Cara Mempercepat Windows 7

Bismillahirrahmanirrahim, Cara mempercepat Windows 7 – Windows 7 merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Meskipun umurnya sudah sangat tua dan tergolong OS jadul, namun Windows 7 masih mempunyai banyak sekali pengguna.

Sistem operasi yang dirilis sejak tahun 2009 ini dinilai mempunyai kompatibilitas dengan banyak software yang jauh lebih baik dibandingkan Windows 8. Selain itu, Windows 7 juga tergolong OS yang cepat dan ringan. Jadi sangat cocok untuk diinstall dan digunakan pada komputer-komputer generasi lama yang saat ini masih dipakai banyak orang.

Walaupun Windows 7 sudah begitu cepat dan ringan, namun masih ada juga orang yang mengeluhkan performa Windows 7 miliknya menurun dan menjadi lemot. Untuk melakukan upgrade OS ke Windows 8 dan Windows 10 belum mampu, mungkin karena spek PC yang dimiliki masih belum mumpuni atau memang belum ada budgetnya.

12 Cara Mempercepat Windows 7 Agar Tidak Lemot

Solusinya adalah dengan mempercepat Windows 7. Ada banyak sekali cara meningkatkan performa Windows 7, misalnya dengan mematikan efek aero, cara mempercepat Windows 7 dengan regedit dan sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Hapus Aplikasi Dan Program Yang Tidak Digunakan

Pada era sekarang ini, ukuran software komputer berkembang menjadi semakin besar saja. Hal tersebut tentu akan membebani kinerja Windows 7 dan memenuhi ruang kapasitas. Apabila ruang kapasitas atau hardisk PC penuh, maka otomatis performanya juga akan menjadi lemot. Sebaiknya uninstall aplikasi Windows 7 yang tidak digunakan lagi.

Berikut ini cara uninstall aplikasi di Windows 7.

1. Buka Control Panel

2. Kemudian pilih menu Programs

3. Akan muncul daftar program dan aplikasi yang telah terpasang di laptop atau pc kamu, lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin dihapus

4. Klik tombol Uninstall

Hapus aplikasi yang tidak digunakan
Sumber: winpoin.com

5. Ikuti proses penghapusan program sampai selesai. Jika ada konfirmasi, tekan tombol Yes

Biasanya saat pertama kali membeli komputer atau laptop Windows 7, beberapa aplikasi dan software bawaan sudah otomatis terpasang. Aplikasi bawaan tersebut sering disebut dengan istilah Bloatware.

Sebetulnya bloatware sangat bermanfaat karena kamu tidak perlu repot-repot menginstall lagi ketika sampai di rumah. Tapi kebanyakan bloatware juga bisa memberatkan Windows 7. Kamu bisa unsintall bloatware di Windows 7 dengan cara yang sama seperti di atas.

Baca juga: Tutorial mengaktifkan Windows 7

2. Matikan Fitur Search Indexing

Search Indexing adalah fitur bawaan Windows yang berfungsi untuk mengindeks berbagai file dan entri dengan tujuan mempercepat proses pencarian file. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mencari file di komputer dengan cepat. Namun, fitur search indexing ini menggunakan resource atau daya yang lumayan besar.

Kalau kamu jarang melakukan pencarian file, sebaiknya matikan saja fitur ini supaya bisa menghemat resource dan beban PC berkurang.

Berikut cara mempercepat Windows 7 32 bit dengan mematikan search indexing.

  1. Buka menu Start
  2. Ketik Index pada kotak pencarian
  3. Pada hasil pencarian yang muncul, buka Indexing Options
  4. Jendela baru akan muncul. Klik pada tombol Modify
  5. Setelah itu hilangkan ceklis di semua pilihan yang tersedia
  6. Klik tombol OK

Bagi kamu yang menggunakan penyimpanan SSD, maka matikan saja fitur ini. Karena SSD memiliki kecepatan akses yang sudah kencang.

3. Matikan Efek Visual

Salah satu hal yang paling memberatkan performa Windows 7 dan membuatnya menjadi lemot adalah efek visual. Untuk mendapatkan tampilan visual yang cantik dan menggunakan berbagai efek, maka perangkat grafis pada PC harus bekerja ekstra keras. Itulah yang menambah beban pada PC dan menurunkan kinerjanya.

Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja efek visual demi mempercepat Windows 7 tanpa tambah RAM dan SSD. Berikut tutorial mempercepat Windows 7 ultimate dengan mematikan efek visual.

1. Buka menu Start

2. Cari dan buka Adjust the apperance and performance of Windows

3. Pada jendela yang terbuka, akan ditampilkan semua efek visual yang tersedia. Sekarang pilih efek visual mana saja yang ingin kamu matikan

Matikan Efek Visual
Sumber: winpoin.com

4. Setelah selesai klik tombol OK

Kamu juga bisa membiarkan Windows 7 memilih secara otomatis efek visual mana saja yang harus dimatikan dan tetap mempertahankan tampilan visual yang bagus. Caranya adalah dengan memilih opsi Let Windows choose what’s best for my computer.

