Cara Menghilangkan Password Di Windows 10

Bismillahirrahmanirrahim, Cara menghilangkan password Windows 10 – Fitur password merupakan salah satu fitur yang pasti ada di setiap operasi windows. Salah satunya adalah Windows 10. Tujuan pemakaian password adalah agar data-data yang ada tersimpan dengan aman. Apalagi jika laptop atau PC Anda digunakan oleh banyak orang. Resiko data Anda dicuri atau dibobol sangat besar. Di situlah peran penting password.

Masalahnya, tidak sedikit yang sering terganggu dengan adanya password ini. Di samping manfaat yang sudah saya jelaskan di atas, ada beberapa orang yang merasa malas untuk memasukkan password tiap kali mereka membuka laptop atau PC.

Terlebih lagi bagi Anda yang bekerja sendirian dan tidak ada data yang terlalu penting di dalam laptop karena Anda sudah menyimpannya di tempat lain seperti flashdisk. Tentu saja peran password tida terlalu penting untuk digunakan.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan password di Windows 10? Sedangkan Anda sudah terlanjur membuatnya saat Anda menginstall Windows 10 untuk pertama kalinya. Jika Anda memiliki keresahan demikian, Anda berada di tempat yang tepat. Karena Sudut PC akan mengulas secara tuntas di sini.

Cara Menghilangkan Password Di Laptop Windows 10

Menghilangkan password di laptop Windows 10 bukanlah hal yang mustahil. Meskipun demikian, tidak sedikit yang merasa kebingungan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Pasalnya, permintaan untuk mengunakan password di Windows 10 sudah menjadi hal yang pasti dan sulit untuk menghindarinya.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan password di Windows 10. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara mematikan update otomatis Windows 10

1. Cara Menghilangkan Password Via Administrator Windows 10

Setiap laptop atau PC memiliki administrator sebagai akun utamanya. Untuk masuk ke sistem administrator, Anda diharuskan untuk memasukkan username dan juga password agar semua data yang tersimpan menjadi lebih aman.

Namun kadangkala aktivitas memasukkan username dan password setiap kali membuka administrator menyita waktu Anda. Sehingga Anda berkeinginan untuk menghilangkannya. Bisakah demikian? Tentu saja bisa. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah agar Anda tidak perlu lagi memasukkan username dan password saat membuka administrator.

1. Buka terlebih dahulu menu Control Panel, kemudian pilih Change account type

2. Setelah itu, silahkan pilih administrator yang ingin dihapus passwordnya. Jika Anda hanya memiliki satu user sebagai administrator, klik user tersebut

Cara menghilangkan password Windows 10 via administrator

3. Langkah selanjutnya adalah pilih change the password. Namun jika opsi ini tidak ada, anda juga dapat memilih manage another account, lalu klik user yang ingin dihilangkan passwordnya, kemudian pilih change the password

Klik change the password

4. Kemudian, pada kolom current password masukkan password user anda sebelumnya. Sedangkan kolom lainnya biarkan kosong. Klik change password

Kolom current password
Sumber: Nesabamedia.com

5. Selesai

Jika suatu saat Anda ingin mengaktifkan passwordnya kembali, Anda dapat mengulangi langkah 1 sampai 3, kemudian pilih Create a Password. Masukkan password yang Anda inginkan, lalu klik Create password.

Klik untuk membuat password

2. Cara Menghilangkan Password Windows 10 Dengan Cmd

Ada kalanya Anda sudah menggunakan password untuk mengamankan laptop atau PC Anda. Akan teapi, suatu ketika Anda lupa dan tidak dapat mengakses laptop Anda. Apa yang akan Anda lakukan? Ya, Anda bisa menggunakan CMD atau Command Prompt untuk mereset ulang password. Cara ini merupakan cara pro. Jika Anda tidak terlalu ahli dalam menggunakan komputer, sebaiknya Anda tidak melakukan cara ini.

1. Pertama-tama, masukkan USB drive pada laptop atau PC. Kemudian restart

2. Di tampilan welcome screen, tekan tombol F12 sebagai langkah awal membuka jendela Command Prompt

3. Kemudian, salin dan temple perintah berikut:

move d:\windows\system32\utilman.exe d:\windows\system32\utilman.exe.bak
copy d:\windows\system32\cmd.exe d:\windows\system32\utilman.exe

Menghilangkan password Windows 10 dengan CMD

4. Ketik lagi wpeutil lalu enter untuk reboot sistem

5. Setelah boot ulang, Anda akan menjumpai jendela CMD, kemudian ketik perintah di bawah ini untuk menambahkan user administrator yang baru

net user <username> /add
net localgroup administrator <username> \add

User administrator di CMD

6. Buat nama yang Anda inginkan. Di sini kamu dapat mereset password seperti yang Anda inginkan agar dapat masuk kembali

7. Selesai

3. Cara Menghilangkan Password Windows 10 Di Lock Screen

Saat pertama kali login ke Windows 10, Anda pasti menjumpai kolom username dan password di layar lock screen. Untuk menghilangkannya, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama-tama, login terlebih dahulu ke komputer atau laptop anda. Seperti biasanya, masukkan username dan password

2. Kemudian, di layar utama, tekan tombol windows + R secara bersamaan

3. Ketika muncul kotak dialog, masukkan perintarh netplwiz. Lalu tekan enter

Ketik netplwiz

4. Setelah itu, Anda akan menjumpai kotak dialog User Account

5. Pilih akun yang ingin dihilangkan passwordnya

6. Kemudian hilangkan tanda centang (uncheck) pada user must enter the password to enter this computer

user must enter the password to enter this computer
Sumber: Winpoin.com

7. Klik apply. Selesai

8. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan restart pada laptop atau PC agar penyettingan yang sudah anda lakukan dapat berfungsi

Dengan melakukan cara di atas, anda tidak perlu lagi memasukkan password dan username saat login ke Windows 10.

Baca juga: Tutorial aktivasi Windows 10 lengkap

4. Cara Menghilangkan Password Login Windows 10

Sebelum Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda ingat password yang biasa Anda gunakan untuk login. Setelah itu, lakukan cara berikut:

1. Buka menu setting kemudian pilih account

2. Pilih opsi Sign in Option

3. Pilih menu remove untuk menghapus password login

4. Setelah Anda melakukan proses nomor 1 sampai 3, sistem akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap pengguna. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan email dan juga password sebelumnya

5. Jika verifikasi berhasil, restart laptop atau PC Anda

6. Password login tidak akan muncul kembali

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan password Windows 10 terlengkap. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Silahkan komentar di bawah untuk saran, kritik, dan pertanyaan.

Tinggalkan komentar