Cara Screenshot Di Laptop

Bismillahirrahmanirrahim, Screenshot adalah sebuah gambar hasil tangkapan layar. Rasanya penting untuk mengetahui cara screenshot di laptop. Karena biasanya screenshot digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya seperti untuk tugas sekolah, tugas kelompok, proyek atau tuntutan pekerjaan.

Tak jarang screenshot juga sering dijadikan sebagai bukti, seperti bukti pembayaran contohnya. Bagi kamu yang sudah sering menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-hari, mungkin sudah bukan hal yang baru lagi untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Namun masih ada sebagian pengguna yang belum tahu bagaimana cara screenshot di PC.

Sebenarnya cara mengambil screenshot di laptop bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Tapi menginstall aplikasi screenshot bisa memakan ruang penyimpanan dan berpotensi membuat laptop lemot. Maka dari itu gunakan saja cara screenshot tanpa software tambahan. Berikut ini dirangkum beberapa cara screenshot di laptop Windows 7, 8 dan 10 tanpa aplikasi.

Baca juga: Cara mengatasi laptop hang

Cara Screenshot Di Laptop Windows 7

Pada beberapa waktu yang lalu, Microsoft resmi memberhentikan semua update dan dukungannya terhadap Windows 7. Namun begitu, Windows 7 tetap mempunyai basis fans yang sangat besar, maka tidak heran jika masih ada banyak sekali orang yang memakainya. Kalau kamu salah satunya, maka bisa menggunakan cara berikut untuk mengambil screenshot di PC Windows 7.

  1. Pada keyboard, cari tombol Print Screen atau yang biasanya ditulis dan disingkat PrtSc. Biasa terletak di bagian atas kanan keyboard, disamping tombol Insert. Tombol Print Screen ini merupakan tombol screenshot bawaan laptop.
  2. Tekan tombol Print Screen.
  3. Layar yang sedang aktif telah diambil tangkapan layarnya.
  4. Buka aplikasi Paint.
  5. Tekan kombinasi tombol CTRL + V.
  6. Maka tampilan yang discreenshot tadi akan muncul.
  7. Edit bila perlu.
  8. Simpan gambar dengan menekan kombinasi tombol CTRL + S atau Save as.

Konsep cara ini hanya menggunakan tombol Print Screen sebagai tombol screenshot bawaan laptop. Biasanya semua laptop memiliki tombol ini di keyboardnya. Kamu bisa langsung cek sekarang di keyboard laptop.

Kemudian, setelah menekan tombol tersebut, secara tidak langsung kamu telah menyalin atau copy tampilan layar laptop kamu. Jadi yang harus dilakukan selanjutnya adalah menempelkan atau paste tangkapan layar tersebut.

Kamu bisa menggunakan program apapun yang mampu untuk ditempelkan atau paste gambar, salah satunya adalah Paint. Karena Paint sendiri juga merupakan aplikasi bawaan Windows yang pasti ada di setiap laptop Windows 7.

Tapi, kamu juga bisa mencobanya menggunakan program lain yang mempunyai kemampuan seperti itu, misalnya Microsoft Word atau bahkan Microsoft Powerpoint.

Terakhir, setelah menempelkan hasil tangkapan layar, kamu tinggal menyimpannya di lokasi yang diinginkan.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 8

Di Windows 8, Microsoft memberikan sebuah aplikasi screenshot khusus yang bisa digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Aplikasi screenshot tersebut adalah Snipping Tool. Berikut cara mengambil screenshot di laptop dan komputer yang menggunakan OS Windows 8.

  1. Buka menu Start.
  2. Cari dan buka Snipping Tool dari daftar aplikasi.
  3. Jendela Snipping Tool akan terbuka. Klik tombol New.
  4. Tentukan area layar yang ingin kamu foto atau discreenshot.
  5. Kalau masih kurang pas atau tidak puas, kamu bisa ambil lagi screenshot baru.
  6. Jika sudah selesai, simpan dengan menekan tombol Save.

Aplikasi ini memang didesain dan dibuat sedemikian rupa untuk mengambil screenshot. Jadi, fitur-fitur yang ada didalamnya cukup lengkap.

Selain bisa mengambil screenshot di pc secara penuh, kamu juga bisa menentukan sendiri area layar mana saja yang ingin discreenshot.

Di samping menggunakan aplikasi Snipping Tool, kamu juga tetap bisa mengambil screenshot di Windows 8 menggunakan cara screenshot di komputer Windows 7 yang sudah dijelaskan di atas. Yaitu dengan menggunakan tombol screenshot Print Screen.