4. Batasi Software Yang Berjalan Pada Startup

Proses startup adalah pada saat komputer dinyalakan dan Windows baru saja mulai bekerja. Pada saat itu, biasanya ada aplikasi-aplikasi yang mulai berjalan secara otomatis. Semakin banyak aplikasi yang berjalan pada proses startup, maka akan semakin lemot juga performa Windows 7.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi software yang berjalan pada proses startup. Berikut caranya:

  1. Buka menu Start,
  2. Ketikkan msconfig pada kotak pencarian dan tekan tombol enter,
  3. Beralih ke tab Startup,
  4. Di sini ditampilkan aplikasi yang berjalan pada saat proses startup,
  5. Pilih aplikasi yang sekiranya tidak perlu berjalan otomatis saat startup,
  6. Hilangkan tanda centang pada aplikasi yang dipilih.
Membatasi Software Startup
Sumber: kasihcara.com

Namun, pastikan kamu tidak mematikan aplikasi startup yang berkaitan dengan sistem atau hardware. Karena dapat mengakibatkan hal-hal yang sangat fatal.

5. Matikan Service Windows yang Tidak Digunakan

Secara default terdapat kurang lebih 130 service atau layanan Windows yang diinstall dan berjalan. Oleh karena itu, kalau kamu tidak menggunakan semuanya, maka lebih baik dimatikan saja. Karena service Windows ini juga menggunakan daya atau resource dari PC. Simakcara mematikan service Windows berikut ini.

1. Buka Windows Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R

2. Ketika msconfig dan tekan tombol Enter

3. Pada jendela baru yang muncul, bernavigasilah ke tab services

4. Pilih dan matikan service yang tidak kamu gunakan

Mempercepat Windows 7 di laptop
Sumber: winpoin.com

5. Klik tombol OK

Namun jika kamu tidak mengerti tentang fungsi-fungsi dari service tersebut, sebaiknya jangan gunakan cara ini. Karena jika kamu mematikan service Windows sembarangan dapat berakibat fatal pada sistem Windows 7.

6. Selalu Update Driver dan Windows

Walaupun kamu masih menggunakan PC atau laptop jadul, tapi kamu harus selalu menggunakan versi driver yang terbaru. Hal ini dilakukan supaya PC kamu tetap bekerja secara optimal. Karena driver baru dapat memperbaiki kompatibilitas dan performa komponen-komponen dalam PC.

Kamu bisa mencari driver komputer melalui situs resmi merk PC yang kamu gunakan. Begitupun kalau kamu menggunakan laptop.

Selain harus update driver, kamu juga harus rajin-rajin melakukan update Windows. Karena dalam setiap pembaharuan, Microsoft selalu memberikan update keamanan atau memperbaiki fitur yang telah ada. Sehingga kinerja Windows 7 kamu dapat lebih baik dan optimal lagi. Berikut cara update Windows 7.

1. Pastikan PC atau laptop kamu terhubung dengan jaringan internet yang stabil,

2. Buka menu Start,

3. Klik pada All Programs,

4. Klik Windows Update,

5. Pada jendela Windows Update yang muncul, klik opsi Check for updates yang ada di sisi sebelah kiri

Sayangnya dukungan update untuk Windows 7 dari Microsoft telah dihentikan sampai versi paling baru yang telah dirilis awal tahun 2020 ini. Namun setidaknya kamu menggunakan versi yang paling baru dan stabil tersebut.

7. Matikan Desktop Gadgets

Fitur ini merupakan fitur bawaan sejak era Windows Vista yang menampilkan informasi-informasi khusus seperti kondisi sistem secara real time dan informasi cuaca. Saat diaktifkan, fitur ini cukup membebani PC. Jadi, matikan saja. Berikut caranya.

  1. Buka menu Start
  2. Ketikkan gadget pada kotak pencarian dan tekan tombol enter
  3. Kemudian pilih View list of running gadgets
  4. Dan hapus semua gadget yang tidak dibutuhkan

8. Melakukan Disk Clean-Up

Disk Clean-Up adalah perintah Windows untuk membersihkan hardisk atau media penyimpanan PC. Dengan melakukan disk clean-up maka berarti kamu juga mengoptimasi drive PC kamu agar performanya menjadi lebih baik lagi.

Perintah ini akan membersihkan berbagai macam file sampah seperti temporary file, recycle bin, Windows cache dan lain-lain pada penyimpanan kamu. Berikut cara mempercepat Windows 7 ultimate 64 bit dengan perintah disk clean-up.

