Cara Aktivasi Windows 7

Bismillahirrahmanirrahim, Apakah anda sedang mencari cara aktivasi windows 7? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Karena saya akan membahas cara aktivasi windows 7 dengan lengkap disini.

Walaupun Windows 7 merupakan sistem operasi lawas, akan tetapi pengguna Windows 7 masih bisa ditemukan di kalangan pengguna laptop. Faktanya, tidak sedikit yang tertarik dan merasa lebih nyaman menggunakan Windows 7 dibandingkan dengan Windows 8 atau yang paling terbaru windows 10. Ada banyak keunggulan windows 7 dibandingkan dengan windows yang lain, seperti:

  • Mudah digunakan oleh pemula sekalipun
  • Tampilan klasik dengan letak ikon yang tidak menyulitkan
  • Ringan dan mudah diinstal di hampir semua tipe laptop, terutama untuk laptop keluaran lama
  • Banyak pengguna yang sudah terbiasa menggunakan Windows 7 sehingga enggan untuk beralih ke Windows versi baru

Pengaktifan Windows sangat penting untuk dilakukan sebagai tahapan awal penggunaan segala macam aplikasi yang ada di dalamnya. Mungkin Anda masih bisa menggunakan Microsoft atau aplikasi lain saat belum mengaktivasi Windows. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa hanya sebagian saja fitur-fitur yang bisa Anda nikmati. Jika ingin menikmati semua fitur yang ditawarkan, Anda harus mengaktivasi Windows terlebih dahulu.

Aktivasi Windows dapat dilakukan dengan dua cara, membeli lisensi resminya, atau dengan menggunakan software yang tersedia di internet dan bisa diunduh secara gratis. Jika Anda memiliki dana lebih untuk membeli lisensi resminya, sebaiknya Anda membelinya. Tapi, jika dana Anda terbatas karena Anda seorang pelajar dan belum memiliki penghasilan, opsi kedua bisa Anda pertimbangkan.

Mungkin Anda merupakan salah satu penggemar Windows 7 atau sedang ingin menginstall Windows 7 karena ingin menggunakannya. Maka dari itu, pembahasan di bawah ini akan membahas secara lengkap cara aktivasinya. Berikut ulasannya.

Cara Aktivasi Windows 7 Offline

Siapa bilang, menginstall Windows 7 tidak bisa dilakukan secara offline? Nyatanya hal itu bisa saja dilakukan dengan mudah. Semua cara yang akan dibagikan dapat dilakukan secara offline.

Cara Aktivasi Windows 7 Tanpa Software

Cara pertama adalah dengan membeli lisensi resminya. Anda tinggal memasukkan lisensi yang sudah anda beli di kolom Windows Activation yang muncul saat Anda baru menghidupkan laptop. Cara ini bisa Anda lakukan secara offline dan prosesnya sangat cepat. Selain itu, kelebihan lainnya adalah Windows yang Anda gunakan sudah terjamin keasliannya.

Saat ini, banyak sekali yang menjual lisensi di berbagai marketplace. Anda hanya perlu melakukan checkout, lalu menunggu email yang berisikan license key. Lalu copy paste lisensi tersebut di kolom yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Atau, Anda bisa memasukkan License Key dengan cara berikut:

1. Klik start yang terletak di bawah sebelah kiri desktop PC Anda. Kemudian klik kanan pada computer, lalu pilih properties.

Buka properties computer

2. Setelah itu akan muncul notice untuk mengaktifkan Windows 7

3. Klik “Activate Windows Now

4. Masukkan serial key Windows 7 yang sudah Anda dapatkan dari Email, klik Next

5. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan “Active Success

6. Jika aktivasi berhasil, Anda akan melihat tampilan “Windows is activated” di bagian bawah

Berhasil aktivasi windows 7 secara permanen

Masalahnya, tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk membeli lisensi resminya. Karena harga lisensi windows 7 tidaklah murah, maka Anda bisa memilih opsi kedua.

Baca juga: Cara melakukan aktivasi Windows 10

Aktivasi Windows 7 Dengan Windows Loader

Opsi kedua yaitu menggunakan software Windows Loader yang bisa anda unduh secara gratis di internet. cara aktivasi Windows 7 menggunakan Windows Loader harus dilakukan secara offline. Jadi Anda harus melakukan hal-hal berikut ini:

1. Matikan software antivirus yang ada pada laptop. Jika anda belum menginstall antivirus sama sekali, abaikan poin ini.

2. Matikan jaringan internet yang tersambung dengan laptop Anda.

3. Non aktifkan Windows Firewall. Caranya: klik Start, Control Panel.

4. Pilih System and Security.

5. Klik Windows Firewall.

Cara aktivasi windows 7 dengan windows loader

6. Klik Turn Windows Firewall on or off pada kolom sebelah kiri.

7. Turn off Windows Firewall, lalu klik OK.

Menonaktifkan Windows Firewall di Windows 7

8. Setelah Anda melakukan semua tahapan diatas, Anda bisa membuka file unduhan Windows Loader dengan mengekstrak file tersebut atau dengan klik kanan lalu pilih Run as Administrator.

Buka windows loader dengan run as administrator

9. Setelah terbuka, klik install dan tunggu prosesnya hingga proses instalasi selesai.

Proses instalasi windows loader

10. Saat muncul keterangan “The certified and serial were successfully installed”, klik OK dan tutup Windows Loader.

Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah melakukan restart PC atau laptop. Setelah PC menyala kembali, cek apakah proses aktivasi telah berhasil atau belum dengan cara klik kanan computer lalu pilih properties.

Anda akan melihat apakah Windows berhasil di aktivasi atau tidak di bagian bawah seperti gambar berikut.

Windows 7 telah aktif

Selamat! Anda berhasil mengaktivasi Windows 7.

Cara Aktivasi Windows 7 Permanen

Siapa sih yang tidak ingin Windowsnya aktif secara permanen? Pernah menemui masalah sudah aktivasi Windows 7 tapi tetap ada peringatan untuk aktivasi? Masalah-masalah seperti diatas, bisa diatasi dengan pembahasan yang akan saya jelaskan di bawah.

Untuk cara yang satu ini, Anda harus menggunakan aplikasi KMSpico. Apasih KMSpico? Bagaimana cara menggunakannya? Berikut penjelasannya.

Cara Aktivasi Windows 7 Dengan KMSpico

Sebelum membahas bagaimana caranya, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang KMSpico. Dari sekian banyak tools untuk mengaktivasi Windows, KMSpico salah satu kandidat yang direkomendasikan. Karena tools ini tidak hanya bisa mengaktivasi Windows saja, akan tetapi juga bisa mengaktivasi Office.

Selain itu, mengaktivasi melalui KMSpico bersifat permanen. Hingga saat ini, belum ada keluhan tentang KMSpico. Apalagi sampai Windows diblokir karena tidak membeli lisesnsi resminya. Artinya, KMSpico wajib Anda coba.

Tidak hanya Windows 7 saja, KMSpico juga bisa digunakan untuk mengaktivasi Windows 10, Windows Vista, Windows 8, Microsoft Office 2016, Microsoft Office 2013, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan tools ini.

Bagaimana cara menggunakannya?

1. Tentu saja, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi KMSpico.

2. Kemudian ekstrak file dengan WinRaR atau menggunakan zip.

3. Jika Anda pernah mengunduh aplikasi ini, saya sarankan untuk uninstall yang lama lalu unduh lagi yang baru.

4. Setelah diekstrak, jalankan KMSpico sebagai admin dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”.

5. Kemudian install apikasi tersebut dengan klik install GVLK.

6. Setelah berhasil diinstal, saatnya Anda mengaktivasi Windows 7 dengan cara klik “Windows Key” yang ada di sebelah kanan. Setelah itu klik “Activate Windows” di kolom sebelah kiri.

Proses aktivasi Windows 7 permanen

7. Selesai! Windows 7 Anda sudah aktif secara permanen.

Di aplikasi KMSpico biasanya tertulis aktif 180 hari. Setelah itu? Apakah Windows akan kembali seperti semula? Tidak. Anda tidak perlu khawatir tentang ini. Kabar baiknya, KMSpico akan selalu melakukan aktivasi secara otomatis setiap anda menyalakan PC. Sehingga, tenggat waktu 180 hari tidak terlalu berpengaruh.

Cara Aktivasi Windows 7 Dengan CMD

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengaktivasi Windows 7. Berbeda dengan Windows Loader yang harus mematikan jaringan internet, cara aktivasi windows 7 menggunakan CMD justru mengharuskan Anda tersambung dengan internet.

Selain itu, syarat lainnya adalah Anda harus memiliki product key terlebih dahulu. Jika Anda tidak memilikinya, Anda tidak dapat melakukan cara ini. Dan ini adalah pilihan terakhir yang bisa Anda pilih jika Anda terkendala dengan cara-cara sebelumnya yang sudah saya bahas.

Cara aktivasi windows 7 menggunakan CMD adalah sebagai berikut:

1. Klik Start, lalu ketikkan Command Prompt

2. Klik kanan lalu pilih Run as Administrator

3. Setelah sudah terbuka, ketik slmgr.vbs /ipk product key Anda. Ganti tulisan product key dengan produk key yang Anda miliki. Tampilannya seperti gambar berikut

Ketik slmgr.vbs ipk product key

4. Setelah muncul pemberitahuan input product key berhasil, ketikkan slmgr.vbs/ato. Kemudian enter

Cara melakukan aktivasi Windows 10 dengan CMD

5. Selesai! Windows 7 Anda berhasil diaktivasi secara permanen

Jika Anda masih juga kebingungan dengan langkah-langkah aktivasi diatas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pada video berikut ini.

Itulah beberapa cara aktivasi windows 7 permanen yang bisa Anda pilih. Silahkan Anda pilih yang menurut Anda paling mudah dan paling memungkinkan untuk bisa Anda coba sendiri di rumah. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda mengalami kendala.

Tinggalkan komentar