Jadi, cara melakukan screenshot di laptop Windows 8 ada 2, menggunakan aplikasi Snipping Tool dan tombol Print Screen.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi versi terbaru yang dirilis Microsoft hingga saat ini. Ada beragam cara screenshot di Windows 10. Bahkan semua fitur-fitur screenshot sebelumnya yang sudah dibahas di atas juga tersedia di Windows 10. Pasalnya Windows 10 menerima dukungan penuh dari Microsoft.

Untuk selengkapnya, berikut ini cara-cara screenshot di laptop Windows 10.

1. Menggunakan Snipping Tool

Fungsi aplikasi Snipping Tool sudah dijelaskan tadi. Aplikasi ini ternyata tetap dipertahankan oleh Microsoft sebagai aplikasi bloatware atau bawaan sampai versi Windows 10 terbaru. Berikut cara membuat screenshot di Windows 10 dengan aplikasi Snipping Tool.

1. Klik tombol Start.

2. Cari dan buka aplikasi Snipping Tool.

3. Sebelum memulai mengambil screenshot, kamu bisa pilih dulu mode screenshot yang diinginkan. Klik tombol panah bawah yang ada di samping tombol New. Disitu ada pilihan Free-Form Snip untuk mengambil screenshot bentuk bebas, Rectangular Snip untuk mengambils screenshot persegi, Window Snip untuk mengambil screenshot jendela aplikasi yang berjalan, dan Full-Screen Snip untuk mengambil screenshot secara penuh.

Pilih mode screenshot

4. Setelah memilih mode screenshot, klik tombol New.

Cara screenshot laptop dengan aplikasi snipping tool

5. Jangan lupa Save hasil screenshot.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Menekan kombinasi tombol Windows + Print Screen akan membuat laptop mengambil screenshot sendiri dan menyimpannya secara otomatis. Berikut caranya.

  1. Masuk ke aplikasi atau game yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan tombol Windows + Print Screen di keyboard secara berbarengan.
  3. Layar laptop akan meredup sekejap dan kembali seperti semula yang artinya berhasil melakukan screenshot.
  4. Hasil tangkapan layar disimpan secara otomatis di folder Pictures > Screenshots.

Cara screenshot di Windows 10 dengan Windows Print Screen

Bisa dibilang ini merupakan cara screenshot di PC dan laptop Windows 10 termudah. Karena kelebihannya, kamu tidak perlu membuka aplikasi apapun dan tersimpan secara otomatis. Cocok sekali digunakan untuk mengambil screenshot secara beruntun dengan cepat.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara selanjutnya merupakan hasil pengembangan atau modifikasi dari cara-cara sebelumnya, yaitu dengan menekan tombol Alt bersamaan dengan tombol Print Screen. Berikut cara screenshot di komputer Windows 10.

  1. Pilih area yang ingin diambil screenshot.
  2. Tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan.
  3. Windows akan mengambil screenshot dan menampilkannya langsung secara otomatis di aplikasi screenshot default.
  4. Simpan gambar screenshot.

4. Menggunakan Snip & Sketch

Dan cara screenshot di laptop Windows 10 yang terakhir adalah dengan aplikasi bawaan Snip & Sketch. Caranya di bawah ini.

  1. Klik tombol Start.
  2. Cari dan buka aplikasi Snip & Sketch.
  3. Klik tombol New.
  4. Gambar area yang ingin kamu screenshot.
  5. Simpan dengan cara tekan tombol CTRL + S.

Cara screenshot dengan aplikasi snip & sketch

Aplikasi Snip & Sketch ini merupakan penerus aplikasi Snipping Tool yang dibuat khusus untuk Windows 10. Secara fitur, semuanya hampir sama. Bahkan kamu juga bisa mengganti-ganti mode screenshot ketika ingin mengambilnya seperti pada Snipping Tool.

Baca juga: Cara cek RAM laptop

Setelah mengambil screenshot, kamu juga bisa langsung mengeditnya dengan menambahkan teks atau mencorat-coret. Perbedaannya hanya terletak pada tampilan visual atau desainnya saja yang lebih modern menyesuaikan desain Windows 10.

Sekian tutorial cara screenshot di laptop Windows 7, 8 dan 10. Sekarang kamu tahu cara membuat screenshot dengan cepat dan mudah.

Satu pemikiran pada “Cara Screenshot Di Laptop”

Tinggalkan komentar