  1. Buka Windows Explorer
  2. Pilih dan klik kanan hardisk yang ingin dibersihkan
  3. Pilih Properties
  4. Klik tombol Disk Clean-Up
  5. Centang pada file-file yang ingin dibersihkan dan dihapus
  6. Klik tombol OK
  7. Tunggu sampai proses disk clean-up selesai

9. Melakukan Defragment Hardisk

Selain bisa melakukan permbersihan hardisk, kamu juga bisa melakukan defrag hardisk. Defrag hardisk adalah perintah merapikan kembali file-file yang ada di dalam hardisk.

Sebenarnya Windows 7 sudah mempunyai jadwal defragment hardisk otomatis. Namun biasanya PC sedang dalam keadaan mati ketika jadwal defrag hardisk tersebut tiba. Alhasil Windows melewatkannya dan akan melakukannya pada jadwal berikutnya.

Untuk itu, kamu harus melakukan defragment hardisk sendiri secara manual.

1. Buka Control Panel

2. Masuk ke menu System and Security

3. Pilih Defragment and Optimize your drive yang letaknya ada pada bagian Administrative Tools

4. Pilih partisi hardisk yang ingin dilakukan defragment

5. Klik tombol Defragment Disk

Melakukan Defragment Disk
Sumber: kasihcara.com

6. Tunggu prosesnya hingga selesai

Lamanya proses defragment tergantung pada kapasitas hardisk dan banyaknya file yang ada di dalamnya. Pada jendela di atas kamu juga bisa mengatur sendiri jadwal defragment hardisk Windows 7.

Selain dapat defrag hardisk dengan menggunakan fitur bawaan Windows, kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Smart Defrag.

10. Jangan Menggunakan Themes atau Skin

Biasanya banyak orang yang tergiur ketika melihat tampilan Windows 7 sangat menawan dengan themes atau skin. Skin-skin Windows 7 saat ini juga sudah banyak bertebaran di internet.

Sayangnya, demi mendapatkan penampilan visual yang cantik menggunakan themes atau skin tersebut, akan ada banyak resource memory PC yang harus dikorbankan dan akan memberatkan PC. Sehingga performanya menurun drastis dan PC berubah menjadi lemot.

Tidak jarang juga beberapa skin atau themes Windows 7 menimbulkan error, entah karena masalah kompabilitas atau yang lainnya. Oleh karena itu, opsi terbaiknya adalah dengan tidak menggunakan thems atau skin tambahan untuk mempercepat Windows 7 kamu.

11. Tambah Kapasitas RAM

Menambah kapasitas RAM merupakan cara yang ampuh dalam meningkatkan kecepatan Windows 7. Meskipun sistem Windows 7 tidak memakan RAM yang terlalu banyak. Akan tetapi kalau kamu banyak menginstall software dan sering melakukan aktivitas multi-tasking, maka tentu saja kapasitas RAM yang dibutuhkan menjadi lebih banyak lagi.

Agar Windows 7 kamu tidak lag atau lemot saat digunakan, ada baiknya kamu menambah kapasitas RAM. Untuk Windows 7 32 bit, ukuran RAM yang idealnya adalah 2 GB. Sementara kapasitas RAM ideal untuk Windows 7 64 bit adalah 4 GB.

Apabila kapasitas RAM komputer kamu di bawah itu, maka sangat dianjurkan untuk membeli dan menambah RAM. Pastikan kamu juga mengetahui terlebih dahulu tipe RAM yang digunakan agar tidak salah beli.

Baca juga: Panduan install Windows 7

12. Menggunakan SSD

Dan cara mempercepat Windows 7 versi 32 bit atau 64 bit yang terakhir adalah dengan mengganti hardisk menjadi SSD.

Windows 7 adalah sistem operasi pertama yang mendapat dukungan penuh dari perangkat SSD atau Solid-State Drive. SSD merupakan jenis drive atau penyimpanan yang mempunyai kecepatan akses lebih cepat daripada hardisk biasa.

Dengan menggunakan SSD, maka beban CPU, RAM dan perangkat grafis (GPU) dapat dikurangi dan diimbangi sehingga kinerja Windows 7 menjadi lebih cepat dan optimal. Pasalnya, apabila ada salah satu dari beberapa komponen tadi berjalan lambat, maka Windows 7 juga akan menjadi lambat dan lemot.

Sayangnya harga SSD jauh lebih mahal daripada hardisk biasa. Tapi SSD dapat mempercepat kinerja Windows 7 kamu secara signifikan. Opsi ini bisa kamu pilih jika mempunyai budget lebih demi mempercepat Windows 7.

Itulah 12 cara mempercepat Windows 7 di laptop dan PC yang lemot. Kalau kamu punya uang lebih, maka sebaiknya tambah kapasitas RAM dan beralih menggunakan SSD. Dua cara tersebut sudah lebih dari cukup. Tapi kalau kamu tidak ada budget, maka gunakan saja cara-cara gratis yang sudah disebutkan juga di atas. Apabila semua cara di atas kamu praktikan dengan benar, maka dijamin Windows 7 tidak akan lemot lagi.

Tinggalkan komentar