools Borders.
  5. Beberapa pilihan borders atau garis akan ditampilkan, pilih Outside Borders.Cara membuat bingkai di Word dengan 2 kolom
  6. Namun, apabila kamu ingin mengedit bingkainya supaya lebih bervariasi dan menarik lagi, maka pada langkah ke 5 sebelumnya pilih opsi paling bawah atau Borders and Shading …
  7. Sekarang jendela pengaturan bingkai akan ditampilkan. Silahkan kamu atur dan edit sendiri desain bingkainya, kamu bahkan bisa membuat bingkai 3D atau bayangan dan mengubah warna serta ukurannya.
  8. Kalau sudah selesai, klik tombol OK.

5. Cara Membuat Bingkai Untuk Teks Di Word Dengan Shape

Selain dengan menggunakan cara di atas yang memanfaatkan fitur borders, kamu juga bisa membuat bingkai untuk teks dengan menggunakan fitur Shape atau bangun datar di Microsoft Word. Berikut selengkapnya.

  1. Buka dokumen yang teksnya ingin diberi bingkai.
  2. Blok teks atau paragraf yang akan diberi bingkai.
  3. Klik tab Insert dan klik menu Lalu pilih bentuk persegi panjang atau Rectangle.
  4. Atur dan sesuaikan ukuran persegi panjang dengan teksnya.
  5. Sekarang teks masih tertutup oleh persegi panjang. Yang harus kamu lakukan adalah membuat agar persegi panjangnya transparan. Caranya pada tab Format klik bagian Shape Fill dan pilih No Fill.Membuat bingkai teks di Word
  6. Teks sudah terlihat dan sekarang pada bagian Shape Outline pilih warna bingkai yang diinginkan.
  7. Kamu bisa lanjut mendesain bingkai kamu di tab Format tersebut seperti mengatur ketebalan bingkai, garis bingkai, dan lain-lain.

6. Cara Membuat Bingkai Di Halaman Tertentu

Secara default, bingkai yang kamu buat akan tampil pada semua halaman Word sesaat ketika kamu menekan tombol OK pada jendela pengaturan bingkai. Namun, bagi kamu yang ingin menampilkan bingkai hanya pada halaman tertentu saja tidak perlu khawatir. Karena kamu juga bisa melakukannya. Microsoft Word juga menyediakan pilihan pada halaman mana saja bingkai akan ditampilkan.

Berikut cara membuat bingkai di halaman tertentu saja.

  1. Buat bingkai di Word seperti biasa.
  2. Pada jendela pengaturan bingkai, perhatikan bagian Apply to.
  3. Di situ tersedia 3 opsi menampilkan bingkai pada halaman mana saja, berikut penjelasan masing-masing opsinya.
  • Whole document: menampilkan bingkai di semua halaman dokumen.
  • This section: hanya menampilkan bingkai pada halaman yang sedang dipilih atau sedang aktif saat ini.
  • This section – First page only: hanya menampilkan bingkai pada halaman pertama saja.
  • This section – All except first page: menampilkan bingkai pada semua halaman kecuali halaman pertama.Cara membuat bingkai di halaman tertentu saja
  1. Jika sudah selesai memilih, jangan lupa klik tombol OK

7. Cara Agar Bingkai Tidak Terpotong Ketika Di Print

Salah satu masalah yang kerap kali dialami ketika mencetak dokumen Word dengan bingkai adalah bingkainya terpotong. Biasanya bingkai yang terpotong ini merupakan bingkai yang ada di halaman bawah.

Untuk mengatasinya, ikuti cara membuat bingkai di word agar tidak terpotong di bawah ini.

  1. Klik tab Page Layout dan di bagian Page Background klik Page Borders.
  2. Kemudian klik tombol Options.
  3. Selanjutnya pada bagian Measure from pilih opsi Text.
  4. Sekarang klik tombol OK.
  5. Untuk melihat hasilnya secara pratinjau sebelum mencetak dokumen, gunakan fitur Print Preview.

Baca juga: Cara membuat grafik di Word

8. Cara Menghapus Bingkai Di Word

Mungkin kamu bingung jika sudah terlanjur membuat bingkai tapi salah dan tidak bisa menghapusnya. Jangan khawatir, berikut disediakan juga cara menghapus bingkai di Word.

  1. Pergi ke tab Design dan klik tombol Page Borders.
  2. Berikutnya pada jendela pengaturan bingkai yang muncul, di bagian Setting pilih opsi
  3. Terakhir klik tombol OK.Cara menghapus bingkai di Word

Nah itulah 8 cara membuat bingkai di Word untuk pemula. Sekarang bukan hal yang sulit lagi untuk membuat bingkai undangan atau bingkai cover di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar