Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B Kelas 4 Bab 3 “Meliuk dan Menerjang”

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka itu merupakan capaian perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik. Oleh karena itu, untuk Capaian Pembelajaran (CP) dalam satu fase, guru perlu mengembangkan tujuan pembelajaran.

Dalam artikel ini saya memberikan salah satu contoh pemetaan Tujuan Pembelajaran, yaitu pada mata pelajran Bahasa Indonesia Fase B Kelas 4 Bab 3 “Meliuk dan Menerjang”.

Bab 4 / Tema:Meliuk dan Menerjang / Bergerak
No.Tujuan PembelajaranMinggu Ke-
123456
1.Menyimak

1.     Melalui kegiatan menyimak teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dengan benar.

     
2.Membaca

2.     Melalui kegiatan membaca teks “Dikenal karena Menari”, peserta didik dapat menyebutkan ide pokok dan ide pendukung paragraf dan teks dengan benar.

     
3.Menulis

3.     Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasif dengan benar.

     
4.Membaca

4.     Melalui membaca teks “Kuat untuk Melindungi”, peserta didik dapat memahami isi Laporan Hasil Wawancara dengan baik.

     
5.Berdiskusi

5.     Melalui kegiatan mendiskusikan teks “Kuat untuk Melindungi”, peserta didik dapat berlatih untuk berpartisipasi dalam diskusi dengan aktif.

     
6.Menulis

6.     Melalui kegiatan wawancara peserta didik dapat menemukan informasi dan menuliskan laporan dengan baik.

     
7.Membaca

7.     Melalui membaca teks “Tepuk Bulu”, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dan menjelaskan dengan kalimat sendiri dengan baik.

     
8.Menulis

8.     Melalui kegiatan mengenali majas personifikasi dalam teks “Tepuk Bulu” dan mengerjakan latihan, peserta didik mampu memahami dan menggunakan majas personifikasi.

     
9.Menulis

9.     Dengan menulis mengikuti panduan kata tanya, peserta didik dapat membuat tulisan dengan terstruktur dan sesuai kaidah bahasa Indonesia.

     

